Bias Implisit Berdasarkan Perbedaan Identitas Agama Dan Pengaruhnya Terhadap Kecenderungan Toleransi Agama Pada Mahasiswa Di Kota Makassar

Authors

  • Tasya Leony Poting Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Patmawaty Taibe Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Musawwir Musawwir Faculty of Education, Open University of Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3562

Keywords:

Bias Implisit, Implicit Association Test (IAT), Toleransi Agama

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan implisit bias/prasangka implisit berdasarkan perbedaan identitas agama, dan melihat pengaruh implisit bias determinan faktor pada kecenderungan toleransi agama. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen (one-group posttest-only design). 120 mahasiswa menjadi partisipan penelitian (perempuan=77.5%, laki-laki=22.5%). IAT dengan stimulus gambar menjadi alat pengambilan data bias implisit. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada bias implisit berdasarkan perbedaan identitas agama (p<0.001), sementara uji regresi menunjukkan bias implisit tidak mempengaruhi kecenderungan toleransi agama (p=0.832), keterkaitan bias implisit dan bias eksplisit menjadi temuan yang dibahas lebih lanjut pada penelitian ini.

References

Adelina, F., Hanurawan, F., dan Suhanti, I. Y. (2017). Hubungan Antara Prasangka Sosial dan Intensi Melakukan Diskriminasi Mahasiswa Etnis Jawa Terhadap Mahasiswa yang Berasal dari Nusa Tenggara Timur. Jurnal Sains Psikologi. 6(1). 1-8. http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i12017p1-8

Afriyuni, F. (2019). Pengaruh Prasangka dan Religiusitas Terhadap Toleransi Beragama di Kecamatan Duren Sawit. Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana. https://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56386

Agustin, T. (2017). Studi Tentang Prasangka Sosial Terhadap Nonmuslim dikaji dari Fundamentalisme, Identitas Sosial dan Religiusitas pada Mahasiswa. Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38311.

Aprianto, I., Muntholib, H., Risnita. (2021). Manajemen Public Relations Analisis Citra Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Azmi, R., dan Kumala, A. (2019). Multikultural personality pada toleransi mahasiswa. Tazkiya Journal of Psychology, 7(1), 1-10. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v7i1.13493

Bouley, T. M., Reinking, A. K. (2021). Implicit Bias. London: RowmandanLittlefield.

Brewer, M. B., dan Gardner, W. (1996). Who is this "We"? Levels of collective identity and self representations. Journal of Personality and Social Psychology, 71(1), 83–93. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.71.1.83

Broer, N. A., Potgieter, F. J., Muynck, B. D., Wolhuter, C. C., Van Der Walt, J. L. (2014). Measuring Religious Tolerance among Final Year Education Student The Birth of a Questionnaire. International Journal for Religious Freedom. 7(1). 77-96. http://dx.doi.org/10.4314/pelj.v18i6.01

Brownstein, M., Saul, J. (2016). Implicit Bias and Philosophy. United Kingdom: Oxford University Pres

Chairunnisa, F. (2020). Pengaruh Identitas Sosial Kampus dengan Prasangka Sosial Terhadap Penggunaan Cadar pada Mahasiswa Muslim Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi. http://repository.upi.edu/id/eprint/60050

Dovidio, J. F., Hewstone, M., Glick, P., Esses, V. M. (2010). Prejudice, Stereotype and Discrimination. California: Sage Publications Ltd.

Elsevier. (2020). Job Readiness fr Health Professionals. Canada: Elsevier Health Sciences.

Al Fariz, A. B. & Saloom, G. (2021). The Effect of Intellectual Humility, Multicultural Personality, and Religious Orientation Toward Religious Tolerance on Students of UIN Syariif Hidayatullah Jakarta. Psikis: Jurnal Psikologi Islami. 7(1). 10-19. https://doi.org/10.19109/psikis.v7i1.6524

Fariz, A. B. A. (2020). Pengaruh Intellectual Humility, Multikultural Personality, Religious Orientation dan Faktor Demografi Terhadap Toleransi Beragama pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52496.

Frankish, K. (2016) Implicit Bias and Philsophy. Unnited Kingdom : Oxford Univerity Press.

Frendo, G. (2007). Strengthening Religious Tolerance for a Secure Civil Society in Albania and The Southern Balkans. Albania: IOS Press.

Gaertner, S. L., Dovidio, J. F. (2000). Reducing Intergroup Bias. New York: Psychoologi Press. https://doi.org/10.4324/9781315804576

Ghorbal, S., dan Lestari, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Prasangka, dan Kualitas Pertemanan Terhadap Sikap Toleransi Siswa Pada Sekolah Berbasis Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9, 185-198. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i2.765.

Greenwald, A. G., Banaji, M. R. (1995). Implisit Social Cognition: Attitude, Self-Esteem and Streotype. Journal of Personality and Social Psycology. 102. 4-27. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0033-295X.102.1.4

Greenwald, A. G., McGhee, D. E., Schwartz, J. L. K. (1998). Measuring Individual Differences in implicit Cognition: The Implicit Association Test. Journal of Personality and Social Psychology. 74(6). 1464-1480. https://doi.org/10.1037//0022-3514.74.6.1464.

Gullo, G. L., Capatosto, K., Staats, C. (2019). Implicit Bias in School. New York: TaylordanFrancis.

Haq, M. S. (2020). Pengaruh Prasangka, Intellectual Humility dan Demografi Terhadap Toleransi Beragama di Kalangan Mahasiswa. Skripsi.

Hogg, M. A. (2004). Social Categorization, Depersonalization and Group Behavior. Blackwell Publishing.

Johnson, G. M. (2020). An Introduction to Implicit Bias. New York: TaylordanFrancis.

Kielhofner, G., Taylor, R. R. (2017). Kierhofner’s Research in Occupational Therapy. Chicago: F. A. David Company.

Komari. (2022). Membangun Toleransi Beragama Melalui Pengembangn Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi. Jurnal IMAGE. 2(6). 78-92. Retrieved from : https://www.unaki.ac.id/ejournal/index.php/image/article/view/400

Lane, K.A., Banaji, M.R., Nosek, B.A. Greenwald, A.G. (2007). Understanding and using the Implicit Association Test: IV: Procedures and validity. In B. Wittenbrink dan N. Schwarz (Eds.), Implicit measures of attitudes: Procedures and controversies (pp. 59-102). New York: Guilford Press.

Loder-Jackson, T. L. (2016). People of Color in The United States (Edited by Kofi Lomotey). California: ABC-CLIO LLC.

Mahardhika. (2015). Pengaruh Prasangka dan Tipe Kepribadian Big Five Terhadap Toleransi Beragama. Skripsi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37541

Masykuroh, K., Dewi, C., Heriyani, E., Widiastuti, H. T. (2022). Modul Psikologi Perkembangan. Palu: CV Feniks Muda Sejahtera.

Maulidiyah, K. S. (2017). Pengaruh Pendidikan Multikultural Terhadap Toleransi Beragama di Universitas Ma Chung Malang. Skrispi. http://etheses.uin-malang.ac.id/9198/

Mignardi, D., Sturge, J. (2021). Hope and Future. Britaniya Raya: Emerald Publishing Limited.

Muawanah. (2018). Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Toleransi di Masyarakat. Jurnal vijjacariya, 5(1). 57-70. https://doi.org/10.31219/osf.io/vqgj4

Muhid, A., dan Fadeli, M. I. (2018). Korelasi Antara Prasangka Sosial dan Toleransi Beragama Pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi Umum. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 15(2), 124-136.

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Toleransi. Jakarta: Nusa Media.

Osborn, K. (1993). Tolerance. New York: The Rosen Publishing Group, Inc.

Pardede, F. P. (2022). Pendidikan Akhlak di Perguruan Tinggi. Madina Publisher.

Rabe-Hemp, C. (2018). Thriving In All-Boys Club. London: RowmandanLittlefield.

Rahmawati, I. (2021). Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Ramadhan, I., Salim, I., dan Supriadi, S. (2018). Pengaruh Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Toleransi Siswa SMA Pancasila Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i2.24068

Rudman, L. A., Feinberg, J., dan Fairchild, K. (2002). Minority members' implicit attitudes: Automatic ingroup bias as a function of group status. Social Cognition, 20(4), 294-320. Rumadjak, D. A. W. S. (2017). Peran Prasangka Agama Terhadap Toleransi Beragama pada FPI Jawa Timur. Doctoral Disertation, Universitas Brawijaya.

Samovar, L. A., Porter, R. E., McDaniel, E. R. (2014). Komunikasi Lintas Budaya. Jakarta: Salemba Humanika.

Sarifah, R. S. (2016). Identitas Sosial dengan Prasangka Pada Prajurit TNI AD Terhadap Anggota Kepolisian. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 4(1). 75-88. https://doi.org/10.22219/jipt.v4i1.2879

Sartika, D., Nasehudin, N., dan Suniti, S. (2020). Pengaruh Penerapan Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap dan Toleransi. Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. 9(1). http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6229

Sears, D. O., Freedman, J. L., Peplau, L. A. (1985). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Setiawan, D. F. P., Aslamawati, Y. (2022). Pengaruh Multikultural Personality Terhadap Toleransi Beragama Mahasiswa di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science. 2(2). 449-455. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.3091

Sugiyono, B. (2021). Pancasila sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa. Malang: Media Nusa Creative.

Susetyo, D. P. B. (2021). Dinamika Kelompok-Pendekatan Psikologi Sosial. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Tajfel, H. (1982). Social Identity and Intergroup Relations. England: Cambridge University Press.

Tajfel, H., dan Turner, C., J. (2004). The Social Identity Theory of Intergroup Behavior. Edited by Jost dan Sidanus (Political Psychology). New York: Psychology Pers.

Tajfel, H., dan Turner, J. C. (1986). The social identity theory of intergroup behavior. Political Psychology. Chicago: Nelson Hall. https://psycnet.apa.org/doi/10.4324/9780203505984-16

Thompson, T. L. (2014). Encyclopedia of Health Communication. California: Sage Publication Inc.

Wahyuningtyas, A. C. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Toleransi Beragama pada Mahasiswa. Doctoral Dissertation. Unika Soegijapranata Semarang.

Wibisono, S. (2012). Orientasi Keberagaman, Modal Sosial dan Prasangka terhadap Kelompok Agama Lain pada Mahasiswa Muslim. Jurnal INSAN. 14(3).

Williams, M. T., Metzger, I. W., Leins, C., DeLapp, C. (2018). Assesing Racial Trauma Within a DSM-5 Framework: The UConn Racial/Ethnic Stress dan Trauma Survey. Practice Innovations. 3(4). 242. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/pri0000076

Wittenberg, R. T. (2007). The Moral Dimension of Children’s and Adolescents Conseptualisation of Tolerance to Human Diversity. Journal of Moral Education. 37-41. https://doi.org/10.1080/03057240701688002

Downloads

Published

2024-06-30