Model Komunikasi Orang Tuaterhadap Penggunaan Gadget Pada Remaja Di Desa Bori’ Ranteletok Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Deviana Taku Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Asmirah Asmirah Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa
  • Iskandar Iskandar Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.56326/jsk.v4i1.4868

Keywords:

Model Komunikasi, Penggunaan Gadget, Orang Tua, Remaja

Abstract

Peneltian bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak remajanya, yaitu dengan  memberikan nasihat yang lembut kepada anak untuk tidak terlalu sering bermain gadget, memberikan banyak waktu dan perhatian kepada anak agar anak-anak tidak merasa kesepian dan merasa selalu diperhatikan, mengisi waktu luang anak sehingga tidak selalu teringat akan gadgetnya. Kesulitan yang dihadapi orang tua saat ini adalah permasalahan waktu karena selalu sibuk dengan pekerjaan sehingga lupa membagi waktu dengan anaknya

The research aims to determine the role of parents in controlling the use of gadgets in their teenage children, namely by giving gentle advice to children not to play with gadgets too often, giving lots of time and attention to children so that children do not feel lonely and always feel cared for, fill children's free time so they don't always remember their gadgets. The problem parents face today is the problem of time because they are always busy with work so they forget to share their time with their children

References

Gabriela, J., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Masa Kini. jurnal excelsisdeo: vol.5 No.1.

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Peristiwa Siswa. Jawa Tengah: Jurnal Pendidikan volume:2 no.1.

Mahyddin. (2019). Sosisologi Komunikasi. Makassar: Shofia- CV. Loe.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan (The Effect of Use of Gadget in Life). Jurnal Kopasta.

Sa'ngadah, N. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Pada Remaja. Ir-Perpustakaan Air Langga .

Silaen, N. R., Wiratanaya, G. N., & Mustika, A. (2020). Sosioilogi Komunikasi. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung.

Wianto, P. (2021). Studi Fenomena Perilaku Sosial Siswa Terhadap Program Pendidikan Gratis. Malang: Media Nusa Creative.

Wianto, D. (2021). Studi Fenomenologi Perilaku Sosial Siswa. Malang: Media Nusa Creative.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi.

Zulfitria. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Holistika Jurnal Ilmiah Pgsd.

zyva, L., Setianingsi, E. S., & suliyanto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Semarang: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar volume:3 no.4.

Salsabilla, Andini. 2021. Peran Orangtua dalam Mendukung Anak Menggunakan Gadget.https://m.kumparan.com/amp/andini-salsabila/peran-orangtua-dalam-mendampingi-anak-menggunakan-gadget-1wPwyPRPwgB.

Putra, Andriana. 2023. Dampak Gadget pada Pergaulan Remaja. https://www.kompasiana.com/amp/andrianaputra2214/63b44df97767e42fde370e62/dampak-gadget-pada-pergaulan-remaja.

Mulachela, Husen. 2022. Komunikasi: Definisi, Unsur dan Tujuannya. https://katadata.co.id/safrezi/berita/61de8dd9d4a987/komunikasi-adalah-definisi-unsur-dan-tujuannya.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Taku, D., Asmirah, A., & Iskandar, I. (2024). Model Komunikasi Orang Tuaterhadap Penggunaan Gadget Pada Remaja Di Desa Bori’ Ranteletok Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.56326/jsk.v4i1.4868