Gambaran Celebrity Worship pada Penggemar Korean Pop di Kota Makassar

Authors

  • Judith Cahyani Blake Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Titin Florentina Purwasetiawatik Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2561

Keywords:

Celebrity worship, Fans, Korean Pop Music

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk penggambaran dengan rinci terkait dengan celebrity worship penggemar Korean pop di kota Makassar. Penelitian ini memiliki sampel yang memiliki jumlah sebesar 401 responden. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan skala celebrity worship. Penelitian ini mengambil data kemudian dianalisis dengan teknik non probability sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan tersebut karena dalam penelitian ini tidak diketahui secara pasti jumlah populasi yang ada. Hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa celebrity worship per aspek yang didapatkan oleh peneliti yaitu pada aspek entertainment social yang berada pada kategori tinggi dengan persentase 39.9%, terdapat aspek intense personal dengan persentase 42,1%, dan terdapat persentase 50.9% dengan aspek borderline pathological.

References

Apsari, L., Mayangsari, M. D., & Erlyani, N. (2017). Pengaruh perilaku modeling pada tayangan drama Korea terhadap citra diri remaja penggemar drama Korea. Jurnal Ecopsy, 3(3).

Azwar, S. (2012). Metode Penelitian, Edisi I. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Boon, S. D., & Lomore, C. D. (2001). Admirer-celebrity relationships among young adults: Explaining perceptions of celebrity influence on identity. Human communication research, 27(3), 432-465.

Darfianti, D., & Bagus Ani Putra, M. G. (2012). Pemujaan terhadap idola pop sebagai dasar intimate relationship pada dewasa awal: sebuah studi kasus. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. 1 (2) 53-59.

KOCIS. (2011). K-pop: A new force in pop music. Korean Culture and Information Service. Ministry of Culture, Sports and Tourism.

Lynn, M., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and Measurement Celebrity Worship. British Journal of Psychology.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L.E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and Individual Differences, 40(2), 273–283.

Maltby., Giles., Barber., & McCutcheon (2005). Intense-personal celebrity worship and body image: Evidence of a link among female adolescents. British Journal of Health Psychology, 10 (1) : 17-32. doi:10.1348/135910704x15257

McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and Measurement of Celebrity Worship. The British Psychological Society, 93, 67-87.

Puspitasari W., & Hermawan Y. (2020). Gaya Hidup Penggemar K-Pop (Budaya Korea) Dalam Mengekspresikan Kehidupannya Studi Kasus K-Pop Lovers Di Surakarta.

Pertiwi, S. A. (2013). Komformitas dan Fanatisme pada Remaja Korean Wave (Penelitian pada Komunitas Super Junior Fans Club ELF "Ever Lasting Friend") di Samarinda. eJournal Psikologi, 157-166.

Rojek, C. (2012). Fame attack: The inflation of Celebrity and its consequences. New York: Bloomsburry Publishing Inc.

Swaminathan, S. (2020). The Show Must Go On: A Study on Celebrity Worship during COVID19. Journal of Humanities and Social Sciences Studies, 2(4), 110-122.

Taqwin, Yeni Nur. (2016). Perilaku Penemuan Informasi pada Komunitas K-Pop “Ever Lasting Friends (ELF)” Surabaya. (Skripsi).

Ubonrat, S. & Shin, H. (2007). Asianizing K-pop: production, consumption and identification patterns among Thai youth, Inter-Asia Cultural Studies, 8(1), 109-136, DOI: 10.1080/14649370601119113

Downloads

Published

2023-12-29