Gambaran Kesiapan Kerja Pada Siswa SMK Kelas XII Di Kota Makassar

Authors

  • Nurul Adinda Jafri Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3702

Keywords:

Kesiapan Kerja, Siswa, SMK

Abstract

Sekolah menengah kejuruan (SMK) harus mampu menghasilkan lulusan dengan standar profesi yang dibutuhkan dunia kerja. Dunia kerja memerlukan tenaga kerja dengan tingkat keahlian, kemampuan beradaptasi, dan daya saing yang tinggi. Sesuai dengan misi sekolah menengah kejuruan yaitu mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja potensial yang mampu siap memasuki dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kesiapan kerja pada siswa SMK kelas XII di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 605 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala (angket) menggunakan teori oleh Caballero (2011). Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan bantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui rata-rata tingkat skor kesiapan kerja siswa berada pada kategori rendah (33%) atau belum bisa dikatakan siap memasuki dunia kerja dan bersaing secara global.

References

Azwar. S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). https://www.bps.go.id/

Caballero, C., L., & Walker, A., & Fuller, T., M. (2011). Work Readiness In Graduate Recruitment and Selection: A Review of Current Asssessment Methods. Journal of Teaching and Learning For Graduate Employability, Vol 1 (1)

Coetzee, M. dan Beukes, C. J. (2014). Employability, emotional intelligence and career preparation support satisfaction among adolescents in the school-towork transition phase. Journal of Psychology in Africa, 20(3), 439–446.

Dewi, P. I. (2013). Hubungan bimbingan karir dan pengalaman praktik kerja (prakerin) dengan kesiapan kerja di bidang komuter dan jaringan siswa SMK kelas XII kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan di kota Solok. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).

Farihati, I., Bashori, K., & Tentama, F. (2019). Kedisiplinan, kemandirian dan kesiapan kerja (employability): Literature review. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 384-390).

Listiana, D. (2019). Manajemen Bursa Kerja Khusus dalam Upaya Peningkatan Penyaluran Lulusan SMK ke Dunia Kerja. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 325-338.

Perdana, N. S. (2019). Analisis permintaan dan penawaran lulusan SMK dalam pemenuhan pasar tenaga kerja. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).

Pratama, Y. (2018). Hubungan Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Cibinong Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Sekarina, D. P., & Indriana, Y. (2020). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada siswa kelas xii smk yudya karya magelang. Jurnal Empati, 7(1), 381-386.

Suntono. (2022). Makassar, sulselprov.go.id. Sulawesi Selatan, Indonesia.

Wijayanti, Sinndy Fitriani. (2019). Pengaruh Modal Psikologis, Kompetensi Karir, dan Dukungan Sosial Terhadap Kesiapan Kerja. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Zirkle, Chris. (2013). Perception of Vocational Educators and Human Resource/ Training and Development Profesisonals Regarding Skills Dimension of School to Work transsitin Programs. Journal of Vocational and Technical Education, Vol 15, 1, 4.

Downloads

Published

2024-06-30