Celebrity Worship Dan Perilaku Konsumtif: Studi Pada Penggemar JKT48

Authors

  • Willy Rumbi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Titin Florentina Purwasetiawatik Univeritas Bosowa Fakultas Psikologi
  • Tarmizi Thalib Brain and Mental Health Study Centre, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3442

Keywords:

Celebrity Worship, Perilaku Konsumtif, Penggemar JKT48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif pada penggemar JKT48. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability samping dengan metode teknik purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari 543 responden penggemar JKT48 berusia 18-40 tahun. Analisis penelitian ini menggunakan metode liner sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity worship berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dengan besaran pengaruh sebesar 21.3% dengan nilai signifikasi 0.000 (p<0.05) dengan arah pengaruh positif, artinya semakin tinggi celebrity worship maka semakin tinggi perilaku konsumtif.

References

Anastasia, S., Farhana2nd, N., & Rabbin3rd, I. (2020). The Effect of Celebrity Worship on Compulsive Purchase Behaviors on Fans JKT 48 in Jabodetabek. European Journal of Psychological Research Vol, 7(2).

Auskarni, A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Konsep Diri Terhadap Perilku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Cheung, C. K., & Yue, X. D. (2003). Identity achievement and idol worship among teenagers in Hong Kong. International Journal of Adolescence and Youth, 11, 126.

Dezianti, D. A. N., & Hidayati, F. (2021). Pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Journal of Psychological Science and Profession, 5(2), 151-158.

Engel, J.F., Blackwell, R.D., & Miniard, P.W. (2002). Perilaku Konsumen Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fachlya, S. (2022). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Fandom Army Di Masa Dewasa Awal (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Indah, N. (2015). Pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif remaja putri dalam pembelian produk kosmetik Korea (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Lubis. Y. 1987. Perilaku Konsumtif: Antara Gengsi dan Kenyataan. Gadis.no. 18. 20 Juli. Jakarta.

Luthfi, D. A. S., & Harsono, Y. T. (2022). Pengaruh Harga Diri Terhadap Celebrity Worship Pada Penggemar K-Pop Dewasa Awal Di Kota Malang. Flourishing Journal, 2(3), 146-151.

McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British journal of psychology, 93(1), 67-87.

Maltby, J., Houran, J., & McCutcheon, L. E. (2003). A clinical interpretation of attitudes and behaviors associated with celebrity worship. The Journal of nervous and mental disease, 191(1), 25-29.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British journal of Psychology, 95(4), 411-428.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and individual differences, 40(2), 273-283.

Ogino, Toshiyuki; Ohira, Akira (2012). Uchino, Emi; Kuriyama, Haruka; Iwasaki, Haruka (eds.). Love JKT48: The 1st Official Guide Book. Jakarta: Dunia Otomotifindo Mediatama.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103-110.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan, Meneropong Imbas Pesan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

CV. Alfabeta.

Suyasa, P, Tommy Y.S & Fransisca. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif berdasarkan Metode Pembayaran.Jurnal 3Phorenesis.Vol.VII. No.II. Hal.172-198.

Simalango, W. (2020). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggemar K-POP (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Sitasari, N. W., Rozali, Y. A., Arumsari, A. D., & Setyawan, D. (2019, October). Self-Esteem And Celebrity Worship In Social Network Bollywood Mania Club Indonesia Members In Jakarta. In ICBLP 2019: Proceedings of the 1st International Conference on Business, Law And Pedagogy, ICBLP 2019, 13-15 February 2019, Sidoarjo, Indonesia (p. 310). European Alliance for Innovation.

Downloads

Published

2024-06-30