Analisis Persepsi Harga Dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa

Authors

  • Sukmayanti Harris Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Muhammad Aditya Fakultas Psikologi Univeritas Bosowa
  • Tarmizi Thalib Biro Layanan Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3664

Keywords:

Perilaku Konsumtif, Persepsi Harga, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa berjumlah 388 yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi di Kota Makassar. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala perilaku konsumtif dengan nilai reliabilitas sebesar 0,874 dan skala persepsi harga dengan nilai reliabilitas sebesar 0,574. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi JASP versi 0.18.3. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh secara signifikan pada persepsi harga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di Kota Makassar (p < 0,05) dengan nilai konstribusi sebesar 3,2%. Hal ini memberikan pertimbangan bagi mahasiswa dalam menghindari perilaku berlebihan dengan memperhatikan persepsinya.

References

Aditomo, S. (2016). Pengaruh Budaya Individualisme, Persepsi Harga, dan Promosi terhadap Perilaku Pembelian Implusif pada Konsumen Indomaret Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah FEB, 3(2).

Dewanti, I., & Haryono, A. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kontrol Diri, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Produk Baju pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(8), 718-734.

Engel, J. F. Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2018). Perilaku Konsumen Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fitriyani, N., Wildodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 55-68.

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 37-43.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lina & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus of Control pada Remaja Putri. Psikologika, 2(4), 5-14.

Lubis. Y. (1987). Perilaku Konsumtil: Antara Gengsi dan Kenyataan. Gadis. no. 18. 20 Juli. Jakarta.

Marindi, P., & Nurwidawati, D. (2015). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dalam Belanja Online Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 3(3),1-5.

Muar, S. H. (2013). Hubungan Antara Persepsi Harga Barang dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.

Nagari, U. P. (2020). Pengaruh Media Sosial Twitter (Pengaruh Motivasi Penggunaan Media, Intensitas Terpaan Media dan Persepsi Harga Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Pengikut Akun @BerburuSale di Media Sosial Twitter). Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Peter, J.P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (edisi 9). Jakarta: Salemba Empat.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3),103-110.

Puspita, S. (2020). Gambaran Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Bosowa Makassar pada Produk Fashion. Skripsi Psikologi Universitas Bosowa.

Sahanaya, G. A. (2021). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Sebagai Dampak Perkembangan E-Commerce Di Indonesia. Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021 Digital Generation For Digital Nation, 1(8), 126-131.

Siswoyo, D., Sulistyono, T., & Dardiri, A. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Takwin, B. (2008). Diri dan Pengelolaannya. Jurnal Psikologi, 14(2), 181-192.

Tandjung, J. W. (2004). Marketing Management: Pendekatan pada Nilai-Nilai Pelanggan. Edisi Kedua. Malang: Bayumedia.

Uli. (2021, Desember 29). Konsumen Belanja Online RI Menlonjak 88 Persen pada 2021. CNN Indonesia. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211229141536-92-740093/konsumen-belanja-online-ri-melonjak-88-persen-pada-2021

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Wijaya, T. A., & Budiani, M. S. (2022). Hubungan Antara Persepsi Harga Dengan Keputusan Pembelian pada Pengguna Marketplace Shopee Di Daerah Surabaya. Jurnal Penellitian Psikologi, 9(5), 79-88.

Downloads

Published

2024-06-30