Pengaruh Mindfulness Terhadap Fear of Failure pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3525Keywords:
Mindfulness, Mahasiswa Akhir, Fear of FailureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mindfulness terhadap fear of failure pada mahasiswa tingkat akhir di kota makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir di kota Makassar dan yang tidak sedang mengambil cuti akademik berjumlah 373 dengan rentang usia 21-27 tahun. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dua skala psikologi yaitu skala Performances failure appraisal inventory (PFAI) yang terdiri dari 37 aitem dengan Cronbach Alpha sebesar 0.971 dan skala Mindful attention awereness scale (MAAS) yang terdiri dari 15 aitem dengan cronbach alpha sebesar 0.856. Metode analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan software IBM SPSS 21. Hasil analisis yang diperoleh bahwa ada pengaruh mindfulness terhadap fear of failure pada mahasiswa tingkat akhir di kota makassar dengan nilai kontribusi sebesar 15,1% .
References
Amin, A. K. (2015). statistika dengan program komputer. Yogyakarta: Deepublish.
Asri, D. N., & Dewi, N. K. (2014). Prokrastinasi Mahasiswa program studi bimbingan dan konselig IKIP PGRI Madium ditinjau dari efikasi diri, fear of faillure, gaya pengasuhan orang tua dan iklim akademik. jurnal penelitian LPPM ( Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ) IKIP PGRI Madium., 32-37.
Asrun, M., Herik, E., & Sunarjo, I. S. (2019). Hubungan antara tingkat kecerdasan spritual di universitas Halu Oleo. Jurnal Pendidikan Bahasa, 1-10
Baer , R. A., Walsh, E., & Lykins, E. L. (2006). Assessment of mindfulness. Clinical handbook of mindfulness. New york: Springer Science & Business Media, 153 – 168.
Brown, K. W., & Ryan , R. M. (2003). The benefits of being present: mindfulness and its role in psychological well-being. journal of personality and social psychology, 822-848.
Conroy, D. E. (2001). The performance failure appraisal inventory: User's manual (2nd edition). Human Kinetics Publishers.Inc.
Conroy, D. E. (2004). Fear of failure and achievement goals in sport:addressing the issue of the chicken and the egg. Anxienty,Stress dan Copig, 271-185.
Conroy, D. E., Kaye, M. P., & Fifer, M. A. (2007). Cognitive links between fear of failure and perfectionism. journal of rational-emotive & Cognitive Behavior Therapy., 237-253.
Christopher, S. (2021). Hubungan Antara Mindulness Dengan Grit Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Kota Makassar . Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.
Cox, R. D. (2009). It was just that i was afraid students fear of failure. community College Review, 52-81.
Dekeyser, d. (2008). Mindfulness skill and interpersonal behavior. personality and individual differences 44, 1235-1245.
Ellison, J., & Patridge, J. A. (2012). Relationship between shame coping, fear of failure, and perfectionism in college athletes. Journal of Sport Hebavior , 35.
Hartaji, D. A. (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orangtua. Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma.
Maharani , E. A. (2016). Pengaruh pelatihan berbasis mindfulness terhadap tingkat stres pada guru paud. jurnal penelitian ilmu pendidikan , 100-110
Paembonan, D. Y. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Fear of Failure Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Kota Makassar. Repostory Universitas Bosowa.
Robins, C. J., Keng, S. L., Ekblad, A. G., & Brantley, J. G. (2011). Effect of mindfulness-based stress reduction on emotional experience and expression : A Randomized controlled trial. journssl of clinical psychology, 117-131.
Savira , I. S., & Putri, S. K. (2013). Pengalaman menyelesaikan skripsi:studi fenomenologis pada mahasiswa psikologi universitas negeri surabaya. Character.
Sagar, S. S., & Lavalle, D. (2010). The development origins of fear of failure in adolescent athletes: Examining parental practices. Psychology of sport and exercise., 177-187.
Siang , J. D. (2009). Cara cepat menyusun skripsi. Yogyakarta: Pressindo
Sugiyono . (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R& D. Bandung : Alfabeta.
Suhadianto, & Arifiana, I. (2020). bagaimana mindfulness mahasiswa universitas X?: Pengujian Deskriptif Dan Komparatif. Tingkat ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa aktivitas ditinjau dari jenis kelamin.
Sujana, & Wulan. (1994). hubungan antara kecenderungan pusat kendali dengan intensitas menyontek. jurnal psikologi yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Christin Lorenza Lanula, Tarmizi Thalib, Sitti Syawaliah Gismin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.