Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Consumer Satisfaction Pelanggan Rumah Makan Buguri
Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3737Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Consumer Satisfaction, PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah ada pengaruh komunikasi interpersonal terhadap consumer satisfaction pada pelanggan Rumah Makan Buguri yang ada di Kota Makassar. Sampel pada penelitian ini sebanyak 399 responden, dimana populasi dalam penelitian ini pelanggan yang sedang mengunjungi Rumah Makan Buguri yang ada di Kota Makassar.pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan jenis instrumen berupa angket yang berisi dua skala, yaitu skala komunikasi interpersonal ditinjau menggunakan teori DeVito (2011) dan skala consumer satisfaction ditinjau menggunakan teori Kotler (2018) yang masing-masing dikonstruk oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Hasil temuan peneliti pada analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap consumer satisfaction pelanggan Rumah Makan Buguri di Kota Makassar dengan nilai kontribusi sebesar 24,2% (p=<0.05) dengan arah positif. Semakin tinggi komunikasi interpersonal maka semakin tinggi pula consumer satisfaction pelanggan Rumah Makan Buguri di Kota Makassar.
References
Amin, M. A. S., & Priansah, p. (2019). Marketing communication strategy to improve tourism potential. Budapest International Research and Critics Institute-Journal. 2(4). 160-166. doi: 10.33258/birci.v2i4.575
Basmalasari, R. M., & Nugroho, D. A. (2022). Pengaruh reliability, tangibility, assurance, empathy, dan responsiveness terhadap consumer satisfaction pada jasa perbendaraan selama pandemic covid-19. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen. 1(1). 19-28. doi: 0.21776/jmppk.2022.01.1.03.
Cialdini, R. B. (2007). Influence: The Psychology of Persuasion. New York: Collins.
DeVito, J. A. (2011). The Interpersonal Communication Book. Boston: Pearson.
Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia.
Hanum, K. G. (2018). Pengaruh komunikasi interpersonal dan kepercayaan terhadap loyalitas guru smk swasta di kecamatan kemayoran jakarta pusat. Ciberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Journal. 4(2), 147-154. doi: 10.33050/cicesv4i2.484.
Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Masarrat, G., & Jha, S. (2014). Assessing customer perception of service quality: comparative study of airlines in uae. World Review of Business Research. 4(2). 291-303.
Prastuti, E., & Sari, W. (2022). Persepsi citra merek dan komunikasi interpersonal sebagai prediktor kepuasan konsumen: studi pada mahasiswa pengguna e-wallet ovo. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 10(1), 222-229. doi: 10.22219/jipt.v10i1.13572.
Rinawati, W. & Ekawatiningsih, P. (2019). Manajemen Pelayanan makanan dan minuman. Yogyakarta: UNY Press.
Sunardiyah, R., Pawito, & Naini, E. P. (2022). Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap produktivitas karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 24(1), 45-54.
Suprapto, T. (2006). Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Presindo.
Surya, A. & Setiyaningrum, A. (2009). Analisis konsumen pada aplikasi bauran pemasaran serta hubungannya terhadap loyalitas konsumen (studi kasus pada hypermart cabang kepala gading). Journal of Business Strategy and Execution. 2(2), 13-39.
Tjiptono, F. & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi.
Tse, A. C. B., Nicosia, E., & Wilton, R. (1990). Interpersonal communication and psychological needs: A study of two cultures. The Journal of Social Psychology. 130(3), 393-401.
Wijaya, W. A. (2013). Komunikasi Interpersonal. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Arif Wira Wicaksana, Muhammad Fitrah Ramadhan Umar, Nurhikmah Nurhikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.