Gambaran Big Five Personality terhadap Pengguna Media Sosial pada Dewasa awal di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3740Keywords:
Big Five Personality, Media Sosial, Dewasa AwalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Extraversion, Agreeablenes, Conscietiousness, Neuroticism dan Openness terhadap pengguna media sosial dewasa awal di Kota Makassar dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap 410 responden yang menggunakan media sosial dengan rentang usia 18 sampai 25 tahun. Instrumen pengambilan data yang digunakan yakni skala Big Five Inventory: IPIP-BFM-50 yang dirancang oleh Golberg (1992) lalu dimodifikasi oleh Greynecha (2021).Alat ukur yang dimodifikasi dan kemudian di uji coba memperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,812 yang berarti alat ukur dinyatakan reliabel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat Extraversion, Agreeablenes, Conscietiousness, Neuroticism terhadap pengguna media sosial dewasa awal berada pada kategori sedang, sementara tingkat Openness terhadap pengguna media sosial dewasa awal berada pada kategori rendah.
References
APJII. (2022). Profil Penggunaan Internet Indonesia. Jakarta: APJII
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Badan Pusat Statistik. (2022, Mei). Keadaan Ketenagakerjaan Sulawesi Selatan,
Cervone D., & Pervin L.A. (2012). Kepribadian: Teori dan Penelitian Buku 2 Jakarta: Salemba Humanika.
Choi, Hoon S. Et al.2017. The effect of intrinsic and extrinsic quality cues of digital video games on sales: An empirical investigation. Decision Support Systems Elsevier. Vol. 106, h. 86- 96
Feist, J., & Feist, G. J. (2009). Theories of personality. Boston, MA: McGraw Hill Higher Education Goldberg, L. R. (1992) The Development of Makers for the Big Five-Factor Structure. Journal of Psychological Assessment, 4(1) 26-42.
Handikasari, R. H., Jusup, I., & Johan, A. (2018). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Gejala Depresi Mahasiswa Kedokteran, 7(2), 919–934.
John, O. P, & Srivastava, S. (1999). The Big Five Trait Taxonomy: History, Measurement, and Theoretical Perspectives. In L. A. Pervin, & O. P. John (Eds.), Handbook of Personality: Theory and Research 2nd ed., 102 - 138. New York: Guilford.
Kircaburun, K., & Alhabash Saleem, Tosuntas Betul S, G. D. M. (2018). Uses and Gratifications of Problematic Social Media Use Among University Students: a Simultaneous Examination of the Big Five of Personality Traits, Social Media Platforms, and Social Media Use Motives.
Kotler & Keller, (2015), Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga
Kraut, R., Patterson, M., Lundmark, V., Kiesler, S., Mukopadhyay, T., & Scherlis, W. (1998). Internet paradox: A social technology that reduces social involvement and psychological well- being? American Psychologist
Labaiga, N.G.E., Tuda, J., & Kundre, R. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Denga Kepribadian Remaja Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Remboken. Journal Keperawatan. 7(1), 1-9.
Lamb, C.W., et al. (2004). Essential of Marketing. Mason: South-Western/Thomson Learning.
Pervin, L., & Daniel, C. (2016). Personality: Theory and Research Thirteenth Edition. USA: John Wiley and Sons, Inc.
Pervin, L., Cervone, D., & John, O.P. (2005). Personality: Theory and Research. USA: John Wiley and Sons, Inc
Santrock, J.W. (2011). Child Development (Perkembangan Anak Edisi 11 Jilid 2, Penerjemah: Rachmawati dan Kuswanti). Jakarta: Erlangga.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17–22. Retrieved from https://e- journal.unair.ac.id
Stoughton, J. W., Thompson, L. F., & Meade, A. W. (2013). Big Five Personality Traits Reflected in Job Applicants Social Media Postings, 16(11), 800–805.
Wang, J., Jackson, L. A., Zhang, D., & Su, Z. (2012). The relationships among the Big Five Personality factors, self-esteem, narcissism, and sensation-seeking to Chinese University students’ uses of social networking sites (SNSs). Computers in Human Behavior, 28(6), 2313–2319
Wati, M., & Rizky. (2009). 5 Jam Menjadi Terkenal Lewat Facebook. Bandung: CV. Yrama Widya. Wicaksana, S., Novasari, E.P., & Janita, S.S. (2017). Gamabaran Tipe Kepribadian Generasi Y di Indonesia. Jurnal Mind Set. 8(1), 11-17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mutmainnah Malik, Andi Muhammad Aditya, Andi Nur Aulia Saudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.