Gambaran Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Awal Perantau di Kota Makassar

Authors

  • Selsa Bella Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Musawwir Musawwir Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2515

Keywords:

Mahasiswa Awal, Penyesuaian Diri, SACQ

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri mahasiswa awal perantau di Kota Makassar. Penelitian ini didasarkan dari fenomena yang terjadi pada mahasiswa awal perantau di Kota Makassar melalui wawancara yang dilakukan terhadap empat responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil adalah mahasiswa baru di Makassar dengan jumlah sampel 400 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Hasil dari penelitian berdasarkan gambaran penyesuaian mendapatkan hasil penyesuaian diri sangat tinggi sebesar 3%, dan penyesuaian diri sangat rendah sebanyak 7%. Hasil penelitian berdasarkan aspek penyesuaian diri yang terdiri dari 4 aspek menunjukkan bahwa personal adjustment pada mahasiswa awal rantau di Kota Makassar tergolong tinggi dibandingkan dengan academic adjustment, social adjustment, dan goal commitment institutional attachment.

References

Alipio, M. M. (2020). Adjustment to college and academic performance: Insights from Filipino college freshmen in an allied health science course.

Anggreani, R., Ramadhani A. (2021). Kelekatan Orangtua dan Kemandirian Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Universitas Mulawarman. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi.

Anwar, U. N. (2022). Gambaran Fear Of Failure Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Kota Makasssar.

Azwar, S. (2019). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bidang, A. S., Erawan, E., & Sary, K. A. (2018). Proses Adaptasi Mahasiswa Perantauan Dalam Menghadapi Gegar Budaya (Kasus Adaptasi Mahasiswa Perantauan di Universitas Mulawarman Samarinda). eJournal llmu Komunikasi, 6(3), 212-225.

Dara, Y. P., Dewi, S. H., Faizah, & Rahma, U. (2020). Penyesuaian Sosial Berdasarkan Adversity Quotient pada Mahasiswa Rantau. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 10(2), 139-149.

Devinta, M., Hidayah, N., Hendrastomo, G. (2015). Fenomena Culture Shock (Gegar Budaya) Pada Mahasiswa Perantauan Di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi.

Dawborn-Gundlach, M., & Margetts, K. (2018). Measures of the adjustment of mature-age, undergraduate students to university. Journal of Global Education and Research, 2(1), 17-32. doi:DOI: 10.5038/2577-509X.2.1.1014

Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan self efficacy dengan penyesuaian diri: sebuah studi literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186-2194.

Fauzia, N., Asmaran, & Komalasari, S. (2020). Dinamika Kemandirian Mahasiswa Perantauan. Jurnal Al Husna, 1(3), 167-181. doi:10.1234/jah.v1i3.3918

Fitriani, A., Walandari, R. (2022) Penyesuaian Diri Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal JBKPI. 2(1). 14-20

Handayani, G. P., Yuca, V. (2018). Fenomena Culture Shock Pada Mahasiswa Perantauan Tingkat 1 Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 6(3). 198-204.

Indrawati, E. S., & Fauziah, N. (2012). Attachment Dan Penyesuaian Diri Dalam Perkawinan. Jurnal Psikologi Undip, 11(1), 40-49.

Jamaluddin, M. (2020). Model Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Indonesian Psychological Research, 2(2), 109-118. doi:DOI 10.2980/ipr.v2i2.361

KBBI, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online, diakses tanggal 3 April 2023].

Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 21-31.

Mardi Rahayu, M. N., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 4(2), 73-84.

Muzaroh, S., S. (2017). Kebutuhan Manusia Dalam Pemikiran Abraham Maslow (Tinjauan Maqasid Syariah. Al-Mazahi. 7(1). 17-33.

Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3), 1-7.

Nuryani. (2019). Dampak Kesulitan Menyesuaikan Diri Pada Santri. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 174-149.

Rahayu, M. N., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 73-84.

Saniskoro, R. S. B., Akmal, Z. S. (2017). Peranan Penyesuaian Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Perantau Di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat. 4(1). 95-106.

Siregar, A. O. A., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara gegar budaya dengan penyesuaian diri pada mahasiswa bersuku Minang di Univesritas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(2), 48-46.

Siyoto, S., A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supriyanto, & Rizkianti, N. (2022). Pengaruh penyesuaian diri terhadap social well-being pada pekerja selama pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional 2022 Fakultas Psikologi UMBY, (hal. Generasi Berjiwa Sociopreneur, Sinergis, dan Produktif).

Vidyanindita, A.N., Agustin, R.W., & Setyanto, A.T. (2017). Perbedaan Penyesuaian Diri Ditinjau dari Konsep Diri dan Tipe Kepribadian antara Mahasiswa Lokal dan Perantau di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Jurnal Psikologi.

Vionita, S., & Hastuti, R. (2021). Gambaran College Adjustment Mahasiswa Baru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 5(1), 73-81.

Wijanarko, S., Syafiq, M. (2013) Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Surabaya. Jurnal Psikologi: Teori & Terapan. 3(2). 79-91

Windaniati. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Teknik Cognitive Restructuring Pada Kelas X TKR 1 SMK Negeri 7 Semarang Tahun 2012/2013. Jurnal Penelitian Pendidikan. 32(1). 1-8.

Zee, M., & Koomen, H. M. (2016). Efikasi Firi Guru dan Pengaruhnya di Kelas Proses, Penyesuaian Akademik Mahasiswa, dan Kesejahteraan Guru: Sintesis 40 Tahun Riset. AERA.

Downloads

Published

2023-12-29