Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Di Kota Makassar

Authors

  • Gusti Ayu Ketut Puji Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Andi Muhammad Aditya Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sitti Syawaliyah Gismin Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3712

Keywords:

Kepercayaan Diri, Perilaku Asertif, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kepercayaan diri dapat mempengaruhi perilaku asertif pada mahasiswa di Kota Makassar. Responden dalam penelitian ini sebanyak 411 mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Makassar. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan nilai r = 0.223, sig = 0.000 (<0.05), dan nilai koefisien = 0.273 yang artinya terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap perilaku asertif mahasiswa dengan kontribusi sebesar 22.3% dan terdapat arah positif sehingga Ha diterima yang menyatakan terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap perilaku asertif pada mahasiswa di Kota Makassar dengan arah positif yaitu semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi perilaku asertif mahasiswa di Kota Makassar.

References

Afiatin, T. & Martaniah, S. M. (1998). Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok. Jurnal Psikologika, No. 6, Tahun III, 1998. DOI:10.20885/psikologika.vol3.iss6.art6.

Bakhtiar, H. S. (2019). Pengaruh Child Abuse Oleh Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Boxford, Richard. (1999). Key Concepts in Assertiveness. Assert Yourself, Evaluating the Performance of an HIV Prevention Intervention. California: Sigma Research. DOI: https://doi.org/10.17037/PUBS.01386882.

Chasanah, E. M., & Rohmatun. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Asertivitas Dalam Menyampaikan Pendapat Pada Aktivis Mahasiswa/I di Unissula. Jurnal Psikologi Proyeksi, 13(1), 88-97. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.13.1.88-97.

Erickson, P. N. (2017). The Skills That Matter: Teaching Interpersonal and Intrapersonal Competencies In Any Classroom. Kansas: Sage Publications.

Garner, Eric. (2012). Assertiveness–Re-Claim Your Assertive Birthright. Bookboon.Com Publishing. Diakses 14 Mei 2020. Dari Fliphtml5.

Greenfield, T.K. (1983) The Role of Client Satisfaction in Evaluating University Counselling Services. Evaluation and Program Planning, 6, 315-327. DOI: https://doi.org/10.1016/0149-7189(83)90011-3.

Hapsari, R. M. (2007). Perilaku Asertif dan Harga Diri Pada Karyawan. Jurnal Psikologi, 1(1), 1-6.

Khan, R. I. (2012). Perilaku asertif, harga diri dan kecenderungan depresi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 143-154. DOI: https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.40.

Lauster, P. (1978). The Personality Test, London: Pan Books.

Lauster. P. (2002). Tes kepribadian, Edisi Bahasa Indonesia, Cetakan Ke-3. Jakarta. Bumi Aksara.

Lioyd, S. (1991). Mengembangkan perilaku asertif yang positif (terjemahan Budiyanto). Jakarta: Binarupa Aksara.

Nevid, J. S., & Rathus, S. A. (2016). Psychology and the challenges of life: adjustment and growth. 13th Edition. United States: Clearance Center.

Noonan, Patricia M, Amy S. Gaumer Erikson. (2017). The Skills That Matter: Teaching Interpersonal and Intrapersonal Competencies in Any Classroom. Kansas: SAGE Publications.

Nurrahmah. (2021). Harga Diri, Regulasi Emosi, dan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 1(1), 07-16. DOI: https://doi.org/10.56326/jpk.v1i1.1092.

Purba, A. D., & Nafeesa, N. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa/I Stambuk 2019 Universitas Medan Area. Jouska: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 16-24. DOI: https://doi.org/10.31289/jsa.v1i1.1094.

Purnamaningsih, E. H. (2003). Kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi interpersonal pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 30(2), 67-71. DOI: 10.22146/jpsi.7025.

Sari, F. K., Loekmono, L. & Setyorini. (2018). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Ekstroversion Dengan Perilaku Asertif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Psikologi Konseling, 13(2), 214-230. DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v13i2.12193.

Sa'adah, N. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Asertif pada Mahasiswa Prodi Psikologi di Kota Aceh. Psyche 165 Journal, 168-174. DOI: https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i3.253.

Sadarjoen, S. S. (2007). Keluarga Masa Kini, Problema dan Strategi Intervensi. Makalah Kegiatan Pekan Ilmiah Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (Stks), Bandung, 3.

Sikone, Stefan. 2006. Menanamkan Sikap Asertif Di Sekolah. Tengaran: Http:Www.Indomedia.Com/Poskup/2006/10/14/Edisi:4/Opini.Htmhttp://Groups.Yahoo.Com/Group/Pakguruonline/Message/2400, Diakses Pada 25 Maret 2022.

Sriyanto, Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74 – 88. DOI: 10.22146/jpsi.6959.

Downloads

Published

2024-06-30