Fear of Failure dan Perannya dalam Peningkatan Kecemasan Akademik Mahasiswi Penyusun Skripsi di Kota Makassar

Authors

  • Cherine Octriamy Rengkung Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Naftalen Koanda Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Muh. Fitrah Ramadhan Umar Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5823

Keywords:

Fear of Failure, Kecemasan Akademik, Mahasiswi, Skripsi

Abstract

Saat mengerjakan skripsi, tidak sedikit mahasiswi mengalami kecemasan akademik karena berbagai hambatan yang dihadapi dalam prosesnya dan membuat mereka merasa tidak yakin apakah dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat dan menjelaskan pengaruh fear of failure terhadap kecemasan akademik mahasiswi yang sedang menyusun skripsi. Beberapa implikasi seperti usia, asal perguruan tinggi dan program studi juga diteliti. Data dikumpulkan dengan skala The Performance Failure Appraisal Inventory dan kuesioner kecemasan akademik kemudian dianalisis dengan menggunakan uji deskriptif, regresional, normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara khusus ada pengaruh fear of failure terhadap kecemasan akademik mahasiswi yang sedang menyusun skripsi (nilai sig. <0.05) dengan kontribusi sebesar 50% dan nilai konstanta sebesar 46.332, dengan koefisien regresi sebesar 0.493 serta nilai t sebesar 18.939. Hasil ini menunjukkan arah yang positif, artinya semakin tinggi tingkat fear of failure, maka semakin tinggi pula tingkat kecemasan akademik pada mahasiswi yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini menunjukkan bahwa fear of failure berperan signifikan dalam meningkatkan kecemasan akademik mahasiswi yang sedang menyusun skripsi di Kota Makassar. Fear of failure, baik terkait ekspektasi diri maupun orang lain, mempengaruhi kesejahteraan mental dan kinerja akademik seperti kecemasan akademik. Oleh karena itu, diperlukan dukungan psikologis dari institusi pendidikan untuk membantu mahasiswa mengelola kecemasan dan mengatasi fear of failure, guna meningkatkan kinerja dan kesejahteraan akademis mereka.

References

Ader, E., & Erktin, E. (2010). Coping As Self-Regulation Of Anxiety: A Model For Math Achievement In High-Stakes Tests. n Interdisciplinary Journal, 14(4), 311–332.

Adryana, N. C., Apriliana, E., & Oktaria, D. (2020). Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tingkat I, II dan III Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 9(2).

Al-Hasmi, R., Noviekayati, I., & Rina, A. P. (2022). Kecemasan pada mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi: Bagaimana peran kepercayaan diri? Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 98–109.

Anwar, U.N.K (2022). Gambaran Fear Of Failure Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Kota Makasssar. (Skripsi Sarjana, Universitas Bosowa) https://repository.unibos.ac.id/xmlui/handle/123456789/3124

Aristawati, A., R., Pratitis, N., & Ananta, A. (2020). Kecemasan Akademik Mahasiswa Menjelang Ujian Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 73–80.

Arjanggi, R., & Kusumaningsih, L. P. S. (2016). College Adjustment of First Year Students: The Role of Social Anxiety. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(1), 30. https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i1.4273

Bukit, E., & Widodo, Y. H. (2022). Tingkat Kecemasan dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Perantau Berdomisili di Yogyakarta. Jurnal of Counseling and Personal Development, 4(1), 1–6.

Chatterjee, I., & Sinha, B. (2013). Perception of Academic Expectations of Parental Among High School Boys and Girl and Their Pshychological Consequenc. International Journal, 2, 2277– 7881.

Conroy, D. E. (2003). Representational Models Associated With Fear of Failure in Adolescents and Young Adults. Journal of Personality, 71(5), 757–784. https://doi.org/10.1111/1467-6494.7105003 Conroy, D. E. (2004). The Unique Psychological Meanings of Multidimensional Fears of Failing. Journal of Sport and Exercise Psychology, 26(3), 484–491. https://doi.org/10.1123/jsep.26.3.484

Conroy, D. E., Kaye, M. P., & Fifer, A. M. (2007). Cognitive Links Between Fear Of Failure And Perfectionism. Journal of Rational-Emotive & Cognitive-Behavior Therapy, 25(4), 237–253. https://doi.org/10.1007/s10942-007-0052-7

Conroy, D. E., Poczwardowski, A., & Henschen, K. P. (2001). Evaluative Criteria and Consequences Associated with Failure and Success for Elite Athletes and Performing Artists. Journal of Applied Sport Psychology, 13(3), 300–322. https://doi.org/10.1080/104132001753144428

Conroy, D. E., Willow, J. P., & Metzler, J. N. (2002). Multidimensional Fear of Failure Measurement: The Performance Failure Appraisal Inventory. Journal of Applied Sport Psychology, 14(2), 76–90. https://doi.org/10.1080/10413200252907752

Dobos, B., Piko, B. F., & Mellor, D. (2021). What makes university students perfectionists? The role of childhood trauma, emotional dysregulation, academic anxiety, and social support. Scandinavian Journal of Psychology, 62(3), 443–447. https://doi.org/10.1111/sjop.12718

Elliot, A. J., & Thrash, T. M. (2004). The Intergenerational Transmission of Fear of Failure. Personality and Social Psychology Bulletin, 30(8), 957–971. https://doi.org/10.1177/0146167203262024

Fitriana, A., & Kurniasih, N. (2021). PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Mahasiswa PAI yang Aktif Berorganisasi Di IAIIG Cilacap). 5(1).

Fransiska, E. A., Putri, T. H., & Ligita, T. (2024). Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kecemasan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 16(1).

Gafur, H. (2015). Mahasiswa & Dinamika Dunia Kampus. CV. Rasi Terbit.

Genereux, R. L., & McLeod, B. A. (1995). Circumstances surrounding cheating: A questionnaire study of college students. Research in Higher Education, 36(6), 687–704. https://doi.org/10.1007/BF02208251

Hadi, S. (2001). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayat, A. A. A. (2007). Metode penelitian keperawatan dan teknik analisis data. Salemba Medika.

Hidayatillah, N. (2022). Kecenderungan Perfectionist, Fear Of Failure, Dan Academic Anxiety Pada Mahasiswa Di Kota Makassar. (Skripsi Sarjana, Universitas Bosowa) https://repository.unibos.ac.id/xmlui/handle/123456789/2871.

Hooda, M., & Saini, A. (2018). Academic Anxiety: An Overview.

Hooley, J. M., Butcher, J. N., Nock, M. K., & Mineka, S. (2018). Abnormal Psychology (17 ed.). Pearson Education, Inc.

Huberty, T. J. (2009). Test and Performance Anxiety.

Hulukati, W., & Djibran, Moh. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik), 2(1), 73. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Istiantoro, D. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 3 Bantul. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63560

Kartika, D., & Aviani, Y., I. (2020). Faktor – Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3544–3549.

Kusumah, I. (2007). Risalah pergerakan mahasiswa (Cet. 1). Indydec Press.

Lestari, D., D., & Yudiarso, A. (2022). Studi meta analisis: Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan. Jurnal Psikologi Udayana, 9(1), 40–49. https://doi.org/10.24843/JPU/2022.v09.i01.p05

Lestari, W., & Wulandari, D. A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Yang menyusun Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19 semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. PSIMPHONI, 1(2), 99. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v1i2.8174

Limbong, M. (2020). Hubungan Fear Of Failure dan Anxiety dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Magister Psikologi Universitas Medan Area. (Tesis Magister, Universitas Medan Area) https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/15965

McCabe, D. (1999). Academic Dishonesty Among High School Student. Adolescence, 34(136). Nainggolan, L. (2007). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua Dengan Ketakutan Akan Kegagalan Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. (Skripsi Sarjana, Universitas Diponegoro)

Novitria, F., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1).

Oematan, C., S. (2013). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1–7.

Ottens, A., J. (1991). Coping With Academy Anxiety (Rivised edition). New York: The Rosen Publishing Group, Inc.

Pasiak, T. (2009). Unlimited Potency of the Brain: Kenali dan Manfaatkan Sepenuhnya Potensi Otak Anda yang Tak Terbatas (1 ed.). Mizan Pustaka.

Patil, S. K., Patkar, U. S., & Patkar, K. U. (2016). Comparision of Levels of Stress in Different Years of M.B.B.S. Students in A Medical College—An Observational Study. 3(6).

Ph, L., Susanti, Y., & Arisanti, D. (2018). Tingkat Ansietas Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi.

Community of Publishing in Nursing, 6(2).

Posel, D., Oyenubi, A., & Kollamparambil, U. (2021). Job loss and mental health during the COVID-19 lockdown: Evidence from South Africa. Evidence from South Africa. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0249352

Pradini, R. F. B., & Sera, D. C. (2021). Fear Of Failure Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi COVID-19.

Prawitasari, J., E. (2012). Psikologi Terapan Melintas Batasan Ilmu. Erlangga.

Ramadhan, A. F., Sukohar, A., & Saftarina, F. (2019). Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Medula, 9(1), 78–82.

Sari, A. W., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2017). Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Sekolah Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Jurusan Dan Daerah Asal Serta ImplikasI. Bikotetik

(Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik), 1(2), 37. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p37-42

Sula, K., & Kristianingsih, S., A. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kecemasan Akademik terhadap Ujian Praktik pada Mahasiswa UKSW. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 4523–4527

Suratmi, Abdullah, R., & Taufik, M. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil

Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal Pembelajaran BiologI, 4(1). Susilo, T. E. P., & Eldawaty. (2021). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Prodi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah BK, 4(2), 105–113.

Valiante, G., & Pajares, F. (2022). The Inviting/Disinviting Index: Instrument Validation and Relation to Motivation and Achievement. Journal of Invitational Theory and Practice, 6(1), 28–47. https://doi.org/10.26522/jitp.v6i1.3852

Wattimena, E.P. (2017). Pengaruh Fear Of Failure dan Perfeksionisme Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi di Fakultas Teknologi Informasi

UKSW. (Tesis Magister, Universitas Kristen Satya Wacana) https://repository.uksw.edu/handle/123456789/16451

Widigda, I. R., & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 190–199.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rengkung, C. O., Koanda, N. ., & Umar, M. F. R. . (2025). Fear of Failure dan Perannya dalam Peningkatan Kecemasan Akademik Mahasiswi Penyusun Skripsi di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 5(1), 214–222. https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5823