Hubungan Antara Dimensi Kepribadian Big Five Dengan Kecenderungan Kecanduan Game Online pada Remaja di Kota Makassar

Authors

  • Stephanie Raqueen Inaray Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Musawwir Musawwir Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Titin Florentina Purwasetiawatik Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.3123

Keywords:

Kepribadian Big Five, Game Online, Kecenderungan Kecanduan Game Online , Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dimensi kepribadian big five dengan kecenderungan kecanduan game online pada remaja di kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif non-parametrik. Partisipam (n=423) dalam peneletian ini menggunakan remaja laki-laki dan perempuan yang memiliki rentang usia 16-20 tahun dan telah memainkan game online 4 jam dalam satu hari. Penelitian ini menggunakan skala internasional personality item pool big five markers 50 yang telah diadaptasi dan skala kecanduan game online. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi spearman Rank. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, antara lain tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi extraversion dengan kecenderungan kecanduan game online pada remaja di kota Makassar (r=0.056 ;p=0.347), terdapat hubungan negative antara dimensi agreeableness dengan kecenderungan kecanduan game online terhadap remaja (r=-0.326 ;p=0.00), terdapat hubungan negative antara dimensi Concientiousness dengan kecenderungan kecanduan game online terhadap remaja (r=-0.136; p=0.00), terdapat hubungan negative antara dimensi Emotional Stability dengan kecenderungan kecanduan game online terhadap remaja (r=-0.238 ; p=0.00), terdapat hubungan negative antara dimensi Intellect dengan kecenderungan kecanduan game online terhadap remaja (r=-0.432 ;p=0.00). Hasil penelitian ini juga memberikan tambahan informasi baru tentang data kecenderungan kecanduan game online pada remaja berdasarkan demografinya.

References

Adams, E. (2010). Fundamentals of Game Design. In Pearson Prentice Hall (2nd ed.). Pearson Education, Inc. http://wps.prenhall.com/bp_gamedev_1/54/14053/3597646.cw/index.html

Aziz, A. (2018). Kecanduan game online, 10 Anak di Banyumas alami gangguan mental. Merdeka. https://www.merdeka.com/peristiwa/kecanduan-game-online-10-anak-di-banyumas-alami-gangguan-mental.html

Braun, B., Stopfer, J. M., Müller, K. W., Beutel, M. E., & Egloff, B. (2016). Personality and video gaming: Comparing regular gamers, non-gamers, and gaming addicts and differentiating between game genres. Computers in Human Behavior, 55, 406–412. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.09.041

Burger, J. M. (2011). Introduction to personality. (8th ed) Wadsworth Cengage Learning.

Coaley, E., Freeman, J., & Chamarro-Premuzic, T. (2012). Personality traits associated with problematic and non-problematic massively multiplayer online role playing game use. Personality and Individual Differences, 52(2), 133–138. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.09.015

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative, and Qualitative Research (4th Ed). Pearson Education, Inc.

Feist, J. & Feist, G. J. (2008). Theories of Personality (7th ed.). McGraw-Hill

Griffiths, M. D. (2014). Online Games, Addiction and Overuse of. In The International Encyclopedia of Digital Communication and Society (pp. 1–6). John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/9781118767771.wbiedcs044

Hussain, Z., Griffiths, M. D., & Baguley, T. (2012). Online gaming addiction: Classification, prediction and associated risk factors. Addiction Research and Theory, 20(5), 359–371. https://doi.org/10.3109/16066359.2011.640442

King, D. L., & Delfabbro, P. H. (2019). Internet Gaming Disorder: Theory, Assessment, Treatment, & Prevention. In Academic Press. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Larsen, R., & Buss, D. M. (2018). Personality Psychology: Domains of Knowledge About Human Nature. In Personality Psychology (6th Ed). McGraw-Hill Education. https://doi.org/10.4324/9780429056031

Lee, C., & Kim, O. (2016). Predictors of online game addiction among Korean adolescents. Addiction Research af Theory. https://doi.org/10.1080/16066359.2016.1198474

Müller, K. W., Beutel, M. E., Egloff, B., & Wölfling, K. (2014). Investigating Risk Factors for Internet Gaming Disorder: A Comparison of Patients with Addictive Gaming, Pathological Gamblers and Healthy Controls regarding the Big Five Personality Traits. European Addiction Research, 20, 129–136. https://doi.org/10.1159/000355832

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148–158. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Papalia, D.E; Feldman, R. D. & Martorell, G. (2014). Menyelami perkembangan manusia. (Ed. ke 12). Penerbit Salemba Humanika.

Santrock, J. W. (2014). Adolescence (15th Ed). McGraw-Hill.

Soto, C. J. (2018). Big Five Personality Traits. The SAGE Encyclopedia of Lifespan Human Development, 240–241. https://doi.org/10.4135/9781506307633.n93.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (19th ed.). Alfabeta, CV.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Universitas Sanata Dharma.

Wiguna, I. G. R. P., Lesmana, C. B. J., & Widiana, I. G. R. (2020). Personality traits in online game addiction in Denpasar. Journal of Clinical and Cultural Psychiatry, 1(2), 32–34. https://doi.org/10.36444/jccp.v1i2.14

Xu, Z., Turel, O., & Yuan, Y. (2012). Online Game Addiction Among Adolescents: Motivation And Prevention Factors. European Journal of Information Systems, 21, 321–340. https://doi.org/10.1057/ejis.2011.56.

Downloads

Published

2023-12-29