Efikasi Diri Sebagai Prediktor Adaptabilitas Karir Mahasiswa Tingkat Akhir di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.4108Keywords:
Adaptabilitas Karir, Efikasi Diri, Mahasiswa Tingkat AkhirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efikasi diri dapat menjadi prediktor terhadap adaptabilitas karir mahasiswa tingkat akhir di kota Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap 410 responden mahasiswa tingkat akhir semester 7 sampai dengan 14. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala adaptabilitas karir Career AdaptAbility Scale (CAAS) berdasarkan teori Savickas & Profeli (2012) dan skala efikasi diri (General self efficacy) yang yang dikembangkan oleh Schwarzer dan Jerusalem (1995) berdasarkan teori bandura (1997). Analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 25. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p=0.000; p <0.05) dengan demikian efikasi diri dapat menjadi prediktor terhadap adaptabilitas karir mahasiswa tingkat akhir di kota Makassar dengan kontribusi sebesar 45% dan arah pengaruh positif. Artinya semakin tinggi tingkat efikasi diri maka akan semakin tinggi adaptabilitas karir mahasiswa tingkat akhir di kota Makassar, begitu pula sebaliknya.
References
Artahayest, N. Y. (2021). Self-Efficacy With Career Adabtability For Final Students The SWCU Psychology Faculty. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2).177-185
Automation and the future of work in Indonesia (2019, 25 September) McKinsey [on-line] di akses pada tanggal 12 Mei 2022 dari Automation and the future of work in Indonesia (mckinsey.com)
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: Freeman and Company.
Febrianingrum, D. W., & Wibowo, D. H. (2021). Hardiness Dan Adaptabilitas Karir. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(2), 103-110.
Hartono, R. M., & Gunawan, W. (2017). Hubungan job search self-efficacy dengan career adaptability. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 8(02), 78-90.
Isnain, M., & Nurwidawati, D. (2018). Hubungan antara efikasi diri dengan kematangan karir pada siswa kelas XI di SMKN 1 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2), 1-7.
Karacan–Ozdemir, N., & Guneri, O. Y. (2017). The factors contribute to career adaptability of high-school students. Eurasian Journal of Educational Research, 16(67), 183-198.
Koen, J., Klehe, U. C., & Van Vianen, A. E. (2012). Training career adaptability to facilitate a successful school-to-work transition. Journal of Vocational Behavior, 81(3), 395-408.
Lent, R. W., & Brown, S. D. (2012). Career development and counseling: putting theory and research to work, (ed. 2). New Jersey: John Willey & Sons.
Pango, W. M., & Wibowo, D. H. (2020). Relationship Of Academic Self Effication With Career Adaptability In Asrama School Students. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 104-111.
Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2018). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 1-8.
Rahma, A. N. (2011). Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 8(2), 231-246.
Rossier, J., Zecca, G., Stauffer, S. D., Maggiori, C., & Dauwalder, J. P. (2012). Career Adapt-Abilities Scale in a French-speaking Swiss sample: Psychometric properties and relationships to personality and work engagement. Journal of Vocational behavior, 80(3), 734-743.
Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of vocational behavior, 80(3), 661-673.
The Future of Jobs Report 2020 (2020, 10 Oktober) World Economic Forum [on-line] di akses pada tanggal 14 Mei 2022 dari https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2020
Tladinyane, R., & Van der Merwe, M. (2016). Career adaptability and employee engagement of adults employed in an insurance company: An exploratory study. SA Journal of Human Resource Management, 14(1), 1-9.
Ulfah, F., & Akmal, S. Z. (2019). Peran Kepribadian Proaktif terhadap Adaptabilitas Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(1), 45-54.
Wanberg, C. R., Zhu, J., & Hooft, E. A. J. V. (2010). The job search grind: Perceived progress, self-reactions, and selfregulation of search effort. Academy of Management Journal, 55(4), 788-807.
Wendlandt, N. M., & Rochlen, A. B. (2008). Addressing the college-to-work transition: Implications for university career counselors. Journal of Career Development, 35(2), 151-165.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muh Ibing Purnama, Patmawaty Taibe, Arie Gunawan Hazairin Zubair
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.