Pengaruh Self-Esteem terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Kerja Skripsi di Kota Makassar

Authors

  • Dian Nurul Hasmi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Muhammad Aditya Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.2688

Keywords:

Resiliensi Akademik, Self-Esteem, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self esteem terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa kerja skripsi di kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik non probability sampling (sampling incidental). Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi akademik dan skala self-esteem. Berdasarkan hasil analisis data SPSS 1.5 maka diketahui bahwa nilai signifikansi yang diperoleh 0.55,2 < 0.05  sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terdapat pengaruh Self Esteem terhadap Resiliensi Akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Kota Makassar.

References

Bernard. (1991). Fostering Resiliency In Kids: Protective Factors In The Family, School, And Community. San Francisco: WestEd Regional Educational Laboratory.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in psychology, 7, 1787.

Cheng, T. & Catling, K. I. (2015). The Relationship between Resilience and Locus of Control in Students. Journal Developmental psychology, 46(5), 1132.

Clemens, H., Bean, R., Clack, A. 1995. Bagaimana Meningkatkan Harga Diri Remaja. Jakarta. Penerbit: Bina Rupa Aksara.

Connor, K. M., & Davidson, J. R. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18, 76–82.

Coopersmith, S. (1981). The antecedents of self-esteem. San Francisco, CA: Freeman.

Coopersmith, Stanley. 1967. The Antecedent of Self esteem . San Francisco: W.H

Darwin, dkk. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

Desmita. (2011). Psikologi perkembangan peserta didik: Panduan bagi orangtua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish. Kaplan, R.M., & Saccuzzo, D.P. (2016). Pengukuran Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Everall, R. D., Altrows, K. J., & Paulson, B. L. (2006). Creating a Future: A Study of Resilience in Suicidal Female Adolescents. Journal of Counseling & Development, 84(4), 461–471. Freeman and Company.

Grotberg, Henderson. (2004). Children and Caregivers : the role of resilience. Journal of International Council of Psychological (ICP) Convention, China.

Hartuti & Mangunsong, F. (2009). Pengaruh Faktor-Faktor Protektif Internal dan Eksternal pada Resiliensi Akademis Siswa Penerima Bantuan Khusus Murid Miskin (BKMM). Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 107-119.

Helton, L. R., & Smith, M. K. (2004). Mental Health Practice With Children And Youth: A Strengths And Well-Being Model. Haworth Social Work Practice Press.

Helton, L.R & Smith, M. K. 2004. Mental Health Practice with Children and Youth. New York : The Hawort Social Work Practice Press.

Henderson, E., & Milstein, M. M. (2003). Resiliency in School. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Hidayati, N. L. (2014) Hubungan Antara Self Esteem Dengan Resiliensi Pada Remaja Di SMP Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Surkarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hiew, C. (2000). Development Of A State Resilience Scale. Japanese Journal Of Health Psychology, 2(2), 1-11.

Karina, C. (2014). Resiliensi Remaja yang Memiliki Orangtua Bercerai. Jurnal Online Psikologi, 2(1), 37-43.

Kumalasari, D., Gluthfiyanni, N., & Grasiaswaty, N. (2020). Analisis Faktor Adaptasi Instrumen Resiliensi Akademik Versi Indonesia: Pendekatan Eksploratoridan Konfirmatori. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 84-95.

Kusumastuti, A., Khoiron, A.M., & Achmadi, T. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Losoi, H., Turunen, S., Helminen, M., Ohman, J., Julkunen, J., & Otajarvi, E. (2013). Psychometric Properties of the Finnish Version of the Resilience Scale and its Short Version. Journal Psychology, Community & Heath, 2(1), 1-10.

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2008). Academic buoyancy: Towards an understanding of students' everyday academic resilience. Journal of school psychology, 46(1), 53-83.

Mruk, C. J. (2006). Self esteem research, theory, and practice. New York: Springer Publishing Company.

Purwanti, D., & Kustanti, E. (2018). Hubungsn Antara Resiliensi dengan Psychological Well-Being Pada Ibu yang memiliki Anak dengan Gangguan Autis. Jurnal Empati, 7(1), 283-287.

Reivich dan Shatte. (2002). Psychosocial Resilience. American Journal of Orthopsychiatry, 57, 316. doi:10.1111/j. 1939-0025.1987.tb03541.

Reivich K & Shatte A. (2002). The resilience factor; 7 essential skill for overcoming life’s inevitable obstacle. 1st ed. New York: Broadway Books.

Reivich, K. & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor. New York: Broadway Books

Downloads

Published

2023-12-29