Pendampingan Anak Tuna Netra SLB-A Yapti Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jsk.v1i2.1346Keywords:
Pendampingan, Tunanetra, SLB-A Yapti MakassarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang proses, pendampingan, dan evaluasi pembelajaran orientasi dan mobilitas bagi anak tunanetra di SBL-A YAPTI Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SLB-A YAPTI KotaMakassar. Subjek penelitia yaitu guru kelas siswa tunantera. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik. Proses pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan lima jam pelajaran dalam lima hari yang dilakukan sendiri oleh guru kelas, yang terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi dari rancangan dan proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan setelah pembelajaran orientasi dan mobilitas selesai..
This research aimed to knew and described the design, occompaniment, and evaluation of learning orientation and mobility for child Blind in SLB-A Yapti Makassar City. This research used a descriptive qualitative research method that was done in SLB-A Yapti Makassar City. The research subject was a class of visually impaired student teacher. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. Validity of data was tested using the triangulation technique. The process of learning is carried five hours of lessons in a five days conducted alone by the class teacher, consisting of three stages, namely preliminary activities, core activities and closing activities. Evaluation of the design and process of learning implementation is carried out after orientation and mobility learning is completed.
References
Anwas, Oss M. 2019. Pendampingan Masyarakat di Era Baru Global. Bandung: Alfabeta Berprestasi Usia Sekolah Dasar.Vol 01, No 1, 2018, Hal 1518. Universitas Pakuan.
Ife, Jime dan Tesoriero, Frank. 2014. Cummunity Development. Yokyakarta. Pustaka pelajar. Jones, Pip. Pengantar Teori-Teori Sosial.Hal 208, 2009.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Munir, Fitrah.Sosiologi Masyarakat. Vol 18, No 2, 2013.FISIP-UI: Pusat Kajian Sosiologi
M.2019. Pendampingan Masyarakat Di Era Global. Bandung: Alfabeta Masyarakat. Vol 29, Hal 55-66, 2011. Bogor.
Mudiarta, Ketut Gede. Perspektif Dan Peran Sosiologi Ekonomi Dalam Pembangunan Ekonomi Pengetahuan Konseptual Kepada Anak Tunanetra. Vol 2, No 1, 2015, Hal 11-23
Poloma, Margaret M. 2013. Sosiologi Kontemporer, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ritzer, George. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta. Rajawali Pers
Setiarani, Suci dan Yudhie Suchyadi. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tunanetra
Soekanto, Soerjono.2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif: R&D. Bandung: Alfabeta
Sztompka, Piotr. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Prenada Media Grup. Anwas, Oos
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Hilda Yana Sa, Asmirah Asmirah, Andi Burchanuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.