Identifikasi Adaptabilitas Karir Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Makassar

Authors

  • Santri Sabillah Waode Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Arie Gunawan Hazairin Zubair Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5591

Keywords:

Identifikasi, Adaptabilitas Karir, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat adaptabilitas karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap 265 siswa kelas XII SMA Negeri 2 Makassar. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala CAAS oleh Savickas yang telah diadaptasi dan dimodifikasi peneliti sebelumnya (Tambaru, 2021), dengan nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0,908. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat adaptabilitas karir siswa SMA Negeri 2 Makassar secara umum berada dalam tingkat kategori Sangat Tinggi sebesar 70.6%. Berdasarkan hasil analisis terhadap setiap aspek terdapat aspek kepedulian karir (concern) dengan kategori Sangat Tinggi 91.3%, Tinggi 8.3%, Sedang 0.4%, Rendah 0.0%, Sangat Rendah 0.0%, aspek pengendalian karir (control) dengan kategori Sangat Tinggi 72.1%, Tinggi 26.0%, Sedang 1.1%, Rendah 0.8%, Sangat Rendah 0.0%, aspek keingintahuan karir (curiosity) dengan kategori Sangat Tinggi 70.2%, Tinggi 23.4%, Sedang 5.3%, Rendah 1.1%, Sangat Rendah 0.0%, aspek keyakinan karir (confidence) dengan kategori Sangat Tinggi 56.6%, Tinggi 33.6%, Sedang 9.1%, Rendah 0.4%, Sangat Rendah 0.4%.

References

Akmal, S. Z., Arlinkasari, F., & Brebahama, A. (2016). Intervensi untuk meningkatkan kematangan karier pada siswa MA CC. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan PKM Kesehatan: Pemanfaatan Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Percepatan Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia, 311–322.

Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2023). Kesulitan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa. Journal of Islamic and Contemporary Psychology, 3(1), 131–143. doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12353

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chong, S., & Leong, F. T. L. (2015). Antecedents of Career Adaptability in Strategic Career Management. Journal of Career Assessment, 1–13. 10.1177/1069072715621522

Hartung, P. J., & Cadaret, M. C. (2017). Career Adaptability: Changing Self and Situation for Satisfication and Success, 15 – 28. 10.1007/978-3-319-66954-0_2

Jayati, B. D., & Nuryono, W. Pemanfaatan Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. Jurnal BK Unnesa, 8(1), 1–12.

Kusrini, A., & Saraswati, S. (2022). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Kelekatan Orang Tua dengan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(3), 311–318. doi.org/10.26539/teraputik.53856

Lippa, R. A. (2010). Gender Differences in Personality and Interest: When, Where, Why ?. Social and Personality Psychology Compass, 4(11), 1098–1110. doi.org/10.1111/j.1751-9004.2010.00320.x

Mardiaty, B. D., & Yuniawati, R. (2015). Perbedaan Adaptabilitas Karir Ditinjau Dari Jenis Sekolah (SMA dan SMK). Jurnal Empathy, 3(1), 31–41. 10.12928/empathy.v3i1.3033

Negru-Subtirica, O., Pop, E. I., Crocetti, E. (2015). Developmental Trajectories and Reciprocal Associations Between Career Adaptability and Vocational Identity: Athree-Wave Longitudinal Study with Adolescents. Journal of Vocational Behavior, 88, 131–142. doi.org/10.1016/j.jvb.2015.03.004

Patton, W., & McMahon, M. (2014). Career Development and Systems Theory: Connecting Theory and Practice 3rd Edition. Sense Publishers: Boston.

Santos, A., Wang, W., & Lewis, J. (2018). Emotional Intelligence and Career Decision Making Difficulties: The Mediating Role of Career Decision Self Efficacy. Journal of Vocational Behavior, 107, 295–309. 10.1016/J.JVB.2018.05.008

Savickas, M. L. (1997). Career Adaptability: An Integrative Construct for Life-Span, Life-Space Theory, 45(3), 247–259. doi.org/10.1002/j.2161-0045.1997.tb00469.x

Savickas, M. L. (2002). Reinvigorating the Study of Careers. 61(3), 381–385. 10.1006/jvbe.2002.1880

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2011). Revision of The Career Maturity Inventory: The Adaptability Form. Journal of Career Assessment, 19(4), 355–374. doi.org/10.1177/1069072711409342

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, Reliability, and Measurement Equivalence Across 13 Countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673. doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011

Savickas, M.L. (2005). The Theory and Practice of Career Construction In S.D. Brown & R.W. Lent (Eds). Career Development and Counselling: Putting Theory and Research to Work (42-70). Hoboken, NJ: Willey.

Sisca & Gunawan, W. (2015). Gambaran Adaptabilitas Karir Remaja. Jurnal Psikologi, 11(2), 111-119. 10.24014/JP.V11I2.1402

Soresi, S., Nota, L., & Ferrari, L. (2012). Career Adapt-Abilities Scale-Italian form: Psychometric Properties and Relationships to Breadth of Interests, Quality of Life, and Perceived Barriers. Journal of Vocational Behavior, 80, 705–711. doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.020

Sujana, T., Prasetya, A. F., & Gunawan, I. M. S. (2023). Pengembangan Media Eksplorasi Karir Melalui Bimbingan Klasikal Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Visionary, 11(1), 54–60. doi.org/10.33394/vis.v11i1.7305

Sunarya, A. (2014). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Adaptabilitas Karir Peserta Didik : Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Peserta didik SMA di Kabupaten Bandung.

Super, D. E. (1980). A Life-Span, Life-Space Approach to Career Development. Journal of Vocational Behavior, 16, 282–298. doi.org/10.1016/0001-8791(80)90056-1

Tambaru, A. T. (2021). Perbandingan Social Support Dan Hope Sebagai Prediktor Terhadap Adaptabilitas Karir Siswa SMA Dan SMK. Skripsi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Waode, S. S., & Zubair, A. G. H. (2025). Identifikasi Adaptabilitas Karir Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 5(1), 194–200. https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5591