Strategi Pedagang Ikan Keliling Dalam Meningkatkan Kehidupan Sosial Ekonomi Di Kelurahan Mautapaga Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggra Timur

Authors

  • Annisa Annisa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa
  • Nurmi Nonci Program Studi Ilmu Administrasi Negara Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Asmirah Asmirah Program Studi Ilmu Administrasi Negara Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jsk.v2i1.1532

Keywords:

Strategi, Pedagang, Ikan, Sosial, Ekonomi

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menggambarkan Strategi Pedagang Ikan Keliling dalam meningkatkan kehidupan sosial ekonomi di Kelurahan Mautapaga dan untuk menemukan strategi yang baru dan efektif untuk para pedagang ikan keliling agar usahanya bisa tetap eksis dan kehidupan keluarganya tetap selalu terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, (1) Strategi pedagang ikan keliling dalam meningkatkan kehidupan sosial ekonomi dengan cara meningkatkan pendidikan untuk anak-anak mereka, bekerja sama antar pedagang ikan, menjual ikan segar yang sesuai dengan selera pembeli, memberikan hutang kepada pembeli khususnya pelanggan jika telah mendapatkan kembali modal dan keuntungan, dan memberikan bonus kepada pembeli ketika musim ikan berlimpah, (2)  Faktor pendukung dan penghambat yaitu kesehatan, modal, selera pembeli, faktor alam seperti hujan, angin, dan ketika bulan terang.

The purpose of the writing of this article is to describe strategy fish traders roving in enhance the lives of socioeconomic in kelurahan mautapaga and to find a new strategy and effective for the traders mobile fish to their business can remain in existence and life family’s fixed can always be met.This study using methods kualitatif descriptive by the number of informants as many as 7 people .The conclusion of this research which is, ( 1 ) strategy fish traders roving in enhance the lives of the economy by social ways to improve education for their children, in cooperation between fish traders, sells fresh fish that is in accordance with tastes buyers , give a debt to the buyer especially their customers if have regained capital and profit , and give a bonus to the buyer when fish abundant season, ( 2 )  factors both supporters and a barrier that is, the health, capital, buyers tastes, natural factors such as rain, the wind, and when the moon light.

References

Capriati, Rossy. 2013. Strategi dan Perjuangan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kelurahan Pasar Pagi Kota Samarinda. Jurnal Sosiatri-Sosiologi: 1(2) :36-50. Samarinda: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman (Online)

Dahriani. 1995. Potret Pedagang Kaki Lima Di Pantai Losari Kotamadya Ujung Pandang (Skripsi). Program Strata Satu Universitas Hasanuddin

Damsar, 2009. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hayat, Muhammad. Strategi Bertahan Hidup Pedagang Kaki Lima (PKL). 2012. Jurnal Sosiologi Replektif: 6(2):63-73, Malang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang (online) http://www.e-jurnal.com/2015/01/startegi-bertahan-hidup-pedagang-kaki.html diakses kembali 20 Oktober 2016.

http://www.ejurnal.com/2014/05/strategi-dan-perjuangan-pedagang-kaki.html diakses kembali 19 Oktober 2016

Litimi, T. I., Halim, H., & Burchanuddin, A. (2021). Perilaku Sopir Angkutan Kota Terhadap Keselamatan Penumpang Di Kota Makassar: (Studi Kasus Terhadap Angkutan Trayek Sentral-BTP). Jurnal Sosiologi Kontemporer, 1(2), 46–53

Paganggi, R. R., Hamka, H., & Asmirah, A. (2021). Pergeseran Makna Dalam Pelaksanaan Upacara Adat Rambu Solo’ Pada Masyarakat Toraja: Studi Sosiologi Budaya di Lembang Langda Kecamatan Sopai Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 1(1), 09–20.

Soekamto, Soejono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suyanto, Bagong (editor). 2010. Perangkap Kemiskinan, Problem dan Strategi Pengentasannya. Surabaya: Universitas Air Langga

Tjokroamidjojo, Bintoro dan Mustopadidjaya. 2011. Teori Strategi Pembangunan Nasional. Jakarta: NV. Sapdodadi.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Annisa, A. ., Nonci, N., & Asmirah, A. (2022). Strategi Pedagang Ikan Keliling Dalam Meningkatkan Kehidupan Sosial Ekonomi Di Kelurahan Mautapaga Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggra Timur. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.56326/jsk.v2i1.1532