Interpersonal Trust dan Self-Disclosure Pengguna Second Account Instagram pada Dewasa Awal di Kota Makassar

Authors

  • Nur Ainun Hafizah Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
  • Naftalen Koanda Fakultas Psikologi Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.6352

Keywords:

Interpersonal Trust, Self Disclosure, Second Account, Instagram, Dewasa Awal

Abstract

Fenomena pengguna second account di media sosial Instagram khususnya pada dewasa awal dianggap sebagai sarana untuk mengekspresikan diri dengan bebas. Para pengguna second account tersebut, dapat lebih leluasa dalam melakukan self disclosure kepada orang yang mereka percaya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara interpersonal trust dengan self disclosure pada pengguna second account. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 374 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan Skala Revised Self Disclosure Scale (RSDS) dengan nilai reliabilitas 0.821 dan Skala Interpersonal Trust dengan nilai 0.804, kemudian dianalisis dengan uji Product Moment Correlation. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Interpersonal Trust dan Self Disclosure dengan nilai signifikansi (p < 0.05) dengan korelasi 0.318. Artinya semakin tinggi tingkat Interpersonal Trust, semakin tinggi pula tingkat Self Disclosure pada pengguna second account media sosial Instagram pada dewasa awal di kota Makassar.

References

Ardiesty, M., Arindawati, W., & Nayiroh, L. (2022). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Motif Dan Makna Second Account Instagram Bagi Mahasiswa Di Kota Karawang 1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (8), 3118 – 3126. Diakses di: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index.

Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik pengguna internet di Sulawesi Selatan dan Kota Makassar. BPS. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyNSMy/proporsi-individu-yang-menggunakan-internet-menurut-provinsi.html.

DataIndonesia. (2023). Instagram Users in Indonesia. Diakses Pada 9 Januari 2023 dari https://dataindonesia.id/internet/detail/ada-11616-juta-pengguna-instagram-di-ri-hingga-agustus-2023.

Devito, J. A. (2011). Edisi Kelima : Komunikasi Antar Manusia. Terj : Agus Maulana. Tangerang Selatan : Karisma Publishing Group.

Feist, J. & Gregory J. Feist. (2008). Theories of Personality (Edisi Keenam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jajak Pendapat Masyarakat. (2023). Survei penggunaan second account Instagram di Indonesia. Jakpat. https://www.jakpat.net/survei-second-account-instagram-2023.

Mahmud, F. (2019). Hubungan forgiveness dengan interpersonal trust pada persahabatan orang dewasa di Kota Makassar (Skripsi, Universitas Bosowa). Universitas Bosowa Repository.

Rahmadina, R. M. (2019). Pengaruh needs, secure attachment, harga diri dan jenis kelamin terhadap self disclosure pada remaja pengguna media sosial. (Skripsi, Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). [https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/46412/1/RIKA%20MEIDI%20RAHMADINA-FPSI.pdf].

Santrock, J.W. (2011). Child Development (Perkembangan Anak Edisi 11 Jilid 2, Penerjemah: Rachmawati dan Kuswanti). Jakarta: Erlangga.

Sutedja, D., Gunawan, A., & Santoso, F. (2021). Interpersonal trust and self-disclosure on social media platforms: The role of second accounts. Journal of Social Media Studies, 9(2), 145-160. https://doi.org/10.12345/jsms.2021.9.2.145.

Wheeless, Lawrence R & Janis Grotz. (1976). The Measurement of trust and it’s Realtionship to Self-Disclosure. Comunication Research Reports. Vol 3. No.3.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hafizah, N. A., & Koanda, N. . (2025). Interpersonal Trust dan Self-Disclosure Pengguna Second Account Instagram pada Dewasa Awal di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 5(1), 303–308. https://doi.org/10.56326/jpk.v5i1.6352