Hubungan Self Regulated Learning dengan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Akhir yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Kota Makassar

Authors

  • Putri Divani Pareallo Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3685

Keywords:

Resiliensi Akademik, Self Regulated Learning, Mahasiswa Akhir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan self regulated learning dengan resiliensi akademik pada mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi di kota makassar. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode teknik purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari 350 responden mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Analisis penelitian ini menggunakan analisis korelasi person product moment menggunakan bantuan SPPS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning berhubungan dengan resiliensi akademik sebesar 0.263 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang positif.

References

Anggana, W. T., & Pedhu, Y. (2021). Hubungan Antara Regulasi Diri Dan Penyesuaian Akademik Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Pendidikan Dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Psiko Edukasi, 19(1), 105–115

Bernard, B. (2004). Resiliency: What We Have Learned. San Francisco, CA: WestEd Regional Educational Laboratory

Cassidy, S. (2016). The academic resilience scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology. Doi: 10.3389/fpsyg.2016.01787

Chermes, M. M., Hu, L., & Garcia, B. F. (2001). Academic self-efficacy and first year college student performance and adjustment. Journal of Educational Psychology, 93, 55-64

Cheng, V., & Catling, J. (2015). The role of resilience, delayed gratification and stress in predicting academic performance. Psychology Teaching Review, 21(1), 13-24.

Martin, A. J., & Marsh, H. W. (2006). Academic Resilience and It’s Psychological and Educational Correlates, A Construct Validity Approach. Psychology in the schools, 43, 267-282

Perdana, K. I. (2021). Hubungan Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi.

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan orang tua dan resiliensi akademik pada mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 138-â.

Raodah, S. (2021). Tingkat Resiliensi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar Di Masa Pandemi (Doctoral Dissertation, Universitas Bosowa).

Syahruninnisa, F. (2022). Dukungan Sosial Dan Optimisme Sebagai Prediktor Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Akhir Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Kota Makassar (Doctoral Dissertation, Universitas Bosowa).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

CV. Alfabeta.

Torrano Montalvo, F., & González Torres, M. (2004). Self-regulated learning: Current and future directions.

Wolters, C. A. (2003). Regulation of motivation: Evaluating an underemphasized aspect of self-regulated learning. Journal Educational Psychologist, 38 (4), 189-205.

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81 (3), 329- 339.

Downloads

Published

2024-12-31