Pola Pemberdayaan Siswa Disabilitas Masa Pandemi Di Sekolah Luar Biasa Arnadya Kecamatan Manggala Kota Makassar

Authors

  • Nabigah Ayu Pratami Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Asmirah Asmirah Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Harifuddin Harifuddin Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jsk.v3i2.4114

Keywords:

Pemberdayaan, Masa Pandemi, Siswa Disabilitas, SLB Arnadya

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pola pemberdayaan siswa disabilitas dimasa pandemi serta hambatan apa yang dihadapi para siswa disabilitas dan bagaimana solusi dari hambatan tersebut sehingga terciptanya pola pemberdayaan siswa disabilitas dimasa pandemi di SLB Arnadya Kecamatan Manggala Kota Makassar. Para tenaga pendidik di SLB Arnadya menyadari bahwa masih banyak hambatan yang dihadapi siswa disabilitas maka dari itu pemberdayaan yang baik mengenai kondisi disabilitas harus terlaksana. Pemberdayaan anak disabilitas harus dapat diarahkan agar anak berkebutuhan khusus dapat menyesuaikan diri dan tetap berdaya untuk menghadapi kondisi dan keadaan kehidupan normal baru dimasa pandemi. Partisipasi dan kerja sama orangtua siswa juga sangat diperlukan untuk mendampingi dan membimbing anaknya didalam proses pembelajaran ditengah masa pandemi

The purpose of this research was made so that we can find out the patterns of empowering students with disabilities during a pandemic and what obstacles students with disabilities face and what are the solutions to these obstacles so that a pattern of empowering students with disabilities is created during a pandemic at SLB Arnadya, Manggala District, Makassar City. The educators at SLB Arnadya realize that there are still many obstacles faced by students with disabilities, therefore good empowerment regarding the condition of disabilities must be carried out. The empowerment of children with disabilities must be directed so that children with special needs can adapt and remain empowered to face the new normal conditions and circumstances of life during a pandemic. The participation and cooperation of parents of students is also very much needed to accompany and guide their children in the learning process amid a pandemic

References

Afandi, A. & M. (2016). Pemberdayaan dan Pendampingan Komunitas Penyandang Disabilitas Dalam Mengakses Pendidikan Tinggi. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16, 2.

Australia Indonesia Partnership for Justice & Handicap International. 2014. “Panduan Advokasi Hak Asasi Manusia Bagi Organisasi Penyandang Disabilitas”, hlm. 52

Dewi, T. N. (2021). Strategi Guru dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada Masa Pandemi Covid-19 Di PAUD Alam Mahira Kota Bengkulu. Skripsi, 1–94.

Edi Suharto, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial, (Bandung: PT Revika Aditama, 2014), hlm. 104

Hidayah, Nurul & Suyadi & Akbar, Son Ali & Yudana, Anton & Dewi, Ismira & Puspitasari, Intan & Rohmadheny, Prima Suci & Fakhruddiana, Fuadah & Wahyudi & Wati, D. E. (2019). Pendidikan Inklusi Dan Anak Berkebutuhan Khusus (F. Fakhruddiana (ed.)). Samudra Biru.

Hasan, M. N. (2018). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Oleh DPC PPDI Kota Semarang. Skripsi.

Hasan, M. N. (2018). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Oleh DPC PPDI Kota Semarang. Skripsi.

Hasan, M. N. (2018). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Oleh DPC PPDI Kota Semarang. Skripsi.

Luhpuri, Dorang & Andayani, R. H. R. (2019). Disabilitas: Pengenalan Dan Praktik Pekerjaan Sosial Dengan Disabilitas Di Indonesia (B. S. MP. (ed.)). Poltekesos Press Bandung.

Luthfia, A. R. (2020). Urgensi Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Di Masa Pandemi. Kebijakan. Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 38-44.

Mubasyaroh. (2015). Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Dan Anak Berkesulitan Belajar; Analisis Penanganan Berbasis Bimbingan Konseling Islam. Elementary, 3(2), 257.

Novita, F., & Yuliani, D. (2022). Pola Asuh Terhadap Anak Disabilitas Pada Masa Pandemi Di Slb Negeri Sukadana Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Rehabilitasi Sosial (Rehsos), 3(02), 124–141.

Prasetyo, Teguh & Supena, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Selama Pandemik Covid-19. Journal of Primary Education, 3.

Supaidah, S. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusi Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Sukokerto I – Pajarakan - Probolinggo. Jurnal Education.

Totok Mardikanto dan Poerwako Soebianto, Pemberdayaan Masyarakat Dalam Kebijakan Publik, (Bandung; Afabeta, 2012), hlm. 240

Widiyanto, eko wahyu & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sport Science & Education Journal, 2.

Wiratma, Harits Dwi & Amini, Diansari Solihah & Nurgiyanti, T. (2021). Pemenuhan Hak Pendidikan bagi Difabel SLB Sekar Teratai Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.

Yazfinedi. (2018). Konsep, Permasalahan, Dan Solusi Penyandang Disabilitas Mental Di Indonesia. Quantum: Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial, 14(2), 101–110.

Abdul Malik Iskandar, Harifuddin, (2019) Mekanisme Pemberdayaan Gelandangan Dan Pengemis Di Kota Makassar (Studi Kasus Di Perumahan BTP Tamalanrea) Jurnal Administrasi Publik Volume 5 Nomor 2

Harifuddin Halim (2021) Book Chapter, Problem Sosial Budaya, hlm 1

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Pratami, N. A., Asmirah, A., & Harifuddin, H. (2023). Pola Pemberdayaan Siswa Disabilitas Masa Pandemi Di Sekolah Luar Biasa Arnadya Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 3(2), 71–76. https://doi.org/10.56326/jsk.v3i2.4114