Gambaran Pola Asuh Orang Tua Siswa yang Kurang Berprestasi (Underachiever) Tingkat SMA Kelas XII Tahun 2023 di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.6343Keywords:
Pola Asuh, Siswa, Orang TuaAbstract
Pola asuh orangtua merupakan gambaran tentang sikap dan prilaku orangtua dan anak dalam berinteraksi, berkomunikasi selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Pengasuhan ini memberikan perhatian, peraturan, disiplin, hadiah dan hukuman, serta tanggapan terhadap keinginan anaknya. sikap, prilaku dan kebiasaanya orang tua selalu dilihat, dinilai dan ditiru oleh anaknya kemudian semua itu secara sadar atau tidak sadar akan diresapi, kemudian kebiasaan baik untuk mendukung peningkatan prestasi belajar anak. Siswa yang berprestasi kurang (underachievement) berkenaan dengan suatu kesenjangan antara suatu performansi sekolah dan beberapa kemampuan yang sering diindikasikan dengan suatu indeks nilai hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua siswa yang kurang berprestasi(underachiever) tingkat SMA kelas XII di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 412 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala (angket) berdasarkan teori pola asuh oleh Baumrind (1991) dengan 4 tipe pola asuh yaitu authoritarium, authoritative, permissive, uninvolved. Berdasarkan hasil analisis deskriptif penelitian terhadap pola asuh pada siswa SMA yang kurang berprestasi di kelas XII sejumlah 412 responden di Kota Makassar lebih cenderung berada pada tipe pola asuh otoriter.
References
Adawiah Rabiatul. 2017. Jurnal Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan anak.
Anggryawan, I. H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3).
B.Uno Hamzah.2007.Teori Motivasi dan pengukurannya.Jakarta:Bumi Aksara.
Baumrind, D. (1967). Child care practices anteceding three patterns of preschool behavior. Genetic psychology monographs.
Baumrind, D. (1991). The Influence Of Parenting Style On Adolescent Competence And Substance Use. Journal Of Early Adolescence, 11(1), 5695.
Berk, L. E (2006). Chlid Development. New York: Pearson
Collins, W. A., & Steinberg, L. (2006). Adolescent Development in Interpersonal Context. In N. Eisenberg, W. Damon, & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology: Social, emotional, and personality development (pp. 1003–1067). John Wiley & Sons, Inc.
Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2).
Darsono, Max. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hakim, S. N. (2013). Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hartono. (2018). Bimbingan Karir. Jakarta: Prenadamedia.
Heck, R. (2009). Teacher Effectiveness and Student Achievement Investigating a Multilevel Cross-Classified Model. Journal of Educational Administrasi, 227-249.
Herawati, I., & Widiastuti, Y. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi. Journal of Accounting and Business Education, 1(3).
Hersey, P., & Blanchard, K.H. (1978). The Family game: A Situational Approach to Effective Parenting. Sydney: Addison-Wesley Publishing Company.
Hurlock, E. B. (2008). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Iswayuni, D., Adyatma, S., & Rahman, A. M. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri 1 Kurau dan SMA Negeri 1 Bumi Makmur. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 6(2).
Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva'ie, W. (2015). Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2).
Kusumawati, O. D. T., Wahyudin, A., & Subagyo, S. (2017). Pengaruh Pola Asuh, Lingkungan Masyarakat dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kecamatan Bandungan. Educational Management, 6(2), 87-94.
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Maccoby, E. E., & Martin, J. A. (1983). Socialization in the Context of the Family: Parent-Child Interaction. In P. H. Mussen, & E. M. Hetherington (Eds.), Handbook of Child Psychology: Vol. 4. Socialization, Personality, and Social Development (pp. 1-101). New York: Wiley.
Maslow, Abraham H., 1954. Motivation and Personality. New York: Harper and Bros.
Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).
Nasution, S. 1996. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Nasution,S. (1996;17). Prestasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Prabasari, B., & Subowo, S. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua dan gaya belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 549-558.
Purwanto, Ngalim. 1984. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remadja Karya.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), 326-336.
Santrock, JW. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5. Jilid 1. Jakarta: Erlangga gusdwitanti, H., & Tambunan, S. M. (2015). Kelekatan Dan Intimasi Pada Dewasa Awal. 8(1). Emotion, 36(2), 195–204. https://doi.org/10.1007/s11031-011-9235-8
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sayekti, A., Darmawati, D., & Sulistyandari, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter, Pola Asuh Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baturaden. Soedirman Economics Education Journal, 2(1), 21-34.
Slameto.1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara Spera, C. (2005). A review of the relationship among parenting practices, parenting styles, and adolescent school achievement. Educational psychology review, 17(2), 125-146. Sugiarto, A. P.,
Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulasmi, E. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Aspek Manajemen Belajar Siswa (Studi Pada Siswa SMP Gajah Mada Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1), 10-17.
Suwardi, D. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : PT. Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rita Silfitri, Musawwir Musawwir, Minarni Minarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








