Efek Pennggunaan Smartphone Dalam Pembelajaran Terhadap Daya Fokus Siswa Sekolah Menegah Atas Negeri 21 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56326/jsk.v4i2.4867Keywords:
Penggunaan Smartphone, Pembelajaran, Fokus Siswa, SMAAbstract
Penelitian ini diawali oleh fenomena tingginya intensitas penggunaan smartphone sehingga tingkat kefokusan siswa dalam belajar menurun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek penggunaan smartphone dalam pembelajaran siswa sekolah menengah atas fokusnya (studi pada SMA Negeri 21 Makassar). Jenis penelitian ini yaitu Mixed Method dengan metode inferensial. Sampel penelitian ini yaitu 120 siswa, terdiri dari 36 siswa per kelas dan ada 12 kelas, kelas X. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Hasil dari uji r (uji korelasi) memperoleh signifikansi sebesar 0,490 < 0,05 dan koefisien kolerasi sebesar 0,512 dengan nilai positif. Uji determinasi diperoleh nilai R Square adalah 0,241. Berdasarkan hasil uji t untuk Penggunaan Smartphone terhadap Pembelajaran Siswa diperoleh t hitung = 6,113 < 5,446. Hal ini menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti Penggunaan Smartphone (X) memiliki pengaruh terhadap Konsentrasi Belajar (Y)
This research began with the phenomenon of high intensity of smartphone use so that students' level of focus in learning decreased. The purpose of this research is to determine the effect of using smartphones in the learning of high school students. The focus is (study at SMA Negeri 21 Makassar). This type of research is Mixed Method with inferential methods. The sample for this research was 120 students, consisting of 36 students per class and there were 12 classes, class X. The data collection technique in this research used a questionnaire. The results of the r test (correlation test) obtained a significance of 0.490 <0.05 and a correlation coefficient of 0.512 with a positive value. The determination test obtained an R Square value of 0.241. Based on the results of the t test for Smartphone Use on Student Learning, it was obtained that t = 6.113 < 5.446. This shows that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that smartphone use (X) has an influence on learning concentration (Y).
References
Ali, H. (2004). Pengertian Interaksi Sosial.
Efeddy, OnongUchja. (2007). Ilmu Komunikasi Tori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maknuni, (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19: Ideal
Soekanto, S. (2013). Sosiologi: Suatu Pengantar. In Journal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rasbiyanti Mayella, Harifuddin Harifuddin, Rusdi Maidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.