Relasi Sosial Petani Sayur dalam Sistem Pemasaran di Kecamatan Makale Tana Toraja

Authors

  • Palerias Serang Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa
  • Asmirah Asmirah Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa
  • A. Rusdi Maidin Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jsk.v3i1.2691

Keywords:

Relasi Sosial, Bentuk Interaksi, Pasar Makale

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji suatu fenomena mengenai ragam dan varian bentuk interaksi yang terjadi dari adanya sebuah sistem pemasaran antara penjual dan pembeli. Dari interaksi tersebut mungkin akan memunculkan suatu kerjasama yang dapat menguatkan hubungan-hubungan sosial dari para pelaku dipasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu mendatangi langsung ke tempat penelitian untuk memperoleh data yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dan melakukan observasi, wawancara, atau penelaahan dokumentasi guna memperoleh data yang lengkap. Dari hasil wawancara  mengenai bentuk interaksi anatara pedagang sayur dengan pembeli maka terdapat kesimpulan yang bisa ditarik yaitu interaksi dapat berjalan dengan baik. Namun, terdapat beberapa ketidaksepakatan antara pembeli dan penjual, yang dapat menyebabkan perpecahan dan konflik. Peralihan hak milik dari penjual kepada pembeli disebabkan karena perdagangan merupakan sarana manusia untuk memenuhi kebutuhan dan menjalin silaturahmi. Mengenai perjanjian jual beli yang diduga telah terjadi antara pedagang dan konsumen, bagaimana jika mereka menyepakati barang dan harga yang ditempelkan, yang menjadi kesepakatan penting antara penjual dan pembeli. Di pasar makale, tawar-menawar juga merupakan praktik yang tidak akan pernah hilang karena orang menggunakannya setiap kali berbicara tentang membeli barang atau setiap hari.

The purpose of this research is to examine a phenomenon regarding the variety and variants of forms of interaction that occur from the existence of a marketing system between sellers and buyers. From this interaction, it is possible that a collaboration will emerge that can strengthen the social relations of the actors in the market. The type of research used in this research is field research, namely going directly to the research site to obtain data related to the problem under study and conducting observations, interviews, or reviewing documentation in order to obtain complete data. From the results of interviews regarding the form of interaction between vegetable traders and buyers, a conclusion can be drawn that interaction can work well. However, there are some disagreements between buyers and sellers, which can lead to divisions and conflicts. The transfer of ownership rights from the seller to the buyer is due to the fact that trade is a human means to meet needs and establish friendships. Regarding the sale and purchase agreement that allegedly occurred between traders and consumers, what if they agreed on the goods and prices attached, which became an important agreement between the seller and the buyer. In the makale market, haggling is also a practice that will never disappear because people use it whenever talking about buying goods or every day.

References

Bungin, M.Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif. Cetakan ke 3. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Gillin, G. dan. (1954). Cultural Sociology. Arevisison of an introduction to sociology.

Kharisma, dkk. 2016. Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata RI. (Bandung: Jurnal Tidak Diterbitkan)

Soekanto, S. (2013). Sosiologi: Suatu Pengantar. In Journal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Soerjono Soekanto. 1983. Faktor-faktor yang mempengaruhi penegakan hukum. Jakarta: Rajawali,hal.124

Syarbaini, Syahrial Rusdiyanta. 2009. DasarDasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Serang, P., Asmirah, A., & Maidin, A. R. (2023). Relasi Sosial Petani Sayur dalam Sistem Pemasaran di Kecamatan Makale Tana Toraja. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.56326/jsk.v3i1.2691