Suara Gen Z: Persepsi Politik dan Partisipasi Politik di Kota Makassar

Authors

  • Nurul Mutmainna Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Patmawaty Taibe Fakultas Psikologi, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5829

Keywords:

Persepsi Politik, Partisipasi Politik, Gen Z

Abstract

Generasi Z merupakan bagian integral dari pemilih Indonesia dan menyumbang porsi signifikan (bersama generasi milenial mencapai 50%) dalam pemilihan umum 2024. Terdapat laporan bahwa partisipasi Generasi Z dalam aktivitas politik cenderung rendah. Meskipun ada data tentang tingkat partisipasi pemilih secara umum, belum ada penelitian spesifik yang mengeksplorasi secara mendalam bagaimana Gen Z di Kota Makassar mempersepsikan politik dan sistem politik yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh dari persepsi politik terhadap partisipasi politik Gen Z di kota Makassar. Data dikumpulkan dengan skala Perspsai politik dan Partisipasi Politik kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Normalitas, Linearitas dan uji Regresi linear Sederhana. Hasil penelitan ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara persepsi politik dan partisipasi politik pada Generasi Z di Kota Makassar. Hasil analisis menunjukkan nilai R square sebesar 0,311 dengan signifikansi 0,000, yang berarti persepsi politik memiliki pengaruh sebesar 31,1% terhadap partisipasi politik Gen Z di Makassar. Hasil menunjukkan bahwa 68,9% partisipasi politik dipengaruhi oleh faktor lain di luar persepsi politik. Ini mengimplikasikan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi dan memahami faktor-faktor lain tersebut.

References

Boulianne, S., & Theocharis, Y. (2020). Young people, digital media, and engagement: A meta-analysis of research. Social Science Computer Review, 38(2), 111-127. https://doi.org/10.1177/0894439318814190

BPS. (2019). Kota Makassar dalam Angka 2019.

Braton (2009) Kepercayaan politik dan partisipasi politik pemula, Mediasi 4 (1): 1/6

Hooghe, M., & Marien, S. (2013). A comparative analysis of the relation between political trust and forms of political participation in Europe. European Societies, 15(1), 131-152. https://doi.org/10.1080/14616696.2012.692807

Lukman, N. A., Siregar, H., & Nainggolan, C. (2024). Peran Media Sosial Terhadap Pembentukan Persepsi Gen Z dalam Pemilihan Presiden 2024. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(3), 753–761.

Loader, B. D., Vromen, A., & Xenos, M. A. (2014). The networked young citizen: Social media, political participation and civic engagement. Information, Communication & Society, 17(2), 143-150. https://doi.org/10.1080/1369118X.2013.871571

Pontes, A. I., Henn, M., & Griffiths, M. D. (2019). Youth political (dis)engagement and the need for citizenship education: Encouraging young people's civic and political participation through the curriculum. Education, Citizenship and Social Justice, 14(1), 3-21. https://doi.org/10.1177/1746197917734542

Quintelier, E. (2015). Engaging adolescents in politics: The longitudinal effect of political socialization agents. Youth & Society, 47(1), 51-69. https://doi.org/10.1177/0044118X13507295

Ugur, O. (2020). Political Perception Of Generation Z In Turkey. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(11s), 493–500.

Zaller, J. R. (1992). The Nature and Origins of Mass Opinion (Cambridge Studies in Public Opinion and Political Psychology) (p. 382). http://www.amazon.com/Origins-Opinion-Cambridge-Political-Psychology/dp/0521407869

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mutmainna, N., & Taibe, P. (2025). Suara Gen Z: Persepsi Politik dan Partisipasi Politik di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 5(1), 296–302. https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5829