Peran Self Efficacy Terhadap Social Loafing Pada Mahasiswa Di Kota Makassar

Authors

  • Fernanda Aurelya Wowor Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan Hazairin Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Minarni Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3419

Keywords:

Social Loafing, Self Efficacy, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap social loafing pada mahasiswa di kota Makassar. Terdapat 422 mahasiswa aktif di kota Makassar yang menjadi responden dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan skala yang dikonstruksi oleh peneliti, yaitu skala social loafing sebanyak 28 item pernyataan yang disusun berdasarkan dimensi dari Chidambaram & Tung (2005) dan skala self efficacy sebanyak 31 item pernyataan yang mengacu pada teori Bandura (1997). Data dianlisis dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self efficacy terhadap social loafing pada mahasiswa di kota Makassar dengan nilai signifikansi nilai signifikansi (p = ,000; p < ,005) dan berkontribusi sebesar 21.4%.

References

Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Aminah, S. (2017). Fenomena Social Loafing dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Binaan PMI: Studi Fenomenologi dalam Praktek Pengembangan Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 123-138. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.011-07

Aulia, H., & Saloom, G. (2013). Pengaruh Kohesivitas Kelompok dan Self Efficacy Terhadap Social Loafing Pada Anggota Organisasi Kedaerahan Di Lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. TAZKIYA Jurnal of Psychology, 18(1), 79-88.

Bandura, A. (1997). Self efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Chidambaram, L., & Tung, L. L. (2005). Is Out of Sight, Out of Mind? An Empirical Study of Social Loafing in Technology-Supported Groups. Information Systems Research, 16(2), 149-168. https://doi.org/10.1287/isre.1050.0051

Delamater, J. D., & Myers, D. J. (2011). Social Psychology. United States: Cengage Learning, Inc.

Duffy, M. K., Scott, K. L., Shaw, J. D., Tepper, B. J., & Aquino, K. (2012). A Social Context Model of Envy and Social Undermining. Academy of Management Journal, 55(3), 643–666. https://doi.org/10.5465/amj.2009.0804

Fajrin, N., & Abdurrohim, A. (2020). Hubungan antara kohesivitas kelompok dan efikasi diri dengan kemalasan sosial pada anggota organisasi. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 13(2), 187-196. http://dx.doi.org/10.30659/jp.13.2.187-196

Hall, D., & Buzwell, S. (2013). The problem of Free-Riding in Group Projects: Looking Beyond Social Loafing as a Reason for Non-Contribution. Active Learning in Higher Education, 14(1), 37-49. https://doi.org/10.1177/1469787412467123

Hatiti, K., & Wahyuni, C. (2021). Hubungan Self Efficacy Academic Dengan Social Loafing Pada Kelompok Belajar Mahasiswa. ANFUSINA: Journal of Psychology, 4(2), 103-118. https://doi.org/10.24042/ajp.v4i2.13352

Latané, B. (1973). A theory of Social Impact. St. Louis, Mo: Psychonomic Society.

Moeliono, L. (2012). Self efficacy pada seorang perempuan mantan pecandu napza-Sebuah studi kasus. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 1-13.

Mulyadi, S., Rahardjo, W., Amarany, A. I., & Pranandari, K. (2016). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Narotama, I. B. I., & Rustika, I. M. (2019). Peran harga diri dan efikasi diri terhadap social loafing pada mahasiswa preklinik Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 56-67.

Ormrod, J. E. (2019). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Pantu, E, A. (2021). Moderasi Usia dalam Pengaruh Semester Terhadap Efikasi Diri Akademik pada Pembelajaran Online. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 78-89. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia

Rahayu, A. S., & Rahman, A. A. (2019). Peran moderasi efikasi diri terhadap hubungan antara kohesivitas kelompok dan kemalasan sosial. Ecopsy, 6(2), 81-85. https://dx.doi.org/10.20527/ecopsy.v6i2.6447

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Starinne, A. R., & Kurniawati, D. (2018). Analisis Faktor Psikologis Mahasiswa Ppl Pada Efikasi Diri Dalam Penggunaan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Mengajar. Prosiding SNasPPM, 3(1), 29-34.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sutanto, S., & Simanjuntak, E. (2015). Intensi social loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 33-46.

Zega, Y. (2020). Hubungan self efficacy terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran matematika. DIDAKTIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains dan Pembelajarannya, 14(1), 2410-2416.

Downloads

Published

2024-06-30