Gambaran Body Image pada Wanita Dewasa Awal di Kota Makassar

Authors

  • Facriani Nursalwani Mappatunru Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Musawwir Musawwir Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2530

Keywords:

Body Image, Wanita Dewasa Awal, Kota Makassar

Abstract

Body image merupakan pengalaman individu terhadap bentuk dan berat tubuh yang menimbulkan penilaian terhadap diri sendiri. Kesadaran individu terhadap penampilan serta bentuk tubuhnya dapat dipengaruhi oleh kriteria ideal masyarakat mengenai penampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran body image pada Wanita dewasa awal di Kota Makassar. Penetilian ini dilakukan pada 400 orang Wanita yang memasuki usia dewasa awal di Kota Makassar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala body image dengan nilai reliabilitas 0.846. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Wanita dewasa awal di Kota Makassar pada kategori sedang. Hal ini dibuktikan dari nilai mean yang diperoleh 83, berada pada rentang skor 32.4%. Artinya, Wanita dewasa awal di Kota Makassar cukup mampu memahami kondisi penampilan fisiknya meskipun telah atau belum memenuhi tinggi badan dan berat badan yang sesuai dengan standar ideal masyarakat.

References

Cash, F. Thomas., & Pruzinsky, Thomas. (2002). Body image : A handbook of Theory, Research, and Clinical Practice. New York, London : The Guilford Press.

Fauzi, H. (2021). Pengaruh Fat Talk Terhadap Body image Pada Model Wanita Dewasa Awal (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Grogan, S. (2001). Body image: Understanding body dissatisfaction in men, women and children. London and New York : Routledge.

Hurlock, B. E. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Levesque, R.J.R. (2011) Encyclopedia of Adolescence. London : Spinger.

Maulani, F. A. (2019). Body image dan tingkat kebahagiaan pada wanita dewasa awal. Cognicia, 7(3), 369-377.

Melliana, A. (2021). Menjelajah tubuh: Perempuan dan mitos kecantikan. LKIS

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development (9th Ed). USA: McGraw-Hill.

Qaisy, L.M. (2016). Body image dan Self Esteem among isra’ university Students. British Journal of Educational. Vol. 4, No. 8, pp. 63-71

Santoso, M. V., Fauzia, R., & Rusli, R. (2020). Hubungan Antara Kepuasan Citra Tubuh Dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Wanita Dewasa Awal Di Kota Banjarbaru. Jurnal Kognisia: Jurnal Mahasiswa Psikologi Online, 2(1), 55-60.

Santrock, J. W. (2012). Perkembangan Masa-Hidup. Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Udayana, J. P. (2015). Hubungan antara citra tubuh dengan kepercayaan diri pada remaja pelajar puteri di kota denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 38-47.

Downloads

Published

2023-12-29