Penggunaan Gadget di Kalangan Siswa

Studi Kasus Perilaku Sosial pada Siswa SD Negeri Mawas Kota Makassar

Authors

  • Rio Aswandi Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa
  • Iskandar Iskandar Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Andi Burchanuddin Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jsk.v3i1.2692

Keywords:

Gadget, Perubahan, Perilaku, Game Online, Sosial Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap perilaku siswa dan faktor apa yang mempengaruhi siswa sehingga sangat tergantung pada gadget. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penentu informan menggunakan teknik Snowball sampling dengan kriteria informan yang telah ditentukan. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan observaasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis datanya melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Penggunaan gadget awalnya hanya dipergunakan untuk membantu proses pembelajaran, tetapi jika kurangnya kontrol dari orang tua mereka pasti akan sangat tergantung akan gadget, perubahan pola perilaku siswa yang menjadi lebih emosional terhadap apa yang mereka lakukan, suka berbohong hanya untuk bermalas-malasan, boros karena pengeluaran yang tidak perlu, dan kurang bergaul karena kurangnya sosialisasi pada lingkungan sekitar. Perubahan perilaku tersebut dapat disebabkan karena penggunaan gadget yang berlebihan. (2) Terdapat beberapa faktor yang dapat menarik ketertarikan siswa sehingga menjadi sangat tergantung pada gadget. Faktor-faktor tersebut ialah lingkungan, sosial media dan game online.

This study aims to find out (1) How is the impact of using gadgets on student behavior? (2) What factors influence students to be highly dependent on gadgets? This type of research is descriptive qualitative, determining informants using the Snowball sampling technique with predetermined informant criteria. In data collection techniques, observations, interviews, and documentation are carried out. As well as data analysis through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate: (1) The use of gadgets was initially only used to assist the learning process, but if there is a lack of control from their parents they will definitely be very dependent on gadgets, changes in students' behavior patterns that become more emotional about what they do, like to lie only to be lazy, extravagant because of unnecessary expenses, and less sociable because of a lack of socialization in the surrounding environment. These changes in behavior can be caused by excessive use of gadgets. (2) There are several factors that can attract students' interest so that they become very dependent on gadgets. These factors are the environment, social media and online games.

References

Bimo Walgito, 2003, Pengantar Pisikologi Umum, (Yogyakarta: Andi Yogyakarta), h.15

Budyatna. 2005, Teori Komunikasi, (Jakarta: Salemba), h. 90

Christiany Juditha. 2011. Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makasar. Jurnal Penelitian IPTEKKOM. Nomor 1, Volume 13, Halaman 1-23.

Chusna, P. A. 2017. Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. Diakses pada tanggal 25 Juni 2020 dari Https://Doi.Org/10.21274/Dinamika/2017.17.2.315- 330

Fathoni, A. R. 2017. Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini.

Gerungan. W. A, 2004. Psikologi Umum, (Bandung: CV Pustaka Setia), h. 160

Gitiyarko, Vincentius. 2021. PSBB Hingga PPKM, Kebijakan Pemerintah Menekan Laju Penularan Covid-19, https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/psbb-hingga-ppkm-kebijakan pemerintah-menekan-laju-penularan-covid-19, diakses pada 25 September 2022 pukul 19.56.

Hurlock, B. Elizabeth. 2012. Perkembangan Anak. (Jakarta: Erlangga), h. 262

Hurlock, E. B. 2016. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) (5th Ed). Erlangga.

Isna, Nadhila, 2013, Mempermudah Hidup Manusia Dengan Teknologi Modern, (Jakarta: Penamadani,), h. 13

John L. Espasito, 2010. The Future Of Islam, (New York: Oxford University Press), h. 8-9

M. Hafiz Al-Ayouby, 2017 “Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini,”. h. 13

Nanang Martono, 2012. Sosiologi Perubahan Sosial, PT. Raja Grafindo, Jakarta hal 2

Prajnidita Zaeny, 2019, Puji Astuti, and Larasati Pramessetyaningrum, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter,”, 302–10. h. 303.

Prasetya, Dicky. 2020. Ini Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2020 per Provinsi, https://www.suara.com/tag/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2020-per-provinsi, diakses pada 26 September 2022 pukul 01.03.

Rosiyanti, 2018 “Penggunaan gadget sebagai sumber belajar” Jurnal.umj.ac.id.

Siti Fathimah, 2022, Mario Erick Wantah Analisis Penggunaan Gadget dalam Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini” Journal Civic and Social Studies Vol. 6 No 1, Juni, Hal 25-36

Soekidjo Notoatmodjo, 2003 Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, (Jakarta: Rineka Cipta), h. 124

UU No 20 Tahun 2003

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, 6(1), 9–20.

Wulan Patria Saroinsong. 2016. Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence Of Children On Ages 6-8 Years Old. Publications, Scientific Technology, Educational, 775–781.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Aswandi, R., Iskandar, I., & Burchanuddin, A. (2023). Penggunaan Gadget di Kalangan Siswa: Studi Kasus Perilaku Sosial pada Siswa SD Negeri Mawas Kota Makassar. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 3(1), 09–16. https://doi.org/10.56326/jsk.v3i1.2692