Pendampingan Anak Tuna Netra SLB-A Yapti Kota Makassar

Authors

  • Hilda Yana Sa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa
  • Asmirah Asmirah Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa
  • Andi Burchanuddin Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jsk.v1i2.1346

Keywords:

Pendampingan, Tunanetra, SLB-A Yapti Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang proses, pendampingan, dan evaluasi pembelajaran orientasi dan mobilitas bagi anak tunanetra di SBL-A YAPTI Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SLB-A YAPTI KotaMakassar. Subjek penelitia yaitu guru kelas siswa tunantera. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi teknik. Proses pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan lima jam pelajaran dalam lima hari yang dilakukan sendiri oleh guru kelas, yang terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi dari rancangan dan proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan setelah pembelajaran orientasi dan mobilitas selesai..

This  research  aimed  to  knew  and  described  the  design,  occompaniment,  and  evaluation  of learning orientation and mobility for child Blind in SLB-A Yapti Makassar City. This research used a descriptive qualitative research method that was done in SLB-A Yapti Makassar City. The research subject was a class of visually impaired student teacher. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. Validity of data was tested using the triangulation technique. The process of learning is carried five hours of lessons in a five days conducted alone by the class teacher, consisting of three stages, namely preliminary activities, core activities and closing activities. Evaluation of the design and process of learning implementation is carried out after orientation and mobility learning is completed.

References

Anwas, Oss M. 2019. Pendampingan Masyarakat di Era Baru Global. Bandung: Alfabeta Berprestasi Usia Sekolah Dasar.Vol 01, No 1, 2018, Hal 1518. Universitas Pakuan.

Ife, Jime dan Tesoriero, Frank. 2014. Cummunity Development. Yokyakarta. Pustaka pelajar. Jones, Pip. Pengantar Teori-Teori Sosial.Hal 208, 2009.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Munir, Fitrah.Sosiologi Masyarakat. Vol 18, No 2, 2013.FISIP-UI: Pusat Kajian Sosiologi

M.2019. Pendampingan Masyarakat Di Era Global. Bandung: Alfabeta Masyarakat. Vol 29, Hal 55-66, 2011. Bogor.

Mudiarta, Ketut Gede. Perspektif Dan Peran Sosiologi Ekonomi Dalam Pembangunan Ekonomi Pengetahuan Konseptual Kepada Anak Tunanetra. Vol 2, No 1, 2015, Hal 11-23

Poloma, Margaret M. 2013. Sosiologi Kontemporer, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ritzer, George. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta. Rajawali Pers

Setiarani, Suci dan Yudhie Suchyadi. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Tunanetra

Soekanto, Soerjono.2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif: R&D. Bandung: Alfabeta

Sztompka, Piotr. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial, Jakarta: Prenada Media Grup. Anwas, Oos

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Yana Sa, H., Asmirah, A., & Burchanuddin, A. (2021). Pendampingan Anak Tuna Netra SLB-A Yapti Kota Makassar. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 1(2), 63–66. https://doi.org/10.56326/jsk.v1i2.1346