Pengaruh Tipe Kepribadian HEXACO Terhadap Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Di Kota Makassar

Authors

  • Ragilia Putri Widya Ningtias Fakultas Psikologi Universtias Bosowa
  • Titin Florentina Purwasetiawatik Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan Hazairin Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3422

Keywords:

Tipe Kepribadian, Perilaku Asertif, Kepribadian HEXACO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tipe kepribadian HEXACO dapat mempengaruhi perilaku asertif mahasiswa di Kota Makassar. Penelitian ini memiliki jumlah sampel sebanyak 706 rmahasiswa. Adapun instrumen yang digunakan adalah skala perilaku asertif yang diadaptasi oleh Nurrahma (2020) berdasarkan teori Erickson dan Noonan (2018), dan skala tipe kepribadian HEXACO yang diadaptasi oleh Tehupelasury (2022) berdasarkan teori Ashton dan Lee (2007). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima tipe dari tipe kepribadian HEXACO yaitu: humility-honesty berkontribusi sebesar 0.9% (=0,000, p<0,05); emosionality berkontribusi sebesar 3.1% (=0,000, p<0,05);  extraversion berkontribusi sebesar 22.9% (=0,000, p<0,05);  agreeableness berkontribusi sebesar 2.5% (=0,000, p<0,05); dan opennes to experience berkontribusi sebesar 3.8% (=0,000, p<0,05) yang artinya dapat mempengaruhi perilaku asertif mahasiswa di Kota Makassar, sedangkan tipe conscientiousness berkontribusi sebesar 0.2% (=0,000, p<0,05) tidak dapat mempengaruhi perilaku asertif mahasiswa di Kota Makassar.

References

Abidin, Z. (2011). Pengaruh pelatihan resiliensi terhadap perilaku asertif pada remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo. 4(2), 129-136.

Ashton, M. C., & Lee, K. (2007). Empirical, theoretical, and practical advantages of the HEXACO model of personality structure. Personality and Social Psychology Review. 11(2), 150–166. https://doi.org/10.1177/1088868306294907

Astuti, D. W., Muslika. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas XI. Jurnal Bimbingan Konseling. 5(2),168-182.

Bagherian, M. and Kraskian, A. (2016). The Relationship Between Big Five Personality Traits and Assertiveness. Tendenzen. 25(3),111-119.

Erickson, A. G., & Noonan, P. M. (2017). The Skills That Matter: Teaching Interpersonal and Intrapersonal Competencies in Any Classroom. Kansas: SAGE Publications.

Erickson, A. G., & Noonan, P. M. (2018). The Skill That Matters: Teaching Interpersonal and Intrapersonal Competencies In Any Classroom. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Gavita, D. A. P., & Hartati, S. (2015). Asertivitas dan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran. Jurnal Empati. 4(4), 139-143.

Kirst, Laura, K. (2011). Investigating the Relationship between Assertiveness and Personality Characteristics. University of Central Florida. https://stars.library.ucf.edu/honorstheses1990-2015/1200/

Lazarus, A. A. (1973). On Assertive Behavior: A brief note. Behavior Therapy, 4, 697–699. https://doi.org/10.1016/ S0005-7894(73)80161-3

Meliala, S., Tobing, L., Ningsih, S. D., & Timoty, I. (2022). Studi Komparasi Kecerdasan Emosional Berdasarkan Tingkat Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi S1 Farmasi Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Psychomutiara. 5(1), Article 1.

Misnani, J. (2016). Hubungan Perilaku Asertif dan Kesepian Dengan Kecemasan Sosial Korban Bullying Pada Siswa. Jurnal Psikoborneo. 4(4), 513-521.

Muliati, R. (2021). Konsep Diri, Kecerdasan Emosi dan Perilaku Asertif Siswa SMA Kelas X. Jurnal Psyche. 14(1), 8-16.

Nurrahmah. (2020). Harga Diri dan Regulasi Emosi Sebagai Prediktor Terhadap Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Bosowa.

Pahmiah, Mubarak, & Fadhila, M. (2021). Perbedaan Perilaku Asertif Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut Carl Gustav Jung (Studi Komparatif Pada Mahasiswa Organisator Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin). Jurnal Al Husna. 2(1), 64-82.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 1 tentang Perguruan Tinggi.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 5 tentang Perguruan Tinggi mengenai Peran Mahasiswa.

Saputro, I., Nashori, F. (2017). Resiliensi mahasiswa ditinjau dari pemaafan dan sifat kepribadian agreeableness. Jurnal Psikologi Islam. 4(2), 171-180.

Sari, F. K., Loekmono, L. & Satyorini. (2018). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Ekstroversion Dengan Perilaku Asertif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Psikologi Konseling. 13(2), 214-230

Scull, N. C. (2015). Forgiveness, revenge, and adherence to Islam as moderators for psychological wellbeing and depression among survivors of the 1990 Iraqi invasion of Kuwait. Journal of Muslim Mental Health. 9(1), 41-64.

Tehupelasury, N.S. (2022). Analisis tipologi kepribadian HEXACO sebagai prediktor terhadap flow akademik mahasiswa di kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Tripathi, et.al. (2010). Assertiveness and personality: Cross-cultural differences in Indian and Serbian male students. Psychological Studies Journal. 55, 330-338.

Vivianti, A., Maulidiyah, S. & Santi, D. E. (2019). Hubungan Penerimaan Sosial Dengan Asertivitas Pada Mahasiswa Yang Merantau. Jurnal UNWAHA. 2(1), 245-253

Yessi., & Oktaviana, R. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Yatin di Palembang. Jurnal Ilmiah Psyche. 11(2), 117-126.

Yusuf, U. (2010). Makalah Sabar (Diklat Panduan Kuliah Kapita Selekta Perilaku Islami Fakultas Psikologi UNISBA).

Downloads

Published

2024-06-30