Pengaruh Self Efficacy Terhadap Adjustment To College Pada Mahasiswa Rantau Di Kota Makassar

Authors

  • Three Yanti Sumomba Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Minarni Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3595

Keywords:

Self-Efficacy, Adjustment to College, Mahasiswa Rantau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh self efficacy terhadap adjustment to college pada mahasiswa rantau di Kota Makassar. Terdapat 387 responden dalam penelitian ini, yakni mahasiswa rantau yang berasal dari luar Sulawesi Selatan dan aktif berkuliah di salah satu perguruan tinggi di kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala self efficacy dengan nilai reliabilitas sebesar 0.938 dan skala adjustment to college dengan nilai reliabilitas sebesar 0.876. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self efficacy terhadap adjustment to college pada mahasiswa rantau di Kota Makassar dengan kontribusi sebesar 85.4% dan menunjukkan arah yang positif. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi self efficacy maka semakin tinggi pula adjustment to college. Sebaliknya, semakin rendah self efficacy maka semakin rendah pula adjustment to college.

References

Abdullah, S., & Sutanto, T. E. (2015). Statistika Tanpa Stress. Jakarta: TransMedia Pustaka.

Ali, M., & Asrori, M. (2015). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Al-Sharideh, K. A., & Goe, W. R. (1998). Ethnic Communities within the University: An Examination of Factors Influencing the Personal Adjustment of International Students. Research in Higher Education, 39(6), 699-725.

Arkoff, A. (1968). Adjustment and Mental Health. USA: McGraw-Hill-Book Company.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring Adjustment to College. Journal of Counseling Psychology, 31(2).

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Bandura, A. (1997). A Exercise of Self Control. New York: W.H Freeman and Company.

Erikson. (1999). Identity: Youth and Crisis. New York: Norton.

Klassen, R. M. (2004). A Cross Cultural Investigation of the Efficacy Beliefs of South Asian Immigrant and Anglo Canadian Nonimmigrant Early Adolescents. Journal of Educational Psychology, 96(4), 731-742.

Maimunah, S. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri. Psikoborneo, 8(2), 275-282.

Mclnnes, W. (2012). Culture Shock: A Handbook for 21st Century Business. New York: Willey.

Monica, A. A., & Supriyadi. (2021). Efikasi Diri dan Strategi Koping pada Penyesuaian Diri Dokter Muda. Jurnal Studia Insania, 9(2), 187-204.

Purnamasari. (2012). Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Unnes Berkewarganegaraan Turki Tahun 2010. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 1(1), 57-63.

Ramos-Sanchez, L., & Nichols, L. (2007). Self-Efficacy of First-Generation and Non-First-Generation College Students. The Relationship with Academic Performance and College Adjustment. Journal of College Counseling, 10(1), 6-18.

Schneiders, A. A. (2008). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holtt, Renehart and Wiston Inc.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tyson, R. (1951). Current Mental Hygiene Practice. Journal of Clinical Psychology, 7(1), 1-94.

Downloads

Published

2024-06-30