Hubungan Perilaku Konsumtif dengan Fear of Missing Out (Fomo) pada Mahasiswa di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v4i2.4224Keywords:
Perilaku Konsumtif, Fear of Missing Out, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku konsumtif dengan Fear of Missing Out (fomo) pada mahasiswa di kota makassar. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Sampel pada penelitian ini berjumlah 400 mahasiswa di kota Makassar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua skala psikologi yaitu skala perilaku konsumtif yang terdiri 14 item dengan reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0.447 dan skala Fear of Missing Out yang mengacu pada aspek Wegmann dkk. (2017) terdiri dari 12 item dengan nilai reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0.613. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel perilaku konsumtif dengan Fear of Missing Out (fomo) pada mahasiswa di kota Makassar yaitu sebesar 0.384 dengan nilai signifikan 0.000 (p<0.05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara perilaku konsumtif dan Fear of Missing Out pada mahasiswa di kota makassar.
References
Pendidikan Akuntansi. Jurnal Benefita, 5(2), 264-274.
Afdilah, I. H., Hidayah, N., & Lasan, B. B. (2020). Fear of Missing Out (FoMO) in Analysis of Cognitive Behavior Therapy (CBT). Advances in Social Science, Education and Humanities Research,501(Icet),220–223. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.040
Baudrillard, J. (2011). Masyarakat konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Djaelani, M. & Sudjai. (2015). Peran Kemampuan Dosen dan Metode Pembelajaran Terhadap Kualitas Layanan Kepada Mahasiswa, Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(2), 111-126.
Engel, J.F., Blackwell. R.D., Miniard. P.W. (2018). Perilaku konsumen Edisi keenam jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 55-68. doi: 10.14710/ jpu.12.1.1-14
Harris, S. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Kota Makassar (Doctoral Tessis, Universitas Bosowa).
Indrabayu, A., & Destiwati, R. (2022). Pengaruh Komunikasi Intrapersonal dan Fear of Missing Out terhadap Hedonisme pada Generasi Z di Denpasar. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2169-2175.
Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan konformitas terhadap perilaku konsumtif di kalangan generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323.
Przybylski, A.K., Muryama, K., DeHaan, C.R., dan Gladwell, V. (2013). Motivational, Emotional, and Behavior Correlates of Fear of Missing Out. Computer and Human Behavior, Vol. 29, pp. 1841-1848
Palilati, D. P. (2021). Analisis Dimensi Fear of Missing Out Terhadap Phubbingyang Dibedakan Berdasarkan Jenis Kelamin. Skripsi. Universitas Bosowa Makassar.
Sites, U. S. N. (2020). Peran harga diri terhadap Fear of Missing Out pada remaja pengguna situs jejaring sosial. Jurnal psikologi teori dan terapan, 10(2), 127-138.
Song, X., Zhang, X., Zhao, Y., & Song, S. (2017). Fearing of missing out (FoMO) in mobile social media environment: Conceptual development and measurement scale. IConference 2017 Proceedings.
Siddik, S., Mafaza, M., & Sembiring, L. S. (2020). Peran harga diri terhadap Fear of Missing Out pada remaja pengguna situs jejaring sosial. Jurnal psikologi teori dan terapan, 10(2), 127-138.
Sugiyono, (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Santrock, J. W. (2012). Perkembangan Masa-Hidup, Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Sumartono, & Djabar, H. B. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pesan iklan Televisi. Alfabeta.
Scully, K., & M. Moital. (2016). Peer Influence Strategies in Collectively Consumed Products. Young Consumer, 17(1), 46-63.
Wegmann, E., Oberst, U., Stodt, B., & Brand, M. (2017). Online-specific Fear of Missing Out and Internet-use expectancies contribute to symptoms of Internet communication disorder. Addictive Behaviours Reports, 5, 33-42. doi: 10.1016/j.abrep.2017.04.001
Winkel, W. S. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Wirasukessa, K., & Sanica, I. G. (2023). Fear Of Missing Out Dan Hedonisme Pada Perilaku Konsumtif Millennials: Peranmediasi Subjective Norm Dan Attitude. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 156-175.
Wood, M. (1998). Socio-Economic Status, Delay of Gratification, and Impulse Buying. Journal of Economic Psychology, 19(3), 295–320.
Yaputri, M. S., Dimyati, D., & Herdiansyah, H. (2022). The Correlation Between Fear of Missing Out (FoMO) Phenomenon And Consumptive Behaviour In Millennials. Eligible: Journal of Social Sciences, 1(2), 116-124.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Merys Trivina Sawe, Sri Hayati, Muh. Fitrah Ramadhan Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.