Dampak Pembelajaran Daring Pada Siswa SD Advent Durian Di Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jsk.v2i2.2158Keywords:
Dampak Pembelajaran Daring, Siswa, Peran Guru, Orang TuaAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan siswa terhadap sistem pembelajaran daring, dan juga untuk mengetahui dampak pembelajaran daring pada anak, kemudian juga untuk mengetahui peranan orang tua dan guru dalam proses pembelajaran daring di Sekolah Advent Durian Makassar. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran daring menunjukkan beberapa dampak yang terjadi pada sistem belajar siswa di sekolah advent yaitu anak menjadi bosan, kurang interaksi, anak menjadi malas, dan merindukan teman dan guru. Disamping keempat dampak tersebut peran guru dan orang tua dalam proses pembelajaran anak sangat diperlukan.
The purpose of this study was to determine the students' views on the brave learning system, and also to find out the impact of courageous learning on children, and then also to find out the role of parents and teachers in the courageous learning process at the Durian Adventist School Makassar. The results of this study showed that the online learning process showed several impacts on the student learning system in advent schools, namely children became bored, lacked interaction, children became lazy, and missed friends and teachers. Besides these four impacts, the role of teachers and parents in the child's learning process is very necessary.
References
Abraham, F. 1982. Modern Sociological Theory. Madras: Oxford University Press.
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659.
Adiwikarto, S. 1988. Sosiologi Pendidikan: Isyu dan Hipotesis Tentang Kehidupan Pendidikan Dan Masyarakat, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Anonym, 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara
Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagoy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 7 No. 4
Bela Dina, Lia Nur Atiqoh. 2020. Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Halijah, Nyimas Siti. 2020. “Pentingnya Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Siswa Dalam Pembelajaran Daring.” Metro Riau (20):2.
Hidayah, A.A.F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Cvid-19. JURNAL SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(September), 53-56. Retrieved from https://sosial,unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61
Jamaluddin, Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D.A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Daring Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19, Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1-8.
Lauer, Robert H. 1989. Perspektif tentang Perubahan Sosial. Edisi kedua, terj. S.U. Alimandan. Jakarta: Bina Aksara.
Moleong. L. J.. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Patan, Frans dan Priskila Isaak Benyamin. 2020. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teologi Pantekosta Vol. 3 No. 1
Pangondian, R. S. (2019). Faktor- faktor yang memepengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), (Vol. 1, No. 1).
Purandina, Putu Yoga dan Made Astra Winaya. 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 2
Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Biologi Vol. 6 No. 2
Soerjono Soerjono, 1986 “Sosiologi suatu pengantar”, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Suni Astini, Ni Komang. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura Vol. 11 No. 2
Sugiyono, 2012 “Memahami Penelitian Kualitatif”, Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sukmadinata. N. S.. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung .
Syah Aji, Rizqon Halal. 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 NO. 5
Syarifuddin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak di Terapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5 (1), 31-34.
Sztompka, Piotr. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada.
Tejo Sampurno, Muhammad Bayu dkk. 2020. Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat dan Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta VOL. 7 No. 6
Wardayati, K. Tatik. Sejarah Virus Corona Covid-19; Menurut Ilmuwan Virus Ini Ditularkan Dari Manusia ke Manusia Meski Menyerupai Virus yang Ditemukan Pada Binatang Ini. Published on April 15, 2020 at Intisari Online.
Wahyono, Pancojari dkk. 2020. Guru Profesional Di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1
Widiyani, Romsha. Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan Hingga Isu Terkini. Published on March 18, 2020 at detiknews
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Claudia Priscilla A. K, Husain Hamka, Syamsul Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.