Gambaran Adversity Quotient pada Taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3766Keywords:
Adversity Quotient, Taruna, Politeknik Ilmu Pelayaran MakassarAbstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran adversity quotient pada taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Penelitian ini dilakukan pada Taruna(i) aktif semester 3/4 (Madya) di Politenik Ilmu Pelayaran Makassar yaitu sebanyak 250 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis deskriptif dan menuggnakan instrumen penelitian yaitu skala Adversity Response Profil (ARP) yang diadaptasi dari Diana (2008) berdasarkan empat indikator dari Stoltz (2000) untuk mengukur tingkat adversity quotient agar sesuai dengan sesuai dengan subjek dan konteks peneliti yang memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,974 dari total item valid sebanyak 28 item. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran adversity quotient pada taruna di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar berada pada kategori sangat rendah sebesar 6,4%, pada kategori rendah sebesar 34,4%, pada kategori sedang sebesar 19,2%, pada kategori tinggi sebesar 40%, dan pada kategori sangat tinggi sebesar 0%. Dapat disimpulkan bahwa gambaran Adversity Quotient (AQ) pada Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar tergolong tinggi, mencapai 40% yang menunjukkan mayoritas taruna memiliki tipe Adversity Quotient Campers yaitu kelompok orang yang selalu berusaha mencapai puncak. Mereka siap menghadapi berbagai rintangan dan menerima tantangan. Mereka berani menghadapi perubahan meskipun mengalami kesulitan.
References
Amaliya, N. K. (2018). Adversity Quotient Dalam Al-Qur’an. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 12(2), 227–254. https://doi.org/10.37680/adabiya.v12i2.16
Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi Kedu). Pustaka Pelajar.
Bhave, S. Y., & Saini, S. (2009). Anger Management. SAGE Publications India.
Diana, N. (2008). Study Deskriptif Tentang Adversity Quotient Pada Siswa Kelas Akselerasi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang (SMA N 1 Malang). Skripsi Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Malang, 18.
Muthmainah. (2022). DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Dukungan Sosial dan Resiliensi pada Anak di Wilayah Perbukitan. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(6), 78. https://doi.org/10.21831/diklus.v6i1.48875
Stoltz, P.G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Kezia, Sitti Syawaliyah Gismin, Muhammad Fitrah Ramadhan Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.