Gambaran Subjective Well-Being pada Guru Honorer di Mamuju Tengah
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5822Keywords:
Subjective Well-Being, Guru Honorer, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Subjective Well-Being pada guru honorer di Mamuju tengah. Responden terdiri dari guru honorer yang berdomisili di Mamuju Tengah yang berjumlah 288 orang. Penelitian ini menggunakan alat ukur The Satisfaction with Life Scale (SWSL) untuk mengukur aspek kognitif dan Scale of Positive and Negative Experience (SPANE) untuk mengukur aspek afektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kebervariasian pada tingkat Subjective Well-Being pada guru honorer di kota Mamuju Tengah. Berdasarkan hasil analisis deskriptif juga ditemukan tingkat Subjective Well-Being yang tertinggi pada guru honorer di Mamuju Tengah terdapat pada kategori tinggi.
References
Ardi, Sucipto. (2008). “Nasib Guru Honorer Murni” Opini. Tabloid Pena: Edisi II Tahun 1.
Balkis, A. S., & Masykur, A. M. (2016). Memahami Subjective Well-Being Guru Honorer Sekolah Dasar Negari (Sebuah Studi Kualitatif Fenomenologis). Jurnal Empati, 223-228.
Boarini, R., Comola, M., Smith, C., Manchin, R., & De Keulenear, F. (2012). What makes for a better life?: The determinants of Subjective Well-Being in OECD countries-Evidence from the Gallup World Poll
Craswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. California: Sage.
Craswell, J. W. (2008). Educational Research, Planning, Conducting, and Evaluating Qualitative and Qualitative Research: 3rd Edition. New Jersey: Pearson.
Diener, E. (2000). Subjective Well-Being The Science of Happiness and a proposal for a national index. Journal of American Psychologist, 55(1), 34- 43. Doi: 10.1037//0003-066X.55.1.34
Diener, E. (2000). Subjective Well-Being:The Science of Happiness and a Proposal for a National Index. American Psychologist, 34-43.
Diener, E & Suh, E. (2003). Culture and Subjective well being. London : The MIT Press
Diener, E., Lucas, R. E., & Oishi, S. (2005). Subjective Well-Being: The science of happiness and life satisfaction. In C. R. Snyder & S. J. Lopez (Eds.), The handbook of positive psychology (pp. 63–73). New York [N.Y.]: Oxford University Press.
Diener, E. (2009). Subjective Well-Being In E. Diener (Ed). The Science Of Well- Being. New York: Spinger Science Businnes Media.
Diener, E., & Lucas, R. (2009). Personality And Subjective Well-Being. New York: Spinger Science Business Media
Diponegoro, A. M. (2009). Psikologi Konseling Islam dan Psikologi Positif. Yogyakarta: UAD Press.
Dodge, R., Daly, A., Huyton, J., & Sanders, L. (2012). The Challenge Of Defining Wellbeing. International Journal of Wellbeing, 222-235.
Eid, M & Larsen, R. J. (2008). The Science of Subjective Well-Being. New York: Spring.
Eddington, N., & Shuman, R. (2008). Subjective Well-Being (Happines). California: Continuing Psychology Education Inc.
Fajriani, I. T., & Suprihatin, T. (2017). Harga Diri, Kepuasan Kerja Dan Kesejahteraan Subjektif Pada Guru Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Proyeksi, 67-76.
Firmansyah, I., & Widuri, E. L. (2014). Subjective Well-Being Pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Jurnal Empathy, 1-8.
Herdiansyah, H. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial: Perspektif Konvensional dan Kontemporer. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Haerunniza, H., AS, N. S., & Surur, F. (2020). Analisis Pengembangan Kecamatan Topoyo Sebagai Daerah Penyangga di Kabupaten Mamuju Tengah Berbasis Potensi Wilayah. Jurnal Penataan Ruang, 15(2), 36.
Ied, M., & Larsen , R. (2008). The Science Of Subjective Well-Being. New York: The Guilford Press. Ini Tiga Masalah Serius Guru Honorer (2021, 06 februari). Republika.co.id di akses pada tanggal 10 Juli 2023 dari https://www.republika.co.id /berita/qo3ujp428/ini-tiga-masalah-serius-guru-honorer Jumlah Kepala Sekolah dan Guru menurut Status Kepegawaian tiap Propinsi. (2021). Pusat Data Dan Teknologi Informasi Kemdikbud. https://statistik.data.kemdikbud.go.id/.
Lopez, S., Pedrotti, J. T., & Synder, C. (2006). Positif Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. California: SAGE.
Minkov, M. (2009). Predictor of Differences in Subjective Well-Being. Cross- Cultural Research, 152-179.
Moleong, L. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, M. L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Mulyasa. (2017). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Myers, D., & Diener, E. (1995). Who is happy? Psychological Science. Journal of Psychology, 10-19. Miranda, N., & Amna, Z. (2016). Perbedaan Subjective Well-Being pada dewasa awal ditinjau dari status pernikahan di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi, 1(4).
Nugraha, A. R., Setianingsih, E., Putri, F. W., Jaelani, W. R., & Vichaully, Y. (2022). Problematika Guru Honorer dan Guru Nondik di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10019-10025
Nugroho, Y. (2018, November Minggu). Pemerintah Godok Tiga Alternatif Solusi Untuk Guru Honorer. Retrieved Mei Selasa, 2019, from Kantor Staf Presiden: http://ksp.go.id/pemerintah-godok-tiga-alternatif-solusi-untuk- guru-honorer/
Polkingkorne, D. E. (1989). Phenomenological Research Methods. New York: Plenum.
Poerwandari, E. (2005). Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Russell, J. E. (2008). Promoting Subjective Well-Being at Work. Journal Of Career Assessment, 117-131.
Romdin, R. R. (2020, Februari 20). Kesejahteraan Subjektif Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri Di Gugus 02 Kecamatan Tiga Raksa. Tesis
Ryff, C., & Keyes, L. C. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 719-727.
Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muh. Awal Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








