Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Impulsive Buying Pada Penggemar K-Pop Usia Dewasa Awal Di Indonesia

Authors

  • Miranda Novita Putri Pratama Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • A. Nur Aulia Saudi Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • A. Muhammad Aditya Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3536

Keywords:

Pemujaan Selebriti, Pembelian Impusive, Penggemar K-Pop, Dewasa Awal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh celebrity worship terhadap impulsive buying pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Indonesia. Sampel pada penelitian ini berjumlah 373 orang yang terdiri dari penggemar K-Pop dewasa awal berusia 20-30 tahun di Indonesia yang telah menjadi penggemar K-Pop selama lima tahun atau lebih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.  Skala dalam penelitian ini menggunakan Celebrity Attitude Scale dan Skala Impulsive Buying Penggemar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity worship memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulsive buying pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Indonesia dengan kontribusi sebesar 19,7%, sedangkan sisanya sebesar 80,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Pada penelitian ini juga diketahui bahwa penggemar K-Pop usia dewasa awal di Indonesia memiliki tingkat celebrity worship dan impulsive buying yang termasuk dalam kategori sedang.

References

Asrie, N. D., & Misrawati, D. (2020). Celebrity Worship dan Impulsive Buying Pada Penggemar KPOP Idol. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 91-100. DOI: https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200008

Ceneca, R. C. (2019). Hubungan Body Image Dengan Celebrity Worship Pada Mahasiswa Di Kota Makassar (Skripsi). Universitas Bosowa, Makassar.

Jeanette, M., & Paramita, S. (2018). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Koneksi, 2(2), 393-400. DOI: https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3915

Khairunnisa, A. F., Priyatama, A. N., & Astriana, S. (2021). Impulsive Buying Pada Fans K-Pop di Twitter. Jurnal Psikohumanika, 13(2), 1-9. DOI: http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Martin, M. M., & Cayanus, J. L. (2004). Celebrity Worship, Cognitive Flexibility, and Social Complexity. Personality and Individual Difference, 37, 1475-1482. DOI: https://doi.org/10.1016/j.paid.2004.02.004

McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and Measurement of Celebrity Worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67-87. DOI: https://doi.org/10.1348/000712602162454

Putri, A. F. (2019). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35-40. DOI: https://doi.org/10.23916/08430011

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.

Triadanti. (2019). Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota. Online. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/amp/danti/jadi-gaya-hidup-benarkah-fans-k-pop-kaya-raya-atau-cuma-modal-kuota?page=all#page-2, diakses pada tanggal 18 Oktober 2022.

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual Differences In Impulse Buying Tendency: Feeling and No Thinking. European Journal of Personality, 15(S1), S71–S83. DOI: https://doi.org/10.1002/per.423

Wahidah, A., Nurbayani, S., & Aryanti, T. (2020). Korean Wave: Lingkaran Semu Penggemar Indonesia. Sosietas Jurnal Pendikan Sosiologi, 10(2), 887-893. DOI: https://doi.org/10.17509/sosietas.v10i2.30111

Widjaja, A. K., & Ali, M. M. (2015). Gambaran Celebrity Worship Pada Dewasa Awal di Jakarta. HUMANIORA, 6(1), 21-28. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i1.3294

Downloads

Published

2024-06-30