Hubungan Stres Akademik dengan Impulsive Buying pada Mahasiswa di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3428Keywords:
Impulsive Buying, Stres Akademik, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan stres akademik dengan impulsive buying pada mahasiswa di kota Makassar. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 432 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan 2 skala, yaitu skala stres akademik dari teori Lin dan Chen (2009) yang telah diadaptasi oleh Soraya (2020), dan skala The Impulse Buying Tendency Scale (IBTS) dari teori Verplanken & Herabadi (2001) yang telah diadaptasi oleh Andayani (2021). Pendekatan penelitian yang digunakan adalan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi berada dibawah 0.05 (p<0.05) dengan arah hubungan yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara stres akademik dengan impulsive buying pada mahasiswa di kota Makassar.
References
Akram, U., Hui, P., Khan, M. K., Yan, C., & Akram, Z. (2018). Factors Affecting Online Impulse Buying: Evidence From Chinese Social Commerce Environment. Sustainability. 10(2), 352.
Andayani, D. P. (2021). Hubungan Impulsive Buying Dengan Perilaku Berhutang Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Bayley, G., Nancarrow, C. (1998). Impulse Puschasing: A Qualitative Exploration of The Phenomenon. Qualitative Market Research. 1(2). 99-114.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fairbrother, K., & Warn, J. (2003). Workplace Dimensions, Stress and Job Satisfaction. Journal Managerial Psychology. 18(1): 8-21.
Govaerts, S., & Gregoire, J. (2004) Stressfull Academic Situations: Study on Appraisil Variables in Adolescence. British Journal of Clinical Psychology. 54: 261-271.
Handayani, W., Anshori, M., Usman, I., & Mudjanarko, S. W. (2018). Why Are You Happy With Impulse Buying? Evidence From Indonesia. Management Science Letters 8. (5), 283-292.
Hurlock, E. B. (1994). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.
John, O. P., & Srivastava, S. (1999). The Big-Five Trait Taxonomy: History, Measurement, and Theoretical Perspectives. Journal Psychology. 1-71.
Kacen, J. J., Lee, J. A. (2002). The Influence of Culture on Consumer Impulsive Buying Behavior. Journal of Costumer Psychology. 12(2). 163-176.
Karbasivar, A., & Yarahmadi, H. (2011). Evaluating Effective Factors on Consumer Impulse Buying Behavior. Asian Journal of Business Management Studies. 2(4): 174-181.
LaRose, R. (2001). On The Negative Effects of E-commerce: A Sociocognitive Ex-ploration of Unregulated On-line Buying. Journal of Computer-Mediated Communication. 6(3).
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1985). If It Change It Must Be A Process A Study Of Emotion And Coping During Three Stages Of A College Examination. Journal of Personality and Social Psychology. 46(40). 839-858.
Lin, Y. M., & Chen, F. S. (2009). Academic Stress Inventory of Students At Universities and Colleges of Technology. World Transactions on Engineering and Technology Education. 7(2).
Mowen, John C. & Michael, S. Minor. (2001). Consumer Behavior (A Framework). New Jersey: Prentice Hall.
Nanwani, A. A. (2009). Faktor-Faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa Kelas 5 SD Jubilee. Journal Psiko-Edukasi. 7: 46-61.
Nielsen, A.C. (2013). Pasar Rakyat. Balikpapan: Dinas Pasar Balik Papan.
Papilia, E. D., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development (eleventh edition). New York: McGraw-Hill.
Pradhan, V. (2016). Study On Impulsive Buying Behavior Among Consumers in Supermarket in Kathmandu Valley. Journal of Business and Social Sciences Research, 1(2), 215-233.
Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. Journal of Consumer Research. Vol 14, pp 189-199.
Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik). 1(2), 43-52.
Samuel, H. (2007). Pengaruh Stimulus Media Iklan, Uang Saku, Usia dan Gender Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif (Studi Kasus Produk Pariwisata). Jurnal Manajemen Pemasaran. 2(1). 31-42.
Sarafino, E. P. (2008). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions Sixth Edition. USA: The College of New Jersey.
Schiffman, L., & Kanuk, L. (2010). Consumer Behavior. New Delhi: Prentice Hall.
Shahjenan, A., Qureshi, J. A., Zeb, F., & Saifullah, K. (2012). The Effect of Personality on Impulsive Buying and Compulsive Buying Behaviors. African Journal of Bussiness Management. 6(6), 2187-2194.
Sneath, J. Z., Lacey, R., & Kennett-Hensel, P. A. (2009). Coping With a Natural Disasater: Losses, Emotions, and Impulsive and Compulsive Buying. Marketing Letters. 201(1), 45-60.
Soraya, F. (2020). Pengaruh Penyesuaian Diri, Prokrastinasi Akademik, Dukungan Sosial, dan Faktor Demografi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tinarbuko, S. (2006). Pola Hidup Konsumtif Masyarakat Jogja. Jakarta: Erlangga.
Utami, Chirstina Whidya. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and No Thinking. European Journal of Personality. Vol 16, Hal S71-S83.
Vohs, K. D., & Faber, R. J. (2007). Spent Resources: Self Regulatory Resource Availability Affects Impulse Buying. Journal of Consumer Research. Vol. 33.
Wood, M. (1998). Socio-economic Status, Delay of Gratification and Impulse Buying. Journal of Economic Psychology. 19. 179-185.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rifqah Arizah Fitrah, Arie Gunawan Hazairin Zubair, Titin Florentina Purwasetiawatik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.