Studi Naratif: Intensi Berwirausaha pada Entrepreneur Bidang Kuliner

Authors

  • Andi Elma Amaliah Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Muhammad Aditya Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3628

Keywords:

Intensi Berwirausaha, Entrepreneur, Bidang Kuliner

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intensi berwirausaha pada entrepreneur bidang kuliner. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi naratif. Pengumpulan data menggunakan wawancara individual sebanyak 2 responden pada entrepreneur bidang kuliner. Metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua responden memiliki kesamaan, yaitu memiliki keinginan atau tekad dalam berwirausaha, memiliki keahlian pada bidang usaha kuliner, berani untuk mengambil resiko, menghadapi tantangan dalam berwirausaha. Terdapat tiga aspek yang membentuk sebuah intensi berwirausaha pada individu, yaitu sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku. Ketiga aspek tersebut dapat meningkatkan wirausaha memiliki keinginan atau niat untuk membangun, mengembangkan sebuah usaha, memiliki rencana jangka panjang dan berani untuk menghadapi resiko atau tantangan dalam berwirausaha.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Desicion Processes. 50:179-211.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior. New York: Open University Press.

Alnedral. (2015). Sport Entrepreneurship: Konsep, Teori, dan Praktik. Padang: FIK-UNP Press.

Andika, M., & Madjid, I. (2012). Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Studi Pada Mahasiswa Fakutas Ekonomi Universitas. Eco-Entrepreneurship, 1(1), 190–197. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-0143-0

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Persentase Bekerja dan Pengangguran. 2021-2022.

Creswell l, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Febrianurdi, B. A & Kurniawan J. E. (2002). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa Psikologi. 76-84.

Fini, R., Sobero, M., & Gian, L. M. (2009). The Foundation of Entrepreneurial Intention. Department of Management of the University of Bologna, Italy.

Fishbein, M & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Chapter 7: Formation of Intention. London, England: Addison-Wesley Publishing Company.

Herdiansyah, H. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial: Perspektif Konvensional dan Kontemporer Edisi 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia. 2019. Badan Pusat Statistik Indonesia.

Kementrian Kesehatan dan Pendidikan Republik Indonesia. (2016). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan dan Kesehatan sebagai Bekal Lulusan yang Berkompeten. Jurnal Kesehatan dan Pendidikan Kewirausahaan Pada Siswa, No: 42-59.

Linan, F. (2008). Intention-Based Model of Entrepreneurship Education. Spain: Unversity of Seville.

Linan, and Chen, Y. (2009). Development and Cross-Cultural Application of A Specific Instrument to measure Entrepreneurial Intentions. Entrepreneurship Theory and Practice. May 2009:593-617.

Nizma, C., & Siregar, D. A. (2018). Analisis Pengaruh Locus of Control, Need for Achievement dan Risk Taking terhadap Intensi Berwirausaha Alumni Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis., 19(1), 30–37.

Rahayu, M., Novadjaja, L. H, & Indrawati, N. K. 2011. “Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Baru”, Jurnal Aplikasi Manajemen, vol.9, no.2, http://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/112.

Samad, M.Y. A & Karyono, O. (2019). Entrepreneurship: Perspektif Ilmu Pengetahuan, Empiris dan Agama. Klaten: Lakeisha.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. ALVABETA.

Widiyarini. (2018). Mengurangi Pengangguran Terdidik dengan Meningkatkan SemangatKewirausahaan Melalui Pelatihan Jasa Laundry. 10(3), 199–206.

Wijaya, T. (2007). Hubungan Adversity Intellegence dengan Intensi Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), No. 1: 117-127.

Wijaya, Tony, 2008. Kajian Model Empiris Perilaku Berwirausaha UKM DIY dan Jawa Tengah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 10 No. 2, (PP: 93 – 104).

Worokinasih, S., Nuzula, N.F., & Damayanti, C.R. (2021). Youth Entrepreneur. Malang: Media Nusa Creative.

Wulandari, S. (2013). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri Surabaya. Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya 1(1):1-20.

Zhao, H., Seibert, S.E., & Hills, G.E. 2005. The Mediating Role of Self Efficacy in the Development of Entrepreneurial Intention. Journal of Applied Psychology, 90, 1265-1271

Downloads

Published

2024-06-30