Fear of Failure Dan Student Engagement: Studi Korelasional Pada Mahasiswa Di Kota Makassar

Authors

  • Denise Dasilva Konda Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • A. Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Tarmizi Thalib Brain and Mental Health Study Centre, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3531

Keywords:

Fear of Failure, Student Engagement, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of failure dengan student engagement pada mahasiswa di Kota Makassar. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi pearson product-oment. Sampel pada penelitian berjumlah 374 mahasiswa di kota Makassar. Pengumpulam data pada penelitian ini menggunakan dua skala psikologi yaitu fear of failure dengan reliabilitas cronbach alpha sebesar 0.937 dan skala student engagement dengan reliabilitas cronbach alpha sebesar 0.938. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara kedia variabel fear of failure dengan student engagement pada mahasiswa di kota Makassar yaitu sebesar -0.164 dengan nilai signifikan 0.001 (p<0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara fear of failure dengan student engagement pada mahasiswa di kota Makassar.

References

Afifah, S. (2022). Perceived Social Support dan Teacher Behavior Sebagai Prediktor Student Engagement Pada Pembelajaran Daring Mahasiswa. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 6(1), 32–37. https://doi.org/10.36341/psi.v6i1.2574

Afifah, S. (2022). Perceived Social Support dan Teacher Behavior Sebagai Prediktor Student Engagement Pada Pembelajaran Daring Mahasiswa. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 6(1), 32–37. https://doi.org/10.36341/psi.v6i1.2574

Bahri, U. A. (2017). Hubungan Fear of Failure dengan Student Engagement pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Sumatra Utara: Universitas Sumatra Utara.

Barkley, E. F. (2009). Student Engagement Techniques: A Handbook for College Faculty. New Jersey: Jhon wiley & Sons.

Burka, J.B & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you Do it, What To Do About It. New York: Perseus Books Group.

Christenson, L. Sandra. And Amy L. Christenson. (2012). Handbook Of Research On Student Engagement. New York: Dordrecht Heidelberg London.

Conroy, D. E. (2001). Progress In The Development Of A Multidimensional Measure Of Fear Of Failure: The Performance Failure Appraisal Inventory (Pfai). Anxiety, Stress, & Coping, 13, 431-452.

Conroy, D. E., Kaye, M. P., & Fifer, A. M. (2007). Cognitive Links Between Fear Of Failure and Procrastination. Journal of Rational-Emotive & Cognitive-Behavior Therapy, 237-253.

Cox, R. H. (2007). Sport Psychology Concept and Applications. New York: Boston McGraw-Hill.

Elliot, A. J., & Thrash, T. M. (2004). The intergenerational transmission of fear of failure. Personality and Social Psychology Bulletin, 957-971.

Fredricks, J.A., Blumenfeld, P.C., & Paris A. 2004. School Engagement: Potential Of The Concept, State Of Evidence. Review Of Educational Research.

Hidayahtillah, N. (2022). Kecenderungan Perfectionist, Fear Of Failure, Dan Academic Anxiety Pada Mahasiswa Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Bosowa.

Lietaert, S., Roorda, D., Laevers, F., Verschueren, K., De Fraine, B. (2015). The gender gap in student engagement: The role of teacher’s autonomy support, structure and involvement. The British Journal of Psychology, 85(4), 498-518

Marks, H. M. (2000). Student engagement in instructional activity: Patterns in the elementary, middle, and high school years. American educational research journal, 153-184.

Nainggolan, L. (2007). Hubungan antara persepsi terhadap harapan orangtua dengan ketakutan akan kegagalan pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Pamungkas, T. A. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Student Engagement Mahasiswa BK UNY. Jurnal Riset mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 126-135.

Ratnaningsih, I. Z., Prihatsanti, U., & Prasetyo, A. R. (2018). Perbedaan Student Engagement Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Masa Studi. Prosiding Seminar Nasional Psikologi, 67-73.

Setyadi, P., & Mastuti, E. (2014). Pengaruh Fear Of Failure Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Berasal Dari Program Akselerasi. Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 1-8.

Shernoff, D. J. (2013). Optimal learning Environments to Promote Student Engagement. New York: Springer.

Smith, R. L.,(2015). A contextual measure of achievement motivation: Significance for research in Counseling. Ideas and Research You Use: VISITAS 2015. 1- 11.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jakarta: Kanisius.

Trowler, V. (2010). Student engagement literature review. The Higher Education Academy, 11(1), 1–15.

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdkarya.

Downloads

Published

2024-06-30