Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kemandirian Belajar pada Mahasiswa di Kota Makassar

Authors

  • Noprianti Rupa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Minarni Minarni Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Musawwir Musawwir Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3699

Keywords:

Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa di kota Makassar. Partisipan pada penelitian ini merupakan mahasiswa aktif yang berkuliah di kota Makassar berjumlah 412 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan The Self-Rating Scale of Self-Directed Learning yang diadaptasi oleh Marsaoly (2021) berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Williamson (2007) dan Skala Efikasi Diri yang dikonstruk oleh Sejati (2013) berdasarkan teori efikasi diri oleh Bandura (1997). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederhana menggunakan bantuan SPSS versi 24.0.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri secara signifikan berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa di kota Makassar. Nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi menunjukkan kontribusi efikasi diri terhadap kemandirian belajar sebesar 14,3%. Semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki oleh mahasiswa maka akan meningkatkan kemandirian belajarnya.

References

Alwisol. (2010). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Avico, R. S., & Mujidin. (2014). Hubungan antara Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bengkulu yang Bersekolah di Yogyakarta. Empathy, 2(2), 62-65.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. America: W. H. Freeman and Company.

Basri, H. (1996). Qualified Youth: Adolescent problems & solutions. Student Library.

Brockett, R. G., & Hiemstra, R. (1991). Self-direction in adult learning: Perspective on theory, research, and practice. London, England and New York, NY: Routledge.

Conradie, P. W. (2014). Supporting Self-Directed Learning by Connectivism and Personal Learning Environments. International Journal of Information and Education Technology, 4, 254-259.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fadillah, A. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Menyontek Pada Mahasiswa. Psikoborneo, 7(4), 657-664.

Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. OSF Preprints, 1-10.

Garisson, D.R. (1997). Self-Directed Learning: Toward a Comprehensive Model. Adult Education Quarterly, 48(1), 18-33.

Gibbons, M. (2002). The Self-Directed Learning Handbook: Challenging Adolescent Student to Excel. San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Grieve, K. (2003). Supporting Learning, Supporting Change: A Research Project on Self-Management & Self-Direction. Toronto: Ontario Literacy Coalition.

Knowles, M. (1975). Self-Directed Learning: A guide for learners and teachers. New York: Association Press.

Kozma, R. B, Belle, L.W, William, G. W. (1978) Instructional Techniques in Higher Education. New Jersey: Educational Technology Publications.

Leatemia, L. D., Susilo, A. P., & Berkel, H. (2016). Self-directed learning readiness of Asia students: student perspective on a hybrid problem-based learning curriculum. International Journal of Medical Education, 7, 385-392.

Loeng, S. (2020). Self-directed learning: A core concept in adult education. Education Research International, 2020, 1-12.

Loyens, S. M. M., Magda, J., & Rikers, R. M. J. (2008). Self-directed learning in problem-based learning and its relationships with self-regulated learning, Educational Psychology Review, 20(4), 411-427.

Magdalena, I., Fauzi, H.N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 244-257.

Makur, A.P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.

Maradiana, C. (2008). Hubungan antara Self Efficacy dalam Menghadapi Ujian dengan Kecenderugan Menyontek Pada Mahasiswa Akhir. Penelitian Fakultas Psikologi. Universitas Surabaya. Surabaya.

Mirzawati, N., Neviyarni, & Rusdinal. (2020). The relationship between Self-efficacy and Learning Environment with Students’ Self-directed Learning. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(1), 37-42.

Nugroho, W. D. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo, 7(3), 489-495.

Nyambe, H., Harsono, & Rahayu, G. R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi self-directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 5(5), 67-77.

Pamungkas, S. W., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Terbuka di Wilayah Kabupaten Demak. Jurnal Empati, 6(1), 401-406.

Rashid, T., & Ashgar, H. M. (2016). Technology use, self-directed learning, student engagement and academic performance: Examining the interrelations. Computers in Human Behavior, 63, 604-612.

Rustika, I. M. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1), 18-25.

Saetban, A. A. (2022). Kesadaran Mahasiswa Terhadap Nilai Disiplin Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 97-108.

Santrock, J. W. (2011). Life — Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Edisi 13, Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Scherbaum, C. A., & Cohen-Charash, Y., & Kern, M. J. (2006). Measuring General Self-Efficacy, A Comparison of Three Measures Using Item Response Theory. Educational and Psychological Measurement, 66(6), 1047-1063.

Schunk, D. H. (2012). Teori-teori pembelajaran: Perspektif pendidikan edisi keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Eksperiman pada SMA Laboratorium (Percontohan) UPI Bandung Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal UPI Edisi Khusus (1), 127-138.

Williamson, S. N. (2007). Development of a self-rating scale of self-directed learning. Nurse Researcher, 14(2), 66–83.

Yanti, S., & Surya, E. (2017). Kemandirian Belajar dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/321833928

Yulyani, R. D. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening. Al-Bahtsu, 6(1), 50-56.

Downloads

Published

2024-12-31