Hubungan Antara Kecenderungan Tipe Kepribadian Extraversion dengan Cyberloafing pada Mahasiswa di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3725Keywords:
Kepribadian Extraversion, Cyberloafing, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecenderungan tipe kepribadian extraversion dengan cyberloafing pada mahasiswa menggunakan metode kuantitatif. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yakni skala Kepribadian Extraversion yang dibuat oleh Eysenck, dkk (1985) dan telah di konstruk oleh Bela & Ediati (2020) dan skala Cyberloafing oleh Ramadani & Sawitri (2023). Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 386 responden, yakni mahasiswa di kota Makassar. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson dengan bantuan IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecenderungan tipe kepribadian extraversion dengan cyberloafing pada mahasiswa di kota Makassar dengan nilai r=0.286; p=0.000. Artinya, semakin tinggi skor kecenderungan tipe kepribadian extraversion yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi kecenderungan mahasiswa melakukan cyberloafing.
References
Akbulut, Y., Dursun, O.O., Donmez, O., & Sahin, Y. L. (2016). In search of a measure to investigate cyberloafing in educational settings. Computers in Human Behavior, 55, 616-625.
APJII. (2023). Hasil Survei Internet APJII. Diakses Juni 8, 2023, from https://survei.apjii.or.id/survei.
Baturay, M.H., & Toker, S. (2015). An investigation of the impact of demographics on cyberloafing from an educational setting angle. Computers in Human Behavior, 50, 358- 366. http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.081
Bela, K., & Ediati, A. (2020). Hubungan Antara Kepribadian Extraversion Dengan Cyberslacking Pada MahasiswA (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Blanchard, A. L., & Henle, C. A. (2008). Correlates of Different Forms of Cyberloafing: The Role of Norms and External Locus of Control. Journal of Computers in Human Behavior, 24(3), 1067-1084.
Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(1), 32-43.
Eysenck, S. B., Eysenck, H. J., & Barrett, P. (1985). A revised version of the psychoticism scale. Personality and individual differences, 6(1), 21-29.Eysenck, H. J. (1967). Personality and extra-sensory perception. Journal of the Society for Psychical Research.
Eysenck, H.J. (1997). The Scientific of Human Nature. Denmark : Pergamon
Eysenck, H.J. & Wilson, G. D. (2008). Know Your Own Personality. Anglesburg: Pelican Books, Hazel Watson and Viney, Ltd
Feist, J., & Feist, G. J. (2014). Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Gafur, H. (2015). Mahasiswa Dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung: Rasi Terbit
Hamrat, N., Hidayat, D. R., & Sumantri, M. S. (2019). Dampak stres akademik dan cyberloafing terhadap kecanduan smartphone. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 13-19.
Henle, C. A., & Kedharnath, U. (2012). Cyberloafingin the workplace. Encyclopedia of Research on Cyber Behaviour, 1, 560-573 doi: 10.4018/978-1-4666-0315-8.ch048.
Jia, H., Jia, R., & Karau, S. (2013). Cyberloafing and personality: The impact of the Big Five traits and workplace situational factors. Journal of Leadership & Organizational Studies, 20(3), 358-365.
Lim, V. K. G. (2002). The IT way of loafing on the job: cyberloafing, neutralizing and organizational justice. Journal of Organizational Behavior, Vol. 23.
Lim, V. K., & Chen, D. J. (2012). Cyberloafing at the workplace: gain or drain on work?. Behaviour & Information Technology, 31(4), 343-353.
Munir, (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Ozler, D. E., and Polat, G. (2012). Cyberloafing phenomenon in organizations: Determinants and impacts. International Journal of eBusiness and Government Studies, 4(2), 1-15.
Pervin, L.A., Cervone, D., & John, O.P. (2005). Personality, theory and research (9th ed.). Danvers, MA: John Wiley & Sons, Inc.
Ragan, E. D., Jennings, S. R., Massey, J. D., and Doolittle, P. E. (2014). Unregulated use of laptops over time in large lecture classes. Computers & Education, 78, 78-86.
Rahardjo, W., Citra, A. F., Damariyanti, M., Saputra, M., Ayuningsih, A. M., Siahay, M. M., & Mulyani, I. (2017). Memahami keterlibatan mahasiswa bermain game online sebagai bagian perilaku cyberloafing. Temu Ilmiah Nasional, 159-171.
Ramadani, S., & Sawitri, D. R. (2023). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Cyberloafing pada Mahasiswa Tahun Ketiga di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Doctoral dissertation, Undip).
Santrock, John W. (2011). Life-Span Development. Jakarta: Erlangga
Sari, F. K., Loekmono, L., & Setyorini, S. (2018). Hubungan antara Tipe Kepribadian Ekstroversion dengan Perilaku Asertif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Kristen Satya Wacana. Psikologi Konseling, 9(2).
Schultz, W. T. (Ed.). (2005). Handbook of psychobiography. Oxford University Press.
Solso, Robert L., Maclin, Otto H., & Maclin M. Kimberly. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.
Tappang, I. R., Simon, M., & Mallo, A. (2013). Hubungan pola asuh orang tua dengan kepribadian anak remaja usia 14-17 tahun di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Pare-Pare. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 3(1), 49-55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Fitri Ainun, Nurhikmah Nurhikmah, Andi Muhammad Aditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.