Gambaran Cheating Behavior pada Mahasiswa Universitas Bosowa
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.3767Keywords:
Cheating Behavior, Akademik, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan cheating behavior pada mahasiswa Universitas Bosowa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini terdiri dari 489 mahasiswa aktif di Universitas Bosowa dengan rentang usia 18-25 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Cheating Behavior yang telah diadaptasi oleh Syahriana dari skala asli yang dibuat oleh Cizek (1999). Hasil penelitian menunjukkan behwa perilaku cheating di universitas bosowa terdiri dari 309 (63,2%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating sangat rendah, 87 (17,8%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating rendah, 65 (13,3%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating sedang, 25 (5,1%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating tinggi, 3 (0,6%) responden yang memiliki tingkat perilaku cheating sangat tinggi.
References
Anderman, E.M., & Murdock, T.B. (2007). Psychology of Academic Cheating. New York: Englewood Scliffts.
Cizek, G.J. (2003). Detecting and Preventing Classroom Cheating. California: Corwin Press, INC.
Hapsari, Amalia. (2016). Perbedaan Sikap Mahasiswa Terhadap Perilaku Menyontek Ditinjau dari Fakultas dan Motivasi Belajar.
Hartanto, D. (2012). Bimbingan dan Konseling Menyontek. Jakarta: Indeks Jakarta.
Mahendrasdewi. W. 2007. Kecenderungan Menyontek (Cheating) Dalam Ujian Ditinjau dari Posisi Tempat Duduk Pada Siswa Siswi SMK Negeri 1 Salatiga. Skripsi. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.
Santrock, J. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja (Edisi Keenam). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sarwono, S. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Yuliana, dkk. (2022). Gambaran Intensi Menyontek pada Mahasiswa Universitas X. Jurnal Psikologi Terapan, 5 (2) : 106-114.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moh. Fikri Haykal, Arie Gunawan Hazairin Zubair, Sri Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.