Fear of Negative Evaluation dan Perilaku Asertif Mahasiswa di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5826Keywords:
Fear of Negative Evaluation (FNE), Asertif, MakasiswaAbstract
Dalam melakukan interaksi sosial, individu yang memiliki perilaku asertif dapat mengekspresikan apa yang diinginkan, dipikirkan, dan dirasakan. Namun masih terdapat individu yang tidak merasa takut dan khawatir dalam mengeskpresikan dirinya dalam berinteraksi antar individu lainnya. Fear of Negative Evaluation adalah alasan mengapa individu tersebut menjadi tidak asertif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Fear of Negative Evaluation terhadap perilaku asertif pada mahasiswa di kota Makassar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probabilitas dengan metode teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 372 subjek. Peneliti menggunakan skala Fear of Negative Evaluation dan Assertiveness Formative Questionnaire dengan menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fear of Negative Evaluation dapat menjadi pengaruh terhadap perilaku asertif pada mahasiswa di kota Makassar (p=0.000;p < 0.05) dengan kontribusi sebesar 2.6% (R Square = 0.026). Penelitian ini memiliki arah negatif dengan nilai koefisien regresi sebesar -0.114, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi Fear of Negative Evaluation maka perilaku asertif mahasiswa di kota Makassar semakin rendah. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah Fear of Negative Evaluation maka semakin tinggi perilaku asertif mahasiswa. Meskipun hasil penelitian menunjukkan kontribusi yang rendah pada Fear of Negative Evaluation terhadap perilaku asertif pada mahasiswa di kota Makassar, penelitian ini juga membahas terkait variabel lain yang memiliki pengaruh lebih besar dari Fear of Negative Evaluation pada perilaku asertif.
References
Albaar. A. H. (2018). Fear of negative evaluation dan mental toughness pada student athlete. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Alberti, R & Emmons, M. (2002). Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur Pada Diri Sendiri. Alih bahasa: Ursula G. Buditjahja. Jakarta: PT. Elex Media Komputido.
Erickson, A. G., & Noonan, P. M. (2018). The Skill That Matters: Teaching Interpersonal and Intrapersonal Competencies In Any Classroom. Thousand Oaks, CA: Corwin.
Farihah, M., & Rachman, I. K. (2017). Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Berbasis Islam Untuk Mengatasi Kecemasan Sosial Narapidana. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 62-76.
Hurlock. (2000). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Larijani, T. T., Aghajani, M., Baheiraei, A., & Neiestanak, N. S. (2010). Relation of assertiveness and anxiety among Iranian University students. Journal of psychiatric and mental health nursing, 17(10), 893-899
Nevid, J. S., & Rathus, S. A. (2016). Psychology and the challenges of life : adjustment and growth. 13th Edition. United States: Clearance Center.
Nurrahmah, N., Titin, P. F., & Radde, H. A. (2021). Harga Diri, Regulasi Emosi, dan Perilaku Asertif pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Karakter, 1(1), 07-16.
Prabha, H., & Babu, K. (2021). Assertiveness and fear of negative evaluation among young adults. The International Journal of Indian Psychology, 9(2), 408-416.
Puji, G. A. K. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).
Robinson, J. D. (2010). How do negative evaluation sensitivity, anxiety sensitivity, and expectancy combine to determine fear in people who stutter and people who do not stutter? (Doctoral dissertation, Wichita State University).
Shabani, M.B. (2012). Levels and sources of language anxiety and fear of negative evaluation among Iranian EFL learners. Theory and Practice in Language Studies, 2(11).
Sunkarapalli, G., & Agarwal, T. (2017). Fear of Negative Evaluation and Perfectionism in Young Adults. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22, 53-60.
Suroso, A. F. (2022). Pengaruh Kelekatan Dengan Orangtua Terhadap Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).
Talhat, K & Aslam, N. (2012). Fear of negative evaluation and psychological distress among patients of drug addiction. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 38 (3), 44 – 54.
Vassilopoulos, S.P. (2005). Social anxiety and the vigilance-avoidance pattern of attentional processing. Behavioral & Cognitive Psychotherapy, 33, 13 – 24.
Watson, D., & Friend, R. (1969). Measurement of social-evaluative anxiety. Journal of consulting and clinical psychology, 33(4), 448.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arifah Azis, Titin Florentina Purwasetiawatik, Patmawaty Taibe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








