Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mahasiswa di Kota Makassar

Authors

  • Andi Ainun Fanira Salsabila Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Muhammad Aditya Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2345

Keywords:

Kecemasan Berbicara Di Depan Umum, Konsep Diri, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa di kota Makassar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 402 mahasiswa yang yang ada di kota Makassar yang berusia 18-25 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Kecemasan Berbicara Di Depan Umum yang telah dimodifikasi oleh yaitu Dwi Nofia Darmawanti Saputri (2021) dan Konsep Diri yang telah diadaptasi Ro’Iz Santria Giri (2016). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Pearson Product-Moment. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa di kota Makassar dengan nilai korelasi (r) sebesar -0.398 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang sedang dengan kekuatan korelasi antar variabel adalah lemah.

References

Alwisol. (2017). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM:Press.

Anwar, Astrid Indi Dwisty (2009). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara: Skripsi, tidak dipublikasikan Universitas Sumatera Utara.

Ayres, J (2000). Coping With Speech Anxiety. New Jersey: Alex Publishing Co.

Bachri, S., Cholid, Z., & Rochim, A. (2017). Differences in Patient Anxiety Levels Based on Age. Gender, Education Level and Experience of Tooth Extraction at the FKG Hospital, Jember University. Health Library, 5(1), 138-144.

Brogan, S. M., Jowi, D., McCroskey, J. C., & Wrench, J. S. (2008). Social communication apprehension: The intersection of communication apprehension and social phobia. Human Communication, 11(4), 409-430.

Gunarsa, S. (1983). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Fitts, W. H. (1971). The self-concept and self-actualization. Studies on the Self Concept.

Hartono, & Soedarmadji, B. (2015). Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Hurlock. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Mottet, T. P., Frymier, A. B., & Beebe, S. A. (2006). Theorizing about instructional communication. In T. P. Mottet, V. P. Richmond, & J. C. McCroskey (Eds.), Handbook of instructional communication: Rhetorical and relational perspectives (pp. 255282). Boston, MA: Allyn & Bacon.

Ormrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 2, Edisi Keenam. Terjemahan Amitya Kumar. Jakarta: Erlangga.

Pane, E. T. T., & Siagian, S. (2014). Pengaruh metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(1), 35-45.

Prakosa, B., & Partini. (2015). Berpikir Positif untuk Meningkatkan Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas. Proceeding Seminar Nasional, ISSN : 978-602-71716-3-3.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdarkarya.

Rogers, H.N (2004) The New Talk Power: The Mind Body Way To Speak Without Fear. Virginia: Capital Books.

Ririn, Asmidir, & Marjohan. (2013). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum. Jurnal Ilmiah Konseling , Vol. 2 (1) 273-278 ISSN 1412-1970 .

Saputri, V. F., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara Konsep Diri dan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjo . Jurnal Empati, Vol.6 (1) Hal. 425-430.

Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. EGC. Jakarta.

Thalib, S. B., Thalib, T., & Makkatenni, N. H. (2021). Perundungan pada Siswa SMP, Dinamika Kontrol Diri dan Konsep Diri: Faktor, Dampak dan Usaha Penanggulangan. Jurnal Psikologi Karakter, 1(2), 83-93.

Wahyuni, S. (2013). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Psikoborneo, Vol.1 (4) Hal. 220-227.

Wati, M. R. (2015). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecemasaan saat Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yee, K. M., & Abidin, M. J. (2014). The Use of Public Speaking in Motivating ESL Learners to Overcome Speech Anxiety. International Journal on Studies in English Language and Literature (IJSELL), Vol.2 (11) Hal. 127-135.

Downloads

Published

2023-12-29