Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Problematic Internet Use Pada NCTzen Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3534Keywords:
Celebrity Worship, Problematic Internet Use, NCTzenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity worship terhadap problematic internet use pada NCTzen Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa berjumlah 412 responden yang terdiri dari NCTzen yang berdomisili di Kota Makassar. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala problematic internet use dengan nilai reliabilitas sebesar 0,861 dan skala celebrity worship dengan nilai reliabilitas 0,902. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Teknik regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 23. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh secara signifikan pada celebrity worship terhadap problematic internet use pada NCTzen Makassar dengan nilai kontribusi sebesar 10,7%.
References
Afifah, F. (2022). Hubungan Kontrol Diri dengan Celebrity Worship pada Dewasa Awal Penggemar K-pop (Skripsi). Universitas Diponegoro. Semarang.
Asmaussolihat, S., & Nugrahawati, N., E. (2022). Pengaruh celebrity worship terhadap problematic internet use pada anggota nctzen Indonesia. Journal of psychology science, 2(1), 328-336. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i1.1074.
Azzahra, F., Indri U.S. 2021. Hubungan Regulasi Emosi dengan Problematic Internet Use pada Mahasiswa Pengguna Social Media. Prosiding Psikologi: Vol. 7, No. 2. Universitas Islam Bandung. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28420
Caplan, S. E. (2010). Theory and measurement of generalized problematic internet use: A two-step approach. Computers in Human Behavior, 26 (5), 1089–1097.
Davis, R.A. (2001) A cognitive-behavioral model of pathological Internet use. Computers in Human Behavior, 17, 187-195.
Demetrovics, Z., Király, O., Koronczai, B., Griffiths, M. D., Nagygyörgy, K., Elekes, Z., Tamás, D., Kun, B., Kökönyei, G., & Urbán, R. (2016). Psychometric properties of the Problematic Internet Use Questionnaire Short-Form (PIUQ-SF-6) in a nationally representative sample of adolescents. PLoS One, 11(8). doi:10.1371/journal.pone.0159409
Demetrovics, Z., Szeredi, B., & R ´ozsa, S. (2008). The three-factor model of Internet addiction: The development of the Problematic Internet Use Questionnaire. Behavior Research Methods, 40(2), 563–574. doi:10.3758/BRM.40.2.563
Dewi, S. K., Indrawati, R. (2019). Gambaran celebrity worship pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 291-300.
Khairunnisa, U. A. (2021). Hubungan Kontrol Diri dan Celebrity Worship Pada K-popers (Skripsi). Universitas Bosowa, Makassar.
Maltby, J., Day, L., Macaskill, A. (2013). Personality, Individual Differences and Intelligence. London: Pearson Education.
Maltby, J., Day, L., Mccutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: 48 developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. 40, 273– 283.
Martin, M. M., McCutcheon, L. E., & Cayanus, J. (2015). Celebrity worship and its relationship to television-watching motives: A brief report. North American Journal of Psychology, 17(2), 213–220.
McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67-87.
Shapira, N. A., Lessig, M. C., Goldsmith, T. D., Szabo, S. T., Lazoritz, M., Gold, M. S. et al. (2003). Problematic Internet Use: Proposed Classification and Diagnostic Criteria. Depression & Anxiety, 17, 207-216. https://doi.org/10.1002/da.10094
Zsila, A., McCutcheon, L.E., & Demetrovics, Z. (2018). The association of Celebrity worship with problematic Internet use, maladaptive daydreaming, and desire for fame. Journal of Behavioral Addictions 7(3), 654–664. DOI: https://doi.org/10.1556/2006.7.2018.76
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ajeng Arifah Putri, Andi Muhammad Aditya, A. Nur Aulia Saudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.