Analisis Pengaruh Tipe Pola Asuh Terhadap Sibling Rivalry Pada Remaja di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5587Keywords:
Sibling Rivalry, Pola Asuh, RemajaAbstract
Perkembangan anak pada masa remaja dasarnya dipengaruhi oleh kemampuan dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sosial budaya, adanya gangguan dalam masalah sosial anak disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya faktor keluarga dan hubungan dengan saudara kandung. Hubungan dengan saudara merupakan suatu dukungan terpenting dalam perkembangan anak. Sering kali konflik terjadi pada hubungan mereka, konflik yang tidak terselesaikan dan merusak hubungan inilah yang dinamakan sibling rivalry. Penelitian ini bertujuan untuk untuk melihat pengaruh pola asuh terhadap terjadinya sibling rivalry pada remaja di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan 395 responden remaja di kota Makassar, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan merupakan skala psikologi yaitu skala pola asuh dan skala sibling rivalry, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan pola asuh memberikan pengaruh terhadap sibling rivalry dengan kontribusi sebesar 18,3% (P=0,00, P<0.05). Ditemukan pengaruh pada pola asuh authoritarian terhadap sibling rivalry (P=0,000, P<0.05). Tidak ditemukan pengaruh pola asuh authoritative terhadap sibling rivalry (P=0,121, P>0.05). Tidak ditemukan pengaruh pada pola asuh permissive terhadap sibling rivalry (P=0,859, P>0.05). Ditemukan pengaruh pada pola asuh uninvolved terhadap sibling rivalry (P=0,001, P<0.05) dengan nilai kontribusi sebesar 18,3%.
References
Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. Journal of Early Adolescene, 11(1), 56-95.
Chaplin, J. K. (2000) .Kamus Lengkap Psikologi.Jakarta:PT Raja Grafindon Persada.
Damayanti, F. E., Kusumawati, D., Efendi, A., & Wiryanti, N. K. L. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Sibling Rivalry pada Anak Usia 3-6 Tahun: Studi Literatur. Nursing Information Journal, 2(1), 27-33.
Dinengsih, S., & Agustina, M. (2018). Hubungan antara pola asuh orang tua dan pengetahuan ibu terhadap sibling rivalry pada anak usia 3-5 tahun di TK Aisyiah Bantul Yogyakarta tahun 2017. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 4(1)
Ernawati, E., & Khariroh, S. (2021). Pengaruh Pola Asuh (Demokratis, Permisif, Otoriter dan Cuek) terhadap Sibling Rivalry pada Anak Prasekolah. Menara Medika, 4(1).
Hurlock, EB. (2010) Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Alih bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Hanum, A. L., & Hidayat, A. A. (2015). Faktor dominan pada kejadian Sibling rivalry pada Anak Usia Prasekolah. The Sun, 2(2), 14-20.
Kastenbaum, R. (1993). Encyclopedia of Adult Development. Canada: Library Materials
Kibtiyah, M. (2018). Sibling rivalry dalam perspektif Islam. Jurnal Psikologi Islam, 5(1), 45-58
Khasanah, N. N., & Rosyida, A. C. (2018). Kejadian Sibling Rivalry pada Anak Usia Sekolah. In Unissula Nursing Conference Call for Paper & National Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 53-57).
Kewa, V., Sudiwati, N. L. P. E., & Ardiyani, V. M. (2017). Hubungan pola asuh orang tua dengan reaksi sibling rivalry pada anak usia 3-4 tahun Di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).
Meinaro, Eko A dan Silalahi, Karlinawati. (2010). Keluarga Indonesia: Aspek dan Dinamika Zaman. Rajawali Press: Jakarta.
Muarifah, A., & Fitriana, Y. F. F. (2018). Sibling Rivalry: Bagaimana Pola Asuh dan Kecerdasan Emosi Menjelaskan Fenomena Persaingan Antar Saudara?. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 48-58.
Rofi’ah, S. (2013). Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia 1–5 tahun. Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science), 1(3), 152-159.
Ramadhana, R. N. (2016). Hubungan Sibling Rivalry Dengan Penyesuaian Sosial Pada Anak Usia 11 “12 Tahun Di Sd 02 Genuk Ungaran Kabupaten Semarang. Jurnal Kebidanan.
Samio, S. (2018). Aspek–Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 36-43.
Santrock, J. W. (2013). Adolescence (Fifteenth). McGraw-Hill Education
Shaffer, D. R., & Kipp, K. (2010). Development psychology: childhood and adolescence (8 th ed.). Belmont: Wadsworth, Cengage Learning.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmeed Imanuddin Kholil, A. Nur Aulia Saudi, Muh. Fitrah Ramadhan Umar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








