Gambaran Intimate Friendship pada Pengguna Instagram

Authors

  • Maulia Juliyastri Syafar Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2595

Keywords:

Intimate Friendship, Pengguna Instagram, Dewasa Awal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intimate friendship pada pengguna instagram. Sampel pada penelitian ini berjumlah 405 responden yang menggunakan instagram dengan rentan usia 18-25 tahun. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah gambaran intimate friendship termasuk dalam kategori tinggi, terdapat sebanyak 232 pengguna instagram (57%) memiliki tingkat intimate friendship yang Tinggi.

References

Alyusi, D.S. (2016). Media Sosial: Interaksu, Identitas, dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana.

Aristantya, E.K., & Helmi, A.F. (2019). Citra Tubuh Pada Remaja Pengguna Instagram. Gadjah Mada Journal of Psychology, 5 (2), 144-128, ISSN: 2407-7798, DOI:10.22146/gamajop.50642.

Azlina, A., Lestari, M.T., & Ali, D.S.F. (2015). Pengaruh Aktivitas Pada Instagram Terhadap Sikap Mahasiswi Pengguna Instagram Di Bandung (Studi Pada Instagram Fashion Blogger Sonia Eryka). Journal e-Proceeding of Management, 2(2), 2229-2236, ISSN: 2355-935

Darlega, J.V. (1984). Communication, Intimacy, and Close Relationship. Virginia:Departemen of Psychology, Old Dominion University.

Faturochman. (2009). Pengantar Psikologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Pinus.

Kartika, H.D. (2014). Hubungan Antara Sense of Humor dengan Intimate Friendship Pada Remaja. Journa of Evolutionary Psychology, 1-11

Mahardika, R. D., & Farida, F. (2019). Pengungkapan Diri pada Instagram Instastory. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(1),101. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i1.774

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (2006). Psikologi Perkembangan (Terjemahan). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Moon, Y. (2000). Intimate Exchanges: Using Computers To Elicit Self-Disclosure From Consumers. Journal of Consumer Research, 26(4), 323-339.

Papalia, D. E., Ols, S.W., Feldman, R.D., (2008). Psikologi Perkembangan. Edisi kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pohan, F.A., & Dalimunthe, H.A. (2017). Hubungan Intimate Friendship dengan Self-Disclosure pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Media Sosial Facebook. Jurnal Diversita, 3(2), 15-24.

Rakhmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riska, N. (2020). Rasa Humor dan Kedekatan Pertemanan. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 16(1), 29-38

Rizal, M.N. (2020). Hubungan Intimate Friendship Dengan Self Disclosure Pada Mahasiswa Pengguna Whatsapp. Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia.

Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta,B). Jakarta: Erlangga

Sears, D.O., & Jonathan L. Freedman, J.L. (1988). Psikologi Sosial: Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sharabany, R. (1994). Intimate Friendship Scale: Conceptual Underpinnings, Pscychometric Properties And Construct Validity. Journal of Social and Personal Relationship, 11, 449-469.

Yasundari. (2016). Hubungan Penggunaan Instagram Dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) Dalam Meningkatkan Produktivitas. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 208-218.

Downloads

Published

2023-12-29