Perilaku Phubbing dan Implikasinya terhadap Jenis Kelamin pada Generasi Z di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5828Keywords:
Smartphone, Phubbing, Jenis KelaminAbstract
Penggunaan smartphone selama interaksi tatap muka dianggap mengganggu kualitas komunikasi, menyinggung perasaan, dan pertanda kurangnya perhatian. Fenomena yang mengabaikan seseorang demi fokus pada smartphone ini disebut phubbing. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan tujuan penelitian melihat perbedaan perilaku phubbing berdasarkan jenis kelamin. Data dikumpulkan menggunakan menggunakan skala general scale phubbing kemudian dianalisis menggunakan uji deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai p = 0.112 dimana nilai tersebut lebih besar dari standar taraf signifikansi 0.05. Dari data ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan perilaku phubbing antara generasi Z yang berjenis kelamin laki-laki dan genereasi Z yang berjenis kelamin perempuan diterima.
References
Aagaard, J. (2020). Digital akrasia: a qualitative study of Phubbing. Ai & Society, 35(1), 237-244.
Al-Saggaf, Y., & O’Donnell, S. B. (2019). Phubbing: Perceptions, reasons behind, predictors, and impacts. Human Behavior and Emerging Technologies, 1(2), 132–140.
Budiono, A. N. (2020). Phubbing dan Komunikasi Sosial. Jember: Penerbit UIJ Kyai Mojo.
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2016). How “Phubbing” becomes the norm: The antecedents and consequences of snubbing via Smartphone. Computers in Human Behavior, 63, 9-18.
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018). Measuring phone snubbing behavior: Development and validation of the Generic Scale of Phubbing (GSP) and the Generic Scale of Being Phubbed (GSBP). Computers in Human Behavior, 88, 5-17.
Haomasan, P., & Nofharina, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone Tehadap Pola Komunikasi Interpesonal Siswa Smp Negeri 50 Bandung. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–7.
Jocom, N. (2013). Peran Smartphone Dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi). Acta Diurna Komunikasi, 2(1).
Karadag, E., Tosuntas, S. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Sahin, B. M.,& Babadag, B. (2015). Determinants Of Phubbing, Which Is The Sum Of Many Virtual Addictions: A Structural Equation Model. Journal of Behavioral Addictions, 4(2), 60-74.
Listyawati, R. (2018). Perilaku Phubbing Pada Remaja Di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Lestari, B. D., & Suratmini, D. (2024). Hubungan Jenis Kelamin dengan Perilaku Phubbing pada Remaja Pengguna Instagram. Jurnal Keperawatan, 16(2), 727-740.
Listyawati, R. (2018). Perilaku Phubbing Pada Remaja Di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Lestari, B. D., & Suratmini, D. (2024). Hubungan Jenis Kelamin dengan Perilaku Phubbing pada Remaja.
Normawati, M. S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh kampanye “let’s disconnect to connect” terhadap sikap anti Phubbing (survei pada followers official account line starbucks indonesia). Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164.
Rastati, R. (2018). Media literasi bagi digital natives: perspektif generasi Z di Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 60-73.
Seemiller, C., & Grace, M. (2018). Generation Z: A century in the making. Routledge.
Youarti, I. E. & Hidayah, N. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143-152.
Yakub, E., & Mardes, S. (2023). Analisis perilaku Phubbing dan faktor penyebabnya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 723-735.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fidela Evania Fauzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








