Perilaku Overprotective Orang Tua dan Penyesuaian Diri Siswa SMA

Authors

  • Annisa Noradtasya Rachim Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Muhammad Aditya Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Tarmizi Thalib Brain and Mental Health Study Centre, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3517

Keywords:

Perilaku Overprotective, Orang Tua, Penyesuaian Diri, Remaja

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara overprotective parenting orang tua dengan penyesuaian diri remaja SMA di kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 376 responden siswa SMA di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala penyesuaian diri dan skala overprotective parenting. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara overprotective parenting orang tua dengan penyesuaian diri pada siswa SMA di Kota Makassar dengan nilai pearson correlation 0,891 yang menunjukkan hubungan yang kuat. Oleh karena itu, para orang tua semestinya memperhatikan dengan seksama tipe pola asuh yang sesuai dengan anak dan konteks perkembangan dan situasi yang dihadapi.

References

Al Gifari, P. N., & Herlina, H. Kaitan Antara Pola Asuh Otoriter Terhadap Kemampuan Interpersonal yang Dimoderasi oleh Dukungan Teman Sebaya pada Remaja di Kota Bandung. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 2(3), 197-204.

Desmita. (2017). Psikologi perkembangan peserta didik; Panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak, usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Resmaja Rosdakarya

Fatimah, E. (2006). Perkembangan peserta didik. Pustaka Setia: Bandung, 149-159.

Gunawan, C. 2020. Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang Yang (Merasa) Tidak Bisa Dan Tidak Suka Statistika. Yogyakarta: Deepublish.

Hurlock, E. B. (1994). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidawati. Jakarta. Erlangga.

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan. Edisi 5. Jakarta: Erlangga

Musthofa, M. E. 2020. Perilaku Over Protective Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Negeri 1 Wiradesa. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 242–266.

Pranata, D., & Pratikto, H. (2022). Penyesuaian diri pada remaja: Bagaimana peranan kelekatan orang tua? INNER: Journal of Psychological Research, 2(3), 342-353.

Pranindhita, B. R. 2020. Meningkatkan Kecerdasan Emosional Remaja Melalui Layanan Bibliotherapy. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 22–30.

Pratiwi, I. (2017). Hubungan antara perilaku overprotective dengan penyesuaian diri pada remaja di desa Bandar Khalifah. Jurnal Edukasi, 3(2), 23-40.

Schneiders, A. A. (1960). Personality development and adjustment in adolescence. Bruce Publishin Company.

Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S. (2011). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Downloads

Published

2024-06-30