Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Kota Makassar

Authors

  • Puput Nurma Martono Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Minarni Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan Hazairin Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v3i2.3504

Keywords:

Prokrastinasi Akademik, Self Efficacy, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan self efficacy dalam memprediksi prokrastinasi akademik pada Mahasiswa di Kota Makassar. Prokrastinasi akademik pada penelitian ini menggunakan teori Ferrari, Johnson & McCown (1995), sedangkan self efficacy menggunakan teori dari Bandura, (1997). Responden dalam penelitian ini sebanyak 448 Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang dikonstruksi oleh peneliti, pada skala prokrastinasi akademik dengan mengacu pada teori Ferrari, Johnson & McCown (1995) dan pada skala self efficacy mengacu pada teori Bandura, (1997). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy mampu memprediksi prokrastinasi akademik pada mahasiswa di Kota Makassar dengan kontribusi sebesar 3,1% dan memiliki arah pengaruh negatif yang artinya semakin tinggi self efficacy maka semakin rendah prokrastinasi akademik.

References

Astuti, Y., Nisa, H., Sari, K., dan Kumala, I, D. (2021). Perbedaan Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Unsyiah. Vol 4 (2).

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise Of Control. New York: W.H. Freeman And Company.

Baron, A. R., dan Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga

Burhan, M. N. I., dan Herman. (2019). Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Social Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Social Landscape Journal. 123 - 4567

Damri., Engkizar., dan Anwar Faudy. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 3 (1)

Fadila, N. A., Dan Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan Self efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. Vol 8 (2)

Ferrari, J. R., Johnson, J. dan McCown, W. (1995). Procrastination And Task Avoidance. New York, USA: Plenum Press.

Gafni, R. dan Geri, N. (2010). Time Management : Procrastination Tendency In Individual And Collaborative Task. Interdisciplinary Journal Of Information, Knowledge, And Management.

Handoyo, A. W., Afiati, E., Khairun, D. Y., dan Prabowo, A. S. (2020). Prokrastinasi Mahasiswa Selama Masa Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol 3 (1). 355-361

Herawati. M., dan Suyahya. I. (2019). Pengaruh Efficacy Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Smk Islam Ruhama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni. 2

Jeanne, E dan Ormrod. (2008). Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang. Jakarta : Erlangga

Khoirunnisa, R. N., Jannah, M., Dewi, D. K., Dan Satiningsih. (2021). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan. Vol 11(3)

Maddux, J.E. (1995). Self-Efficacy, Adaptation, And Adjustment: Theory, Research, And Application. New York: Plenumpress.

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Erlangga

Patrzek, J., Sattler, S., van Veen, F., Grunschel, C., dan Fries, S. (2015). Investigating the effect of academic procrastination on the frequency and variety of academic misconduct: a panel study. Studies in Higher Education. 40(6)

Pratiwi, A. D., dan Sawitri, D. R. (2015). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Efikasi Diri Akademik Dan Lama Studi Pada Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Empati. 4(4)

Rohmatun. (2021). Prokrastinasi Akademik Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Psisula : Prosiding Berkala Psikologi. Vol 3

Saman, A. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling . 3 (2).

Solomon, L. J., dan Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency And Cognitive-Behavioral Correlates. Journal Of Counseling Psychology. 31(4), 503-509

Triyono dan Khairi. A. M. (2018). Prokrastinasi Akademik Siswa Sma (Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam). Jurnal Al Qalam. 19(2)

Tuckman, B. W. (1991). The Development and Concurrent Validity of the Procrastination Scale. Educational and Psychological Measurement, 51, 473-480.

Wibowo, R. F. (2014). self efficacy mengacu pada keyakinan mahasiswa dalam kemampuan mereka untuk berprestasi secara akademik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol 3 (1)

Wulandari, M., Umaroh S. K., dan Mariskha, S. E. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Motiva : Jurnal Psikologi. Vol 3 No 3.

Wulandari, R., Fatimah. S., Dan Suherman. M. M. (2021). Gambaran Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Kelas Xi Pada Masa Pandemi Covid-19. Fokus Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan. 4(3).

Zusya, A. R., Dan Akmal, S. Z. (2016). Hubungan Self efficacy Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3 (2).

Downloads

Published

2023-12-29