Self Esteem dan Self Disclosure pada Mahasiswa di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.5838Keywords:
Pengungkapan Diri, Harga Diri, MahasiswaAbstract
Self disclosure atau pengungkapan diri merupakan jenis komunikasi dimana kita dapat mengungkapkan informasi mengenai diri kita sendiri. Self disclosure menjadi hal yang harus dimiliki oleh mahasiwa dalam mengembangkan potensi diri dan membangun hubungan yang positif dilingkungan sosial. Salah satu faktor yang menyebabkan pengungkapan diri itu sendiri adalah self esteem, dimana individu yang memiliki rasa percaya diri akan merasa nyaman dengan diri sendiri dan tidak takut untuk menunjukkan siapa mereka sebenarnya. Mereka percaya bahwa mereka layak untuk dihargai, sehingga mereka lebih terbuka untuk berbagi pikiran dan perasaan mereka. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara self esteem dengan self disclosure pada mahasiwa di kota Makassar. Peneltian ini melibatkan 435 mahasiswa di kota Makassar dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala Self Disclosure untuk mengukur pengungkapan diri dan skala Self esteem untuk mengukur harga diri. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi metode Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara self esteem dan self disclosure pada mahasiswa di kota Makassar dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (<0.05) dan nilai korelasi pearson sebesar 0.294. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat self disclosure maka semakin tinggi pula tingkat self esteem pada mahasiswa di kota Makassar.
References
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Baumeister, R. F., Tice, D.M., & Hutton, D. G. (1989). Self-Presentational Motivations And Personality.
Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74.
Devito, J. A. (2011). The Interpersonal Communication Book (15th Edition). Pearson Education, Inc.
Devito, Joseph. (1997). Komunikasi Antar Manusia. Edisi Ke-5. Jakarta: Professional Books.
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure Dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130.
Hasanah, H., & Malik, M. N. (2020). Blended Learning In Improving Students’ Critical Thinking And Communication Skills At University. Cypriot Journal Of Educational Sciences, 15(5), 1295–1306.
Heatherton, T. E., & Polivy, J. (N.D.). Development And Validation Of A Scale For Measuring State Self-Esteem.
Juliana, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Konsep Diri Dan Self Disclosure Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Koneksi, 4(1), 29.
Pennebaker, J. W., Colder, M., & Sharp, L. K. (1990). Accelerating The Coping Process. Journal Of Personality And Social Psychology, 58(3), 528–537.
Pohan, F. A., & Dalimunthe, H. A. (2017). Hubungan Intimate Friendship Dengan Self-Disclosure Pada Mahasiswa Psikologi Pengguna Media Sosial Facebook. Jurnal Diversita, 3(2), 15.
Powell-Young, Y. M., Zabaleta, J., Velasco-Gonzalez, C., & Sothern, M. S. (2014). A Cohort Study Evaluating The Implications Of Biology, Weight Status And Socioeconomic Level On Global Self-Esteem Competence Among Female African-American Adolescents.
Sadtyadi, H., & Paramita, S. (2022). Analysis Of Academic Interpersonal Communication Factors In The Covid-19 Pandemic Period Of Buddhist College Students. Journal Of Educational And Social Research, 12(1), 144.
Santi, N. N., & Damariswara, R. (2017). Hubungan Antara, Self Esteem Dengan Self Disclosure Pada Saat Chatting Di Facebook. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 110–123.
Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eugrani Lilian Sareba, Muh. Fitrah Ramadhan Umar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








