Gambaran Cheating Behavior pada Mahasiswa Universitas Bosowa

Authors

  • Moh. Fikri Haykal Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan Hazairin Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Sri Hayati Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3767

Keywords:

Cheating Behavior, Akademik, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan cheating behavior pada mahasiswa Universitas Bosowa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini terdiri dari 489 mahasiswa aktif di Universitas Bosowa dengan rentang usia 18-25 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Cheating Behavior yang telah diadaptasi oleh Syahriana dari skala asli yang dibuat oleh Cizek (1999). Hasil penelitian menunjukkan behwa perilaku cheating di universitas bosowa terdiri dari 309 (63,2%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating sangat rendah, 87 (17,8%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating rendah, 65 (13,3%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating sedang, 25 (5,1%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating tinggi, 3 (0,6%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating sangat tinggi.

References

Anderman, E.M., & Murdock, T.B. (2007). Psychology of Academic Cheating. New York: Englewood Scliffts.

Cizek, G.J. (2003). Detecting and Preventing Classroom Cheating. California: Corwin Press, INC.

Hapsari, Amalia. (2016). Perbedaan Sikap Mahasiswa Terhadap Perilaku Menyontek Ditinjau dari Fakultas dan Motivasi Belajar.

Hartanto, D. (2012). Bimbingan dan Konseling Menyontek. Jakarta: Indeks Jakarta.

Mahendrasdewi. W. 2007. Kecenderungan Menyontek (Cheating) Dalam Ujian Ditinjau dari Posisi Tempat Duduk Pada Siswa Siswi SMK Negeri 1 Salatiga. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Santrock, J. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja (Edisi Keenam). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sarwono, S. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Yuliana, dkk. (2022). Gambaran Intensi Menyontek pada Mahasiswa Universitas X. Jurnal Psikologi Terapan, 5 (2) : 106-114.

Downloads

Published

2024-12-31